Sukses

10 Makanan Khas Bangka Belitung, Kaya Cita Rasa yang Menggoyang Lidah

Makanan khas Bangka Belitung memiliki keunikan dan cita rasa tersendiri.

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Bangka Belitung tak boleh terlewat jika mampir ke wilayah kepulauan satu ini. Kepulauan Bangka Belitung dikenal dengan destinasi wisata alamnya yang eksotis. Terlebih saat wilayah ini makin dikenal dalam film Laskar Pelangi, potensi wisatanya makin berkembang.

Tak hanya wisata alam dan sejarah yang wajib dikunjungi, kuliner khas Bangka Belitung pun harus diicip. Makanan khas Bangka Belitung memiliki keunikan dan cita rasa tersendiri yang tak ditemui di kuliner daerah lain. Makanan khas Bangka Belitung didominasi oleh makanan berbahan dasar seafood dengan perpaduan cita rasa Melayu dan Tionghoa.

Makanan khas Bangka Belitung hampir dapat ditemui di sudut kota dan daerah. Tak cuma makanan yang bisa langsung disantap di sama, ada pula makanan khas Bangka Belitung yang bisa jadi buah tangan untuk teman dan keluarga di rumah.

Beberapa makanan khas Bangka Belitung juga sudah terkenal di daerah lain seperti Martabak Bangka dan Bakmi Bangka, tak ada salahnya mencicipi kudapan satu ini di daerah asalnya. Berikut 10 makanan khas Bangka Belitung yang wajib dicoba, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu(14/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Makanan Khas Bangka Belitung

Lempah

Lempah merupakan hidnagan berkuah yang biasanya berbahan dasar makanan laut atau daging sapi. Masakan ini dibumbui rempah-rempah yang beraroma kuat. Dalam bahasa Belitung lempah disebut gangan. Ada beberapa jenis lempah di Bangka Belitung.

Lempah kuning atau lempah nanas memiliki kuah berwarna kuning dengan potongan nanas. Lempah ini menggunakan ikan kakap merah atau tenggiri sebagai bahan dasarnya, dapat pula diganti dengan daging sapi.

Ada pula lempah daret yang berbahan dasar umbi dan sayuran dengan kuah rempah. Lalu ada lempah kulat yang terbuat dari kulat/jamur khas Bangka yang biasanya dimasak dengan santan.

Rusip

Rusip adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar ikan teri yang difermentasikan dalam pot atau guci dengan garam, kemudian ditambahkan gula jawa sebagai perasa. Rusip juga kerap menjadi pilihan oleh-oleh dari Pulau Bangka.

3 dari 6 halaman

Makanan Khas Bangka Belitung

Kecalo

Kecalo adalah udang rebon yang difermentasi bersama garam sehingga menghasilkan cita rasa yang asin. Kecalo biasanya menjadi campuran bumbu untuk membuat sambal sehingga menciptakan perpaduan cita rasa pedas dan asin. Kecalo biasa dihidangkan warga bangka sebagai teman lalapan atau cocolan. Kecalo juga biasa ditambahkan saat menggoreng telur kocok.

Sambalingkung

Sambalingkung merupakan sejenis abon atau serundeng yang terbuat dari ikan santan kelapa, dan rempah-rempah lainnya. Sambalingkung biasanya hadir pada momen menjelang hari raya idul fitri maupun idul adha, atau untuk jamuan makanan pada acara. Sambalingkung nikmat dijadikan lauk atau isian kue dan roti. Sambalingkung juga bisa menjadi pilihan oleh-oleh saat berkunjung ke Bangka Belitung.

4 dari 6 halaman

Makanan Khas Bangka Belitung

Martabak Bangka

Martabak Bangka mungkin merupakan makanan yang paling terkenal dari Bangka. Makanan satu ini hampir dapat ditemui di luar wilayah Bangka Belitung. Jika di Bangka martabak manis disebut Hok Lo Pan.

Martabak manis atau yang nama aslinya Hok Lo Pan adalah panganan khas Bangka Belitung. Martabak ini pertama kali diciptakan oleh orang-orang Hakka (Khek) Bangka. Maka dari itu martabak dinamai dengan sebutan Hok Lo Pan yang berarti Kue Orang Hok Lo.

Ada beberapa perbedaan antara martabak Bangka dengan martabak dari daerah lainnya. Martabak Bangka dikenal dengan adonannya yang tebal, lebih keras, gurih dan berwarna tua kecokelatan. Karena adonannya yang jauh lebih tebal, tekstur luar martabak Bangka akan terlihat lebih berpori dan berserat.

 

Bakmi Bangka

adalah salah satu dari sekian banyak ciri khas kuliner masyarakat pulau Bangka. Masakan ini lebih dikenal sebagai Mien di pulau asalnya dan merupakan jenis masakan Khek.

Biasanya Mie Bangka disajikan dengan potongan ayam kecap atau babi, baso ikan, seafood, tahu kok (baso tahu asli Bangka yang berukuran 10x4 cm), pangsit, tauge dan sayur caisim. Bakmi Bangka terasa nikmat dengan perpaduan saus cabai pedas khas pulau Bangka.

5 dari 6 halaman

Makanan Khas Bangka Belitung

Pantiaw

Sekilas Pantiaw mirip dengan kwetiaw. Bentuk pantiaw seperti mie dan berwarna putih yang disantap bersama daging ikan dan kuah berbumbu rempah pilihan. Pantiaw ada dua jenis, yaitu Pantiaw Gandum dan Pantiau Beras. Pantiaw memiliki cita rasa manis, pedas dan gurih menggoyang lidah.

Lakso Bangka

Bangka Belitung juga punya hidangan lakso yang khas. Lakso merupakan perpaduan masakan Melayu dan Tionghoa. Lakso terdiri dari mie putih berbahan dasar sagu dan tepung beras. Adonan mie dibentuk menyerupai mie dan dicetak dalam bentuk bulatan kenyal.

Mie ini disantap bersama serpihan daging dan siraman kuah santan kuning. Awalnya Lakso merupakan masakan khas Melayu Bangka berupa kuah santan. Orang Tionghoa Bangka Belitung kemudian menyempurnakannya dengan tambahan mie putih kenyal.

6 dari 6 halaman

Berego dan Belacan

Berego

Berego memiliki tampilan seperti lontong yang disiram kuah sayur. Namun, Berego terbuat dari campuran tepung beras dan sagu yang dikukus kemudian digulung dan diiris seperti lontong. Berego kerap hadir di kedai makanan di daerah Bangka Belitung, disantap bersama kuah kari ikan yang gurih dan hangat.

Belacan

Belacan terbuat dari seafood seperti ikan atau udang yang difermentasi. Pada dasarnya belacan hampir sama dengan terasi yang ada di pulau Jawa. Perbedan terasi atau belacan adalah jenis bahan yang digunakan dan variasi dalam tehnik pengolahannnya. Belacan memiliki waktu fermentasi lebih singkat sehingga memiliki warna lebih cerah dari terasi.

Belacan dapat digunakan sebagai bumbu dalam beraneka jenis masakan. Masa penyimpanannya yang tahan lama membuat belacan cocok sebagai oleh-oleh dari Bangka Belitung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.