Sukses

20 Makanan Khas Bali yang Terkenal dan Menggugah Selera, Kaya Rempah

Makanan khas Bali menarik untuk dicicipi.

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Bali memang selalu berhasil menggugah selera para wisatawan. Pulau Dewata tak hanya menyajikan pemandangan indah, namun juga makanan khas Bali yang selalu menggoyang lidah pengunjung. Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan asing yang berkunjung ke Bali tentunya merasa puas.

Makanan khas merupakan satu hal yang wajib dicicipi ketika berkunjung ke suatu daerah ataupun suatu negara, tak terkecuali dengan makanan khas Bali. Makanan khas Bali yang kaya akan rempah membuat pengunjung ketagihan dan selalu ingin datang ke Bali untuk menikmati makanan khas Bali. 

Kumpulan makanan khas Bali dalam ulasan kali ini, dapat memberikan referensi bagi kamu yang berkunjung ke Bali bersama keluarga ataupun kerabat. Bagi kamu pecinta kuliner, makanan khas Bali wajib dicicipi.

Menjadi salah satu destinasi yang sudah terkenal di dunia, tentunya sudah banyak yang menjual makanan khas Bali dekat dengan tempat wisata. Hal tersebut dapat memberikan kemudahan untuk wisatawan menjangkau rumah makan yang menyediakan makanan khas Bali yang lezat.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang makanan khas Bali yang kaya akan rempah dan menggugah selera, Kamis (5/11/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Makanan Khas Bali

Makanan khas Bali ini patut untuk dicicipi ketika berkunjung ke Bali. Tak hanya tempat wisatanya saja yang indah, makanan khas Bali yang menggugah selera semakin membuat liburan kamu lebih seru.

1. Sate Lilit Khas Bali

Makanan khas Bali yang pertama yakni adalah sate lilit khas Bali. Sate lilit khas Bali ini tentunya sudah tak asing lagi dan salah satu makanan yang cukup terkenal di Bali. Cara membuat sate lilit khas Bali ini yakni dengan melilitkan daging yang dicincang kemudian dililitkan. Untuk daging sate lilit sendiri biasanya menggunakan ikan tengiri.

Makanan khas Bali satu ini cukup mudah ditemukan, mulai dari warung makan sampai restoran. Menjadi salah satu makanan yang mudah ditemukan, makanan khas Bali ini patut kamu cicipi ketika berkunjung ke Pulau Dewata, Bali.

2. Nasi Ayam Kedawetan Bali

Makanan khas Bali berikutnya yakni nasi ayam kedawetan Bali. Nasi khas Ubud ini hampir mirip dengan nasi campur yang beredar di seluruh Nusantara misalnya makanan khas sunda yang terkenal dengan nasi timbel, bedanya lauk-lauk yang ada di sana adalah daging ayam, kacang goreng, jeroan, sate, telur rebus, dan kacang panjang.

Tak hanya nasi campur, namun juga biasanya disediakan sambal matah karena mengingat masyarakat yang mencintai makanan pedas. Perpaduan nasi campur dengan sambal matah tentunya semakin menggugah selera pengunjung.

3. Ayam Betutu Bali

Makanan khas Bali berikutnya yakni ayam betutu Bali. Makanan khas Bali satu ini sudah terkenal dan diminati oleh wisatawan. Olahan ayam betutu di Bali, diolah dengan bumbu bernama base genep. Base genep merupakan bumbu khas Bali yang berisi bawang merah dan putih, cabai, kemiri, terasi, serai, daun salam, daun jeruk, lengkuas, jahe, kunir, dan kencur yang dihaluskan baru ditumis.

Dengan rasa yang enak karena bumbu genep yang penuh dengan rempah, membuatnya menjadi primadona yang sangat cocok dinikmati bersama nasi.

4. Bebek Betutu Bali

Makanan khas Bali berikut yakni bebek betutu Bali. Olahan yang dimasak dengan cara betutu memang menjadi ciri khas dari Bali, salah satunya adalah bebek betutu yang memiliki rasa rempah yang sangat meresap.

Cara membuatnya berbeda-beda, namun biasanya setelah bumbu-bumbu dibuat dan telah menjadi base genep, maka selanjutnya adalah melumuri bumbu genep tersebut ke sekeliling bebek. Penyajiannya biasanya akan diberi tomat, timun, nasi, dan sambal matah agar semakin nikmat rasanya.

5. Ikan Laut Sambal Mentah

Makanan khas Bali berikutnya yakni ikan laut sambal mentah. Kuliner khas Bali memang kaya akan rempah dan selalu berhasil menggoyang lidah pengunjung. Ikan laut sambal mentah merupakan makanan khas Bali di Jimbaran, Bali.

Untuk membuatnya hanya perlu ikan laut yang masih segar dengan diberi bumbu-bumbu seperti terasi, kunyit, ketumbar, garam, kencur, ketumbar, dan bawang putih yang dihaluskan untuk dilumurkan ke ikan.

3 dari 5 halaman

Ragam Makanan Khas Bali

6. Bulung Kuah Pindang

Bulung kuah pindang merupakan makanan khas Bali berikutnya yang wajib dicicipi. Bali merupakan penghasil rumput laut dengan hasil sangat melimpah, sehingga di sana terdapat makanan khas Bali bernama bulung kuah pindang. Jadi bahan utama bulung kuah pindang ini adalah rumput laut.

Pembuatannya memerlukan rumput laut dengan jenis Kappaphycus alvarezii yang memiliki ciri-ciri warna yang hijau namun agak gelap dan sedikit kemerahan. Rumput laut tersebut nantinya akan direbus dan diberi kuah pindang dan diberi taburan bumbu khas yang membuat rasanya pedas gurih.

7. Jukut Urap Bali

Makanan khas Bali berikutnya yakni jukut urap Bali. Dalam satu porsi jukut urab, nantinya akan diisi dengan sayuran berupa kacang panjang, tauge, bayam, dan wortel kemudian diberi bumbu.

Untuk rasanya, jukut urap Bali terkesan lebih memiliki rasa pedas, karena akan diberi bumbu berupa cabai begitu banyak.

8. Bubur Mangguh Bali

Makanan khas Bali berikutnya yakni bubur mangguh Bali. Bubur mangguh adalah sajian bubur yang menjadi kuliner khas dari Desa Tedjakula, Bon Dalem, Buleleng dengan ciri khasnya menambahkan urapan dan kacang goreng.

9. Rujak Kuah Pindang

Rujak kuah pindah merupakan makanan khas Bali berikutnya yang menarik untuk dicicipi. Ciri utama dari rujak jenis ini adalah pada sambalnya, atau bisa disebut dengan kuahnya yang menggunakan kuah dari ikan pindang. Rasanya cukup pedas, mengingat kuahnya telah diberi cabai dan terasi sebagai bumbu dan ada sensasi segar dari buah-buahan.

10. Entil

Makanan khas Bali berikutnya yakni entil. Entil merupakan makanan khas daerah Pupuan, Tabanan, Bali. Untuk menyajikan entil, beras dan santan yang telah dimasukkan ke daun telengidi dan sudah matang, maka akan ditelanjangi dari daun penutupnya.

4 dari 5 halaman

Ragam Makanan Khas Bali

11. Lawar Bali

Makanan khas Bali berikutnya yakni lawar Bali. Lawar bali sendiri adalah masakan yang dibuat dari daging cincang bercampur dengan sayur dan bumbu tertentu.

Makanan khas Bali lawar ini menggunakan daging sebagai bahan utama pembuatannya, walaupun terkadang ada juga yang memakai nangka muda.

12. Tum Bali

Tum bali adalah makanan khas Bali yang diolah dengan cara memasukkan daging ke dalam daun pisang, namun daging tersebut terlebih dahulu dibumbui baru dimasak agar bisa disebut tum. Dilihat dari proses tersebut, memang mirip dengan pepes, namun ini adalah pepes dari Bali.

13. Timbungan

Makanan khas Bali berikutnya yakni timbungan. Kata timbungan  adalah nama untuk proses pengawetan makanan dengan cara menimbun makanan ke dalam bambu.

Dalam pembuatannya, bambu berukuran relatif besar akan dilubangi untuk diisi dengan berbagai daging dan sayur. Daging-daging seperti ikan, babi, dan ayam adalah yang paling sering dipakai bersama dengan sayur seperti daun sela.

14. Serombotan Klungkung Bali

Makanan khas Bali berikut yakni serombotan klungkung Bali. Nama serombotan klungkung adalah nama untuk penyebutan makanan khas Bali dari daerah Klungkung dengan isian berupa sayuran berisi aneka bumbu.

Sayur yang kerap dijadikan sebagai serombotan adalah bayam, kangkung, terong bulat, buncis, kacang panjang, dan kecambah yang dimasak dengan cara direbus.

15. Ikan Asap Sambal Matah

Makanan khas Bali berikutnya yang menggugah selera yakni ikan asap sambal matah. Keunikan dari makanan khas Bali ini adalah penggunaan sabut kelapa yang dipakai untuk mengasapinya sehingga menimbulkan aroma sabut yang khas.

5 dari 5 halaman

Makanan Khas Bali Lainnya

16. Nasi Campur Bali

Makanan khas Bali selanjutnya yakni nasi campur Bali. Beragam lauk pauk dapat dipilih oleh para pelanggan seperti telur pindang, sate lilit, besisit, lawar sayuran, sambal, dan tak lupa ada nasi.

17. Sate Langunan Bali

Makanan khas Bali berikutnya yakni adalah sate langunan Bali. Pembuatannya mirip dengan sate lilit normal, setelah ikan laut selesai digiling menjadi halus, selanjutnya adalah dengan menambahkan bumbu berupa garam, terasi, cabai, gula merah, bawang merah, jeruk limau, bawang putih, dan jenis rimpang-rimpangan.

18. Bebek Bengil Bali

Dalam artian bahasa Bali, bengil berarti kotor, sehingga bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia arti bebek bengil adalah bebek kotor.

Olahan bernama bebek bengil ini dibuat dengan bahan dasar bebek utuh dengan ciri khasnya memiliki permukaan kulit luar yang terasa sangat crispy karena digoreng kering.

19. Tipat Cantok Bali

Makanan khas Bali berikutnya yakni tipat cantok. Tipat cantok adalah olahan yang dibuat dengan ketupat lalu diaduk-aduk bersama bumbunya. Tidak hanya ketupat saja yang masuk dalam porsi tipat cantok, akan ada berbagai olahan sayur yang juga diaduk atau dicampur bersama bumbu-bumbunya.

20. Laklak Bali

Makanan khas Bali berikutnya yakni laklak Bali. Laklak Bali ini dibuat menggunakan tepung beras, garam, santan, air daun suji, dan air daun pandan untuk dijadikan adonan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini