Sukses

Ulasan adalah Resensi, Ketahui Tujuan dan Unsurnya

Ulasan adalah sebutan lain dari resensi atau review.

Liputan6.com, Jakarta Ulasan adalah salah satu jenis tulisan yang sering dimuat di surat kabar, media online, atau majalah. Ulasan biasanya berisi gambaran dan analisis sebuah karya. Dengan ulasan, seseorang akan mengetahui karya tersebut bagus atau tidak.

Ulasan adalah tulisan yang sering dicari orang yang akan membeli buku atau menikmati sebuah karya. Ulasan adalah tulisan yang sangat berharga bagi penulis, pembuat film, produser TV, penulis akademis, dan banyak lainnya. Yang biasa ditulis dalam ulasan adalah karya seperti buku, film, puisi, atau penelitian ilmiah. 

Ulasan adalah sebutan lain dari resensi atau review. Sama seperti jenis tulisan lainnya, ulasan adalah tulisan yang memiliki tujuan tersendiri. Ulasan adalah tulisan yang berbeda dengan sinopsis.

Berikut pengertian tentang ulasan, tujuan dan unsurnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(22/09/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pengertian ulasan

KBBI mendefinisikan ulasan sebagai kupasan, tafsiran, atau komentar. Ulasan adalah sebuah tulisan yang berisi penilaian, atau review terhadap suatu karya baik itu buku, drama, musik, atau film.

Dalam menulis ulasan, penulis perlu menulis seobjektif mungkin. Resensi atau ulasan tidak hanya diperuntukkan bagi sebuah buku melainkan pada film, drama, musik, dan karya lainnya. Ulasan harus lebih dari sekadar ringkasan isi buku. Ulasan harus menjadi respons yang terlibat dan terinformasi terhadap gaya, tema, dan konten.

Ulasan berbeda dengan sinopsis. Baik resensi maupun sinopsis akan mendeskripsikan apa yang terjadi dalam sebuah karya, tetapi resensi lebih mungkin untuk menjelaskan mengapa hal itu terjadi dan apa artinya. Ulasan dimaksudkan untuk memicu diskusi intelektual tentang sebuah karya, atau setidaknya keingintahuan di pihak calon pembaca.

3 dari 7 halaman

Unsur ulasan

Informasi tentang karya yang diulas

Informasi lengkap tentang karya yang diulas meliputi judul, penulis/pemilik karya, penerbit, tanggal publikasi, jumlah halaman, harga, edisi, volume, dan informasi dasar lainnya.

Pembuka

Pengulas harus menulis pembuka yang kuat untuk menawarkan panduan tentang isi ulasan lainnya dan untuk mendorong pembaca membaca lebih lanjut. Pembuka yang menarik bisa memaparkan informasi seperti tujuan karya, menghindari memberikan latar belakang yang luas tentang penulis atau subjek, dan menggunakan kata kerja aktif.

Deskripsi Konten

Unsur selanjutnya yang sangat penting adalah deskripsi konten. Setelah membuat pembuka yang menarik, kamu bisa mulai mendeskripsikan konten yang kamu resensi. Deskripsi meliputi plot, sudut pandang, keahlian pembuat karya, audiens yang dituju. Pada bagian ini, hindari mengomentari format atau pengeditan materi kecuali jika tidak biasa atau dilakukan dengan buruk.

4 dari 7 halaman

Unsur ulasan

Evaluasi

Evaluasi mencakup seberapa baik pembuat karya menyajikan karyanya. Evaluasi ini harus lebih dari sekadar bahasa hambar seperti baik, menarik, atau mengecewakan untuk menjelaskan karya tersebut.

Evaluasi juga meliputi apakah penulis menyajikan argumen yang meyakinkan jika karyanya merupakan nonfiksi, apakah penulis menyajikan plot yang kohesif dan pengembangan karakter jika karyanya fiksi, dan apa yang membuat cerita dan bahasanya menarik atau tidak menarik.

Perbandingan

Kamu bisa menyatakan bagaimana materi dibandingkan dalam bentuk dan konten dengan item sejenis lainnya. Peresensi harus merekomendasikan alternatif jika karya yang diresensi dinilai tidak baik.

Rekomendasi

Pengulas juga harus bisa memberi pernyataan bahwa sebuah karya terekomendasi atau tidak.

Bahasa ulasan

Dalam menulis ulasan kamu bisa menggunakan kalimat-kalimat aktif. Berhati-hatilah untuk tidak mengulangi bahasa yang ditemukan dalam materi promosi. Kamu perlu menghindari klise dan jargon, penulisan yang lebih memperhatikan review itu sendiri daripada item yang sedang direview.

5 dari 7 halaman

Tujuan ulasan

Menurut Jauhari, tujuan resensi atau ulasan adalah menyampaikan kepada pembaca apakah sebuah buku atau hasil karya sastra patut mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak. Intinya, tujuan ulasan adalah mengevaluasi/mengulas/mengkritik sebuah karya seperti film, pertunjukan, buku, dan lain-lain.

Tujuan ulasan sebuah karya di antaranya adalah:

- Membantu pembaca untuk paham gambaran serta penilaian umum sebuah hasil karya dengan ringkas.

- Paham kelebihan dan kelemahan karya yang diresensi.

- Paham latar belakang serta alasan sebuah karya dibuat.

- Memberi masukan pada pembuat karya berupa kritik dan saran.

- Ajak pembaca mendiskusikan karya yang diresensi.

- Memberi pemahaman serta informasi dengan komprehensif pada pembaca, mengenai karya yang diresensi.

- Menguji kualitas karya dan membandingkan dengan karya lain.

6 dari 7 halaman

Jenis ulasan

Jenis ulasan bisa dibedakan berdasar isinya. Namun, jenis ulasan ini tidak baku, karena dalam suatu ulasan dapat menerapkan beberapa jenis tersebut secara bersamaan. Berikut jenis ulasan yang dimaksud:

Ulasan Informatif

Jenis ulasan yang isinya hanya berupa informasi tentang hal penting dari keseluruhan isi buku secara umum.

Ulasan Deskriptif

Jenis ulasan yang membahas secara detail setiap bagian atau babnya.

Ulasan Evaluatif

Jenis ulasan yang sangat detail, dengan metodologi ilmu pengetahuan tertentu. Isinya kritis serta objektif untuk menilai isi buku. Jenis ulasan ini banyak menyajikan penilaian presensi tentang isi buku atau hal yang berkaitan dengan buku tersebut.

7 dari 7 halaman

Struktur ulasan

Selain unsur ulasan, penting juga memerhatikan struktur ulasan. Ini meliputi:

1. Identitas. Mencakup judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, serta ukuran buku.

2. Orientasi. Bagian ini umumnya terletak di paragraf pertama. Isinya berupa penjelasan tentang kelebihan buku seperti penghargaan yang pernah didapatkan oleh buku yang diresensi.

3. Sinopsis. Sebuah ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi karya.

4. Analisis. Paparan tentang keberadaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, serta alur.

5. Evaluasi. Sebuah paparan mengenai kelebihan dan kekurangan suatu karya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.