Sukses

12 Cara Menghilangkan Kantuk saat Bekerja yang Efektif, Enggak Perlu Kopi

Cara menghilangkan kantuk saat bekerja bisa dilakukan dengan berbagai langkah sederhana.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan kantuk harus memperhatikan kebiasaan sehari-hari. Menerapkan kebiasaan hidup sehat dengan makan makanan yang tepat dan berolahraga dapat membuat kamu lebih bugar dalam menjalani keseharian.

Rasa ngantuk yang muncul saat kamu sedang bekerja di siang hari biasanya disebabkan oleh berbagai macam faktor. Kurang tidur, stres, dehidrasi, konsumsi kafein berlebihan, dan tidak melakukan kegiatan fisik atau jarang bergerak bisa membuat kamu sering ngantuk di siang hari. 

Cara menghilangkan kantuk saat bekerja bisa dilakukan dengan berbagai langkah sederhana. Konsumsi makanan dan kegiatan fisik yang tepat menjadi beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan.

Selain itu, kamu mungkin juga perlu mengenali penyebab kantuk agar dapat menghindarinya. Penyebab kantuk saat bekerja biasanya adalah kurang atau terlalu banyak tidur, dehidrasi, jarang bergerak, hingga stres. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (4/10/2021) tentang cara menghilangkan kantuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kantuk saat Bekerja

Bergerak Sejenak saat Ngantuk

Jika merasakan kantuk saat bekerja atau menjalani aktivitas, kamu bisa menerapkan cara menghilangkan kantuk dengan bergerak sejenak. Studi menyebutkan bahwa melakukan jalan kaki selama 10 menit dapat membuat rasa ngantuk hilang. Jalan kaki 10 menit dikatakan dapat meningkatkan semangat yang berkurang akibat terlalu lama berfokus dengan pekerjaan.

Melakukan Peregangan

Gerak tubuh adalah langkah efektif sebagai cara menghilangkan kantuk. Cukup dengan peregangan ringan, kamu bisa menghilangkan ngantuk tanpa harus mengonsumsi kopi. Peregangan tubuh sejenak dapat menstimulasi peningkatan denyut jantung dan berpotensi menghilangkan ngantuk walaupun tanpa kopi.

Alihkan Pandangan dari Layar

Terlalu lama memandang layar komputer dapat menyebabkan ketegangan otot mata, dan berakhir pada kondisi astenopia (mata lelah). Hal ini terjadi karena otot mata terus menerus berkontraksi demi melihat arah dekat.

Kelelahan otot mata dapat memperberat rasa kantuk yang kamu alami. Cara untuk menghindarinya adalah dengan mengalihkan sejenak pandangan kamu ketika merasa lelah dan penglihatan mulai kurang nyaman. Alihkan pandangan untuk melihat benda-benda atau suasana yang terletak relatif lebih jauh.

Konsumsi Camilan Sehat

Faktanya, ketika kadar gula darah menurun (hipoglikemia), kamu bisa merasakan gejala lemas, lelah, mengantuk, hingga nyeri kepala. Untuk itu, kamu bisa mengakalinya dengan rehat sejak sambil mengonsumsi camilan ringan dan sehat. Kamu bisa mengonsumsi camilan yang mengandung serat, seperti buah, sayur dan snack bar.

Bernapas dengan Dalam

Mengambil napas dalam diyakini dapat meningkatkan kadar oksigen yang didistribusikan ke seluruh tubuh. Dengan meningkatkan fungsi sirkulasi tubuh, bernapas dalam diyakini dapat meningkatkan level energi kamu. Selain berpotensi mampu menjadi cara menghilangkan kantuk saat bekerja, mengambil sepuluh napas dalam berturut-turut disebutkan dapat menurunkan rasa stres dan kecemasan.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kantuk yang Efektif

Tidur yang Cukup

Cara menghilangkan kantuk yang terbaik adalah tidur cukup pada waktunya. Bila kamu memiliki jam tidur yang cukup (sekitar delapan jam sehari) dan teratur, otomatis kamu tidak akan merasakan kantuk di siang hari saat berkegiatan. Hal ini logis, karena tubuh sudah memperoleh istirahat cukup pada malam sebelumnya.

Sarapan yang Tepat

Sarapan yang tepat juga sangat berpengaruh sebagai cara menghilangkan kantuk di siang hari. Pilihlah sarapan dari jenis makanan mengandung karbohidrat kompleks, misalnya nasi merah, roti gandum, buah-buahan dan sayur. Penyerapan zat gizinya yang berlangsung perlahan-lahan akan menjaga energi.

Rutin Berolahraga

Rutinitas sehat yang satu ini tidak boleh ditinggalkan dalam upaya mencegah timbulnya kantuk di siang hari. Ketika tubuh rajin berolahraga, pemakaian oksigen dalam tubuh menjadi lebih efektif dan optimal. Untuk itu, fisik akan lebih bugar dalam menghadapi beragam aktivitas.

Oleh karena itu, rutin berolahraga kira-kira 3-5 kali per minggu, selama minimal 30 menit sangat penting sebagai cara menghilangkan ngantuk. Kamu bisa memilih olahraga aerobik seperti bersepeda, lari, dan renang.

Cuci Muka dan Mandi Air Dingin

Setelah membasahi mulut dan tenggorokan, lanjutkan mencuci wajah untuk mendapatkan kesegaran secara langsung dan membuat mata terjaga. Jika cuci wajah tidak cukup, segerakan untuk mandi air dingin di pagi hari.

Air dingin yang mengalir dari ujung rambut sampai kaki dikenal ampuh untuk membangunkan orang dari rasa ngantuk dan lelah di pagi hari. Membuat aliran darah terasa lancar dan memberikan energi untuk menjalani aktivitas. Jika kamu tidak mampu menggunakan air dingin, bisa juga memilih dengan air hangat, namun menjelang akhir siramlah dengan air dingin selama beberapa detik.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kantuk yang Efektif

Minum Air Putih

Kelelahan merupakan salah satu tanda dehidrasi. Fungsi sel-sel tubuh akan terganggu ketika asupan cairan di dalam tubuh kamu tidak cukup. Oleh karena itu, cukupilah konsumsi air putih setiap harinya.

Rutin Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

Paparan sinar matahari dikatakan memiliki peran dalam siklus bangun dan tidur manusia, selain untuk membantu tubuh memproduksi vitamin D. Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat dikaitkan dengan masalah tidur, terutama kantuk di siang hari.

Kurangi Kafein

Cara menghilangkan kantuk lainnya adalah mengurangi kafein. Minuman kafein seperti kopi dan teh kerap jadi andalan untuk mengusir rasa ngantuk dan lelah di pagi hari. Sedikit kafein itu baik dan tidak disarankan mengonsumsi secara berlebihan. Sebelum mengonsumsi salah satu minuman itu, pastikan kamu telah minum air putih untuk mencegah efek negatif dari kafein.

Minuman seperti kopi bisa memberikan pengaruh yang berbeda-beda ada setiap orang. Jadi, jika kamu merasa cemas setelah minum kopi atau minuman yang mengandung kafein, segera batasi itu dan konsumsi air putih untuk menetralkan kadar asam dalam tubuh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini