Sukses

Cara Membuat Proposal Skripsi yang Benar, Pahami Strukturnya

Proposal skripsi digunakan untuk mengusulkan skripsi.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat proposal skripsi penting dipahami mahasiswa tingkat akhir. Proposal skripsi merupakan laporan yang berisi gambaran terkait rencana skripsi yang akan dikerjakan. Proposal skripsi digunakan untuk mengusulkan proyek penelitian skripsi.

Cara membuat proposal skripsi dilakukan sebelum melakukan penelitian dan penyusunan skripsi. Biasanya cara membuat proposal skripsi disesuaikan dengan ketentuan yang dibuat oleh kampus atau universitas. Cara membuat proposal skripsi harus mengikuti struktur yang telah ditentukan.

Cara membuat proposal skripsi bisa bebeda dari satu universitas ke universitas lain. Namun, ada sejumlah aturan umum dalam cara membuat proposal skripsi. Berikut cara membuat proposal skripsi menurut strukturnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (28/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara membuat proposal skripsi

Halaman judul

Halaman judul berisi judul skripsi yang akan diusulkan. Cara membuat proposal skripsi merupakan bagian penting yang harus diperhatikan. Dalam proposal skripsi, judul penelitian haru singkat, spesifik, dan menggambarkan permasalahan yang diteliti.

Latar belakang

Latar belakang berisi uraian tentang masalah penelitian dan alasan dilakukannya penelitian. Dari latar belakang akan tercermin pentingnya topik masalah diteliti. Cara membuat proposal skripsi pada bagian ini adalah dengan memaparkan secara singkat tentang gejala yang muncul dan keterkaitannya dengan teori.

3 dari 6 halaman

Cara membuat proposal skripsi

Rumusan masalah

Rumusan masalah berisi kalimat tanya yang berupa ungkapan tentang masalah atau topik yang akan diteliti.

Tujuan penelitian

Cara membuat proposal skripsi selanjutnya adalah memaparkan tujuan penelitian. Tujuan penelitian berisi penjelasan singkat tentang hal-hal yang ingin dicapai melalui penelitian yang di lakukan, berdasarkan pada perumusan masalah. Semua proposal penelitian seperti skripsi dirancang untuk meyakinkan seseorang, yang di sini adalah dosen, bahwa proyek yang akan dibuat bermanfaat.

Tujuan penelitian terkait dengan relevansi, konteks, pendekatan, dan kelayakan. Dalam bagian ini, yakinkan dosen bahwa penelitian menarik, orisinal, dan penting. Tunjukkan bahwa kamu familier dengan bidang tersebut dan memahami memahami keadaan penelitian saat ini tentang topik tersebut. Pastikan ide-ide memiliki dasar akademis yang kuat.

Buat alasan untuk metodologi, tunjukkan bahwa kamu telah memikirkan dengan cermat data, alat, dan prosedur yang kamu perlukan untuk melakukan penelitian. Konfirmasikan bahwa proyek dimungkinkan dalam batasan praktis yang telah ditentukan.

4 dari 6 halaman

Cara membuat proposal skripsi

Manfaat penelitian

Cara membuat proposal skripsi adalah dengan menjelaskan manfaat penelitian secara teoretis dan praktis serta menjelaskan pihak-pihak yang akan memperoleh manfaat dari hasil penelitian tersebut.

Kajian pustaka

Kajian pustaka berisi sumber literatur terkait usulan ide skripsi. Kajian pustaka bisa berisi landasan teori dari buka atau kajian penelitian lain yang relevan. Pada sub-bab ini, penulis menjelaskan tentang teori yang relevan yang akan digunakan sebagai dasar dalam menjelaskan argumen penelitian. Penulis harus dapat menjelaskan bagaimana keterkaitan antara teori yang digunakan dengan variabel yang diteliti maupun hipotesis yang diajukan.

Landasan teori membahas tentang teori-teori dan pendapat orang yang digunakan menelaah dan menganalisis masalah yang diteliti. Sementara kajian penelitian membahas hasil-hasil penelitian yang termuat dalam buku teks, jurnal, skripsi, tesis, disertasi, prosiding, dan karya ilmiah lain.

5 dari 6 halaman

Cara membuat proposal skripsi

Metode penelitian

Bagian desain atau metodologi penelitian harus menjelaskan pendekatan keseluruhan dan langkah-langkah praktis yang akan diambil untuk menjawab pertanyaan penelitian. Pastikan untuk tidak hanya menulis daftar metode.

Metode penelitian adalah poin penting dalam pembuatan skripsi. Cara membuat proposal skripsi ini menentukan bagaimana bentuk penelitian akan diambil. Pada bagian ini, penulis akan menjelaskan pendekatan dan jenis penelitian.

Pendekatan penelitian bisa berupa kualitatif atau kuantitatif. Sementara jenis penelitian dapat berupa penelitian deskriptif, korelasional, komparasi, evaluasi, eksperimen, fenomenologi, dan banyak lagi. Pada bagian ini dipaparkan juga tempat dan waktu penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.

Dalam beberapa kasus, kamu mungkin harus memasukkan garis waktu proyek yang terperinci, menjelaskan dengan tepat apa yang akan dilakukan di setiap tahap dan berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Daftar pustaka

Proposal penelitian harus menyertakan kutipan yang tepat untuk setiap sumber yang telah digunakan, dan rincian publikasi lengkap harus selalu disertakan dalam daftar pustaka. Penulisan daftar pustaka bisa menyesuaikan ketentuan yang ditetapkan universitas seperti menggunakan gaya APA, MLA, atau Chicago.

Daftar pustaka berisi acuan dalam penyusunan proposal skripsi. Daftar pustaka dapat berupa buku-buku, jurnal, prosiding, majalah, surat kabar, internet serta sumber-sumber lain yang digunakan sebagai acuan dalam penulisan proposal.

 

6 dari 6 halaman

Panjang proposal skripsi

Panjang proposal skripsi bervariasi tergantung ketentuan dari universitas. Panjang proposal skripsi idealnya 8 ribu sampai 10 ribu kata. Meskipun kamu menulisnya sebelum memulai penelitian, struktur proposal biasanya terlihat seperti versi skripsi yang lebih pendek.

Biasanya panjang proposal dan ketentuan penulisan sudah dijabarkan dalam pedoman penulisan skripsi. Umumnya, proposal skripsi berisi draf bab 1, 2, dan 3 dari skripsi. Penulisan proposal skripsi juga sama dengan penulisan skripsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.