Sukses

Apa Itu Mekanisme Antikythera? Ketahui Sejarah Penemuan dan Fungsinya

Apa itu mekanisme antikythera mungkin belum terlalu umum terdengar di masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Apa itu mekanisme antikythera mungkin belum terlalu umum terdengar di masyarakat. Benda yang baru ditemukan pada 1901 di sebuah kapal karam di Laut Aegean sebelah selatan Pulau Yunani ini, merupakan cikal bakal komputer analog pertama di dunia.   

Apa itu mekanisme Antikythera? Makanisme Antikythera merupakan mekanisme kompleks yang diyakini telah dirancang dan dibuat oleh para ilmuwan Yunani sekitar tahun 87 sebelum masehi atau bahkan lebih awal.

Benda ini adalah perangkat paling kompleks yang dikenal di zaman purbakala. Baru pada abad ke-14 manusia memiliki pengetahuan untuk membangun perangkat serupa. Alat ini terdiri dari serangkaian roda gigi yang bekerja serangkai seperti yang terdapat pada jam mekanik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (8/2/2021) tentang apa itu mekanisme antikythera.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Penemuan Mekanisme Antikythera

Apa itu mekanisme Antikythera memang masih menjadi pertanyaan bagi banyak orang. Sebagai suatu perangkat yang belum diketahui asal-usulnya secara jelas, mekanisme kompleks ini diyakini telah dirancang dan dibuat oleh para ilmuwan Yunani sekitar tahun 87 sebelum masehi atau bahkan lebih awal.

Benda ini ditemukan di sebuah kapal karam di Laut Aegean sebelah selatan Pulau Yunani pada tahun 1901 oleh seorang arkeolog Yunani bernama Valerios Stais. Ia mendapati benda yang aneh di antara patung marmer, perhiasan, dan koin yang berhasil diangkat dari kapal karam. Mekanisme Antikythera terbungkus di sebuah kotak kayu dan perunggu seukuran kotak sepatu. Benda ini baru diidentifikasi pada 17 Mei 1902.

Setelah diselidiki lebih lanjut, apa itu Mekanisme Antikythera, yang awalnya diduga hanya sebuah roda gigi biasa ternyata menjadi cikal bakal komputer analog pertama di dunia. Rangkaian benda melingkar serupa gir bergerigi ini terdapat tiga puluh buah, yang berbahan perunggu dalam rangkaian tersebut.

Lima puluh tahun setelah ditemukan, yaitu pada tahun 1951, dilakukan penelaahan terhadap mekanisme antikythera. Apa itu mekanisme Antikythera diketahui merupakan satu kesatuan mesin yang diyakini bisa dioperasikan secara mekanis. Artefak ini kemudian disebut dengan mekanisme. Nama tersebut diambil dari nama pulau tempat ditemukannya benda itu bersama artefak-artefak lainnya.

Hasil penelitian tentang apa itu mekanisme Antikythera pertama kali dipublikasikan oleh fisikawan sekaligus sejarawan Derek de Solla Price pada 1974. Ya, butuh 20 tahun lebih untuk penelitian tahap awal, yang itu pun belum sampai mengetahui cara kerja dari mekanisme Antikythera ini, termasuk untuk apa benda tersebut diciptakan.

Hingga kini, banyak ilmuwan dan sejarawan di seluruh dunia masih berusaha mengungkap misteri tentang apa itu Mekanisme Antikythera sebenarnya dan siapa yang membuatnya.

3 dari 4 halaman

Apa Itu Mekanisme Antikythera?

Apa itu mekanisme Antikythera? Mekanisme Antikythera adalah sebuah kalkulator mekanik yang diyakini sebagai salah satu cikal bakal komputer mekanik di dunia.

Apa itu mekanisme Antikythera ditelusuri umur penggunaannya melalui temuan koin yang juga terdapat di bangkai kapal tersebut. Ada koin dari Pergamon, diprediksi diciptakan antara 86 dan 67 SM, dan koin dari Efesus, diciptakan antara 70 SM dan 60 SM. Ini berarti kapal tenggelam antara 70 dan 60 SM.

Perangkat ini adalah perangkat paling kompleks yang dikenal di zaman purbakala. Baru pada abad ke-14 manusia memiliki pengetahuan untuk membangun perangkat serupa. Alat ini terdiri dari serangkaian roda gigi yang bekerja serangkai seperti yang terdapat pada jam mekanik. Ada tiga tombol besar dan satu tombol kecil yang juga melengkapi alat ini.

4 dari 4 halaman

Fungsi Mekanisme Antikythera

Mekanisme Antikythera digunakan untuk melacak posisi astronomi dan ilmu perbintangan lainnya, seperti dikutip dari laman CNET. Melalui model matematika, diketahui bahwa ditemukan bahwa alat tersebut dapat digunakan untuk mengkalkulasi posisi matahari, bulan, dan mungkin beberapa planet.

Hal ini memungkinkan penggunaan perangkat sebagai kalender. Fungsinya sebagai kalender dapat digunakan untuk tujuan seperti berikut.

- Sebagai kalender surya untuk penentuan hari dan bulan, seperti penggunaan zodiak pada masyarakat Babilonia.

- Sebagai kalender suryacandra untuk penentuan bulan.

- Sebagai penentuan kapan gerhana matahari dan bulan terjadi secara berkala.

- Sebagai penentuan tahun-tahun digelarnya pesta olahraga antarmasyarakat Yunani, yang kini dikenal sebagai Olimpiade.

Namun, walaupun fungsi mekanisme Antikythera sudah banyak diketahui sekarang ini, masih banyak misteri sampai saat ini terkait dengan siapa yang menciptakannya, di mana mekanisme Antikythera ini dibuat dan digunakan, hingga bagaimana cara penciptanya membuat alat tersebut.

Apa itu mekanisme Antikythera tentunya sangat menarik untuk dikulik lebih dalam. Apalagi mengingat benda yang cukup rumit pada zamannya ini menyimpan berbagai misteri yang bahkan para peneliti belum dapat pecahkan. Setidaknya kamu telah mengetahui beberapa fakta tentang mekanisme Antikythera yang telah ditemukan oleh para ilmuan yang telah meneliti benda yang telah ditemukan sejak 120 tahun yang lalu itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini