Sukses

7 Macam Bedak dan Fungsinya, Pilih Sesuai Jenis Kulit

Penting untuk memilih bedak sesuai dengan jenis kulit agar hasilnya maksimal.

Liputan6.com, Jakarta Bicara tentang penampilan, perempuan biasanya lebih memerhatikan persoalan ini. Untuk menyempurnakan penampilannya, tak heran kalau sebagain perempuan menggunakan kosmetik atau makeup guna menutupi kekurangan. 

Salah satu produk makeup yang tak boleh dilewatkan dalam proses makeup adalah bedak. Bedak berfungsi untuk menutupi kekurangan pada wajah hingga menyempurnakan makeup.

Bedak mampu membantu menghilangkan masalah pada wajah dengan cepat. Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu perlu memerhatikan jenis bedak yang disesuaikan dengan jenis kulit kamu.

Pasalnya, ada berbagai macam jenis bedak yang dijual di pasaran dengan fungsinya masing-masing. Memilih jenis bedak yang tepat mampu memperkecil risiko gangguan kesehatan wajah seperti jerawat.

Berikut ada tujuh macam bedak dan fungsinya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber. Pastikan untuk menggunakan bedak sesuai dengan jenis kulit kamu, Senin (25/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Bedak Tabur atau Loose Powder

Bedak tabur merupakan jenis bedak yang sering ditemui dan digunakan. Bedak tabur memiliki tekstur yang ringan saat digunakan. Hal inilah yang membuat para perempuan suka menggunakan bedak tabur.

Formula bedak tabur sangat ringan, sehingga dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Baik itu kering, berminyak, hingga sensitif. Terlebih buat kamu yang memiliki kulit berminyak, bedak tabur sangat cocok untuk menyerap minyak berlebih.

Pilihlah bedak tabur yang warnanya satu tingkat di atas warna kulit wajah. Gunakan bedak tabur dengan cara menepuk-nepuknya secara perlahan dengan spons agar bedak tampak lebih merata di kulit.

3 dari 8 halaman

Bedak Padat atau Compact Powder

Bedak padat biasa digunakan sebagai salah satu bentuk solusi untuk bedak tabur yang mudah tumpah. Bedak padat atau compact poeder memiliki bentuk yang padat, lebih praktis, dan tidak mudah tumpah.

Bedak padat merupakan jenis bedak yang sangat cocok bagi kamu pemilik kulit kering. Pilihlah bedak padat dengan formula bebas minyak atau oil free. Jangan lupa untuk segera langsung membersihkan wajah sebelum tidur ketika menggunakan jenis bedak ini.

Hal ini dikarenakan bedak padat memiliki kemampuan untuk bertahan lama di wajah, alias sangat erat menempel di lapisan wajah. Untuk itu, segera bersihkan dengan sbun cuci wajah.

 

4 dari 8 halaman

Two Way Cake

Jenis bedak two way cake merupakan sebuah kombinasi antara bedak dan foundation yang bergabung menjadi satu. Jenis bedak ini merupakan pilihan yang tepat, jika kamu menginginkan sesuatu yang tidak ribet.

Bedak two way cake tidak akan membuat kamu kerepotan atau membuang waktu berlebih untuk memulas alas bedak. Jenis bedak ini tidak disarankan untuk digunakan bagi kamu pemilik kulit berminyak.

5 dari 8 halaman

Bedak Cair

Bedak cair merupakan jenis beda yang banyak dipilih bagi sebagian orang karena lebih praktis dan cepat menutupi kekurangan pada wajah. Jenis bedak ini mampu menutupi bekas luka di wajah, flek hitam, lingkaran di bawah mata, dan lain sebagainya.

Bedak cair memiliki tekstur yang mudah menempel di wajah dan punya warna yang dapat disesuaikan dengan warna kulit. Gunakan bedak cair dengan memakai kuas atau spos untuk mendapatkan hasil yang rapi dan merata.

6 dari 8 halaman

Setting Powder

Sekilas, setting powder mirip dengan bedak tabur. Namun, setting powder ini berfungsi di tahap baking atau countering.

7 dari 8 halaman

Finishing Powder

Jenis bedak ini digunakan untuk menyempurnakan riasan pada di akhir pengaplikasian. Jenis bedak ini berfungsi agar riasan rata dan halus. Gunakan kuas besar untuk menggunakan finishing powder ini.

Finishing powder tidak disarankan untuk digunakan sebagai kosmetik sehari-hari. Hal ini dikarenakan formula finishing powder cukup berat. Untuk itu, gunakan finishing powder sebagai contouring.

8 dari 8 halaman

Bedak Meteorite

Jenis bedak ini memang jarang digunakan. Bedak meteorite memiliki bentuk yang berbeda dengan bedak lainnya, yaitu berbentuk bulat kecil dengan aneka macam warna.

Biasanya jenis bedak ini digunakan untuk sentuhan akhir makeup. Wajah kamu akan tampak lebih berseri dengan menggukan jenis bedak ini. Gunakan kuas besar untuk menggunakan jenis bedak ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.