Sukses

Cara Membuat Lampu Tidur dari Kardus, Sederhana dan Mudah Dilakukan

Cara membuat lampu tidur dari kardus tidak hanya hemat, juga memiliki keindahan yang tak kalah dari lampu tidur lainnya

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat lampu tidur dari kardus tentunya dapat membuat kamu lebih berhemat. Bila kamu merupakan orang yang tidak bisa tidur dengan cahaya lampu maupun dalam kegelapan, maka membuat lampu tidur dari kardus menjadi solusi tepat. 

Hanya memerlukan beberapa peralatan dan bahan yang mudah ditemukan, kamu sudah bisa mendapatkan lampu tidur yang indah. Apalagi dengan membuat lampu tidur dari kardus ini mungkin bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan juga untukmu.

Cara membuat lampu tidur dari kardus tidak hanya hemat, juga memiliki keindahan yang tak kalah dari lampu tidur lainnya. Kamu bisa mengikuti beberapa langkah yang sebenarnya tidak susah dan menyiapkan berbagai peralatan dan bahannya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/8/2019) tentang cara membuat lampu tidur dari kardus

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Lampu Tidur dari Kardus, Sederhana dan Mudah Dilakukan

Dalam mengikut cara membuat lampu tidur dari kardus yang sederhana ini, kamu perlu menyiapkan beberapa peralatan dan bahan. Namun tidak perlu khawatir karena peralatan dan bahan-bahan yang diperlukan dalam cara membuat lampu tidur dari kardus ini merupakan barang yang mudah didapatkan dan biasanya ada di rumah.

Namun jangan salah, walaupun terdiri dari bahan-bahan yang mudah didapatkan dan biasanya sudah ada di rumah, lampu tidur yang akan kamu buat ini tetap memiliki keindahan tersendiri.

Alat dan bahan yang diperlukan:

- Kardus bekas berbentuk kotak, bisa bekas sepatu dan lain-lain.

- Spidol hitam (sesuai keinginan)

- Penggaris

- Pulpen

- Lem tembak (Lem kertas biasa juga bisa digunakan asal kuat)

- Lakban

- Gunting

- Pisau Cutter

- Kertas hvs

- Kabel

- Lampu led kecil

- Jack/colokan listrik

- dudukan lampunya.

Setelah memiliki semua alat dan bahan yang diperlukan tersebut, kamu bisa mengikuti langkah-langkah pembuatan lampu tidur sederhana dari kardus ini.

 

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Lampu Tidur dari Kardus

Memotong Kotak Kardus

Langkah Pertama dari cara membuat lampu tidur dari kardus ini yaitu menggunting bagian penutup atas pada kardus bekas. Garis pola potong 1 cm dari pinggir kotak kardus.

Lalu potong mengikuti pola sampai ke-enam sisi terpotong semua. Selanjutnya, warnai semua sisinya dengan spidol hitam, buat pola di kertas sisa potongan kotak kardus seperti di gambar, potong sedikit agar bisa ditekuk.

Membuat Alas

Kemudian, membuat alasnya merupakan cara membuat lampu tidur dari kardus selanjutnya. Lem tiap sudut jepit dengan jepitan baju sampai berbentuk kekotakan, ukur kotak kardus lampu ke kaki kotak dan buat tanda.

Dengan begitu, kamu natinya tinggal membuat penahan lampu pada alas yang telah kamu buat ini. Usahakan agar alas lampu ini kuat agar lampu tidak roboh nantinya.

Buat Penahan Lampu

Selanjutnya buat penahan box lampu agar tidak lepas untuk ditempel di kotak kaki. Ikat pakai lakban penahan boxnya kemudian rekatkan menurut pola yang telah dibuat. Jangan sampai lampu mengenai kertas atau kardus, karena bisa berbahaya dan mengakibatkan hangus atau terbakar.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kekuatan alas seperti yang telah disebutkan sebelumnya dalam cara membuat lampu tidur dari kardus ini. Menempatkan penahan lampu tepat di tengah kardus akan lebih aman dan lebih indah.

4 dari 4 halaman

Tutupi Kotak dengan HVS

Potong kotak kertas HVS putih, lalu sesuaikan agar bisa masuk ke dalam box lampu, jika sudah dipotong gambar HVS sesuai kreasi yang kamu inginkan, kemudian lem bagian dalam box dan rekatkan HVS pada bagian dalam.

Tutup semua pakai HVS kecuali bagian bawah tempat masuk lampu, siapkan rangkaian lampu dan dudukannya lalu buat pola di tengah kotak kaki, buat lagi lingkaran kecil di dalamnya. sampai disini, kamu sudah melewati lebih dari setengah jalan cara membuat lampu tidur dari kardus.

Menggunakan HVS bertujuan agar cahaya lampu tertutup kertas, namun tidak terlalu gelap juga akrena warna HVS yang terang. Dengan begini, kamu akan bisa tidur lebih nyenyak.

Memasang Lampu

Potong lingkaran kecil di tengah kemudian warnai kaki lampu dengan spidol warnanya terserah seperti gambar, jika sudah masukkan kabel dan beri sedikit celah untuk masuknya kabel, gunakan lem tembak untuk menempelkan dudukan lampu di kaki kardus.

Pastikan dudukan lampu pada kaki kardus ini kuat, karena memiliki dampak yang sangat besar dalam penerangan lampu tidur buatanmu.

Rekatkan dudukan lampu pastikan kabel aman jika tertarik-tarik, pasang lampu dengan warna yang kamu suka. Lalu tutup bagian atas kotak tersebut.

Selanjutnya, nyalakan lampu di tempat gelap dan kamu akan melihat hasil dari cara membuat lampu tidur dari kardus buatanmu. Dengan menggunakan lampu tidur dari kardus yang sederhana ini, kamu bisa menghemat pengeluaran sekaligus mendapatkan kenyamanan dalam tidur. Tidurmu akan lebih nyenyak dengan cahaya temaram dari lampu tidur buatan sendiri ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini