Sukses

11 Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri di Rumah yang Efektif

Cara membersihkan karang gigi dilakukan dengan tindakan pencegahan berupa menjaga kesehatan dan kebersihan gigi.

Liputan6.com, Jakarta Cara membersihkan karang gigi dapat dilakukan dengan alat khusus, yang dioperasikan oleh dokter gigi. Kamu bisa melakukannya secara rutin setiap enam bulan sekali. Namun, kamu bisa mencegah terjadinya karang gigi dengan memperhatikan kebersihan gigi.

Pada dasarnya, karang gigi terbentuk disebabkan karena penumpukan plak gigi yang mengeras dan melapisi bagian-bagian gigi. Satu-satunya cara membersihkan karang gigi secara alami yang masih dapat kamu lakukan adalah dengan membersihkannya pada saat karang gigi masih lunak, berbentuk plak gigi. Dengan ini, pembentukan karang gigi dapat dicegah.

Cara membersihkan karang gigi dilakukan dengan tindakan pencegahan berupa menjaga kesehatan dan kebersihan gigi. Dengan mencegah penumpukan plak, maka kamu juga dapat mencegah terjadinya efek serius penyebab karang gigi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/3/2021) tentang cara membersihkan karang gigi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Karang Gigi

Menyikat Gigi Secara Teratur

Menyikat gigi secara teratur maksudnya adalah menyikat gigi dua kali sehari selama minimal dua menit dengan teknik atau cara yang benar. Dalam menyikat gigi tentunya tidak bisa sembarangan saja. Kamu harus memastikan semua area di sela-sela gigi dan mulut terjangkau. Disarankan juga untuk menggunakan bulu sikat gigi yang lembut dan kecil.

Menggunakan sikat gigi elektronik lebih efektif dalam mencegah penumpukan plak daripada sikat gigi manual. Sebaiknya periksa terlebih dahulu sikat gigi yang kamu gunakan, apakah sudah mendapat persetujuan dokter atau belum. Dengan begitu setidaknya kamu sudah tidak khawatir lagi dengan kualitas dan keamanan sikat gigi.

Pilih Pasta Gigi dengan Fluoride

Selain sikat gigi, pemilihan pasta gigi juga wajib diperhatikan. Pilih pasta gigi dengan fluoride yang dapat mengendalikan karang gigi. Fluoride akan membantu memperbaiki kerusakan pada enamel yang mungkin telah terjadi.

Beberapa formula juga mengandung triclosan yang merupakan antibiotik untuk melawan bakteri dalam plak. Pasta gigi yang mengandung pirofosfat dapat membantu mencegah plak yang mengeras menjadi karang gigi.

3 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Karang Gigi

Obat kumur

Penggunaan obat kumur sangat penting perannya dalam mencegah penumpukan plak penyebab karang gigi. Obat kumur antiseptik dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan plak. Untuk membersihkan plak gigi dan sisa makanan, bisa pilih mouthwash dengan kandungan propolis dan green tea.

Namun, pemakaian mouthwash sebagai cara membersihkan karang gigi tidak perlu setiap hari. Hal ini disebabkan karena kandungan antiseptik di dalamnya bisa merusak keseimbangan flora normal di dalam mulut. Akibatnya, jumlah flora jamur akan meningkat.

Menggunakan Benang Gigi

Penggunaan benang gigi masih menjadi hal yang disepelekan banyak orang. Padahal tidak peduli seberapa rajin kamu menyikat gigi, hanya penggunaan benang gigi setiap hari yang bisa menghilangkan plak gigi dan mencegah pembentukan karang gigi di daerah yang sulit dijangkau. Namun, kamu harus menggunakan benang gigi dengan benar agar tidak melukai gusi.

Salah satu cara membersihkan karang gigi secara alami adalah dengan menggunakan dental floss. Dental floss berguna untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi. Dengan demikian, plak gigi tidak akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi. Kamu dapat menggunakan dental floss minimal satu kali per hari. 

 

4 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Karang Gigi

Mengatur Makanan

Salah satu faktor penting dalam pencegahan menumpuknya plak yang menyebabkan karang gigi adalah mengatur makanan. Bakteri di mulut berkembang karena konsumsi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat. Saat mengonsumsi makanan dengan kandungan zat tersebut, bakteri akan melepaskan asam yang dapat merusak gigi dan menjadi penyebab karang gigi terbentuk.

Bagi kamu yang sering mengonsumsi cokelat ataupun permen yang mengandung gula, sebaiknya batasi jumlahnya dan pilih makanan yang sehat. Selain itu, hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa menjadi penyebab munculnya karang gigi seperti buah kering, roti, keripik kentang, minuman es, minuman beralkohol serta soda.

Menghindari Makanan dan Minuman Manis

Sebisa mungkin, hindari ngemil yang manis-manis terutama di sela-sela jam makan besar. Karena dapat meningkatkan jumlah bakteri S. Mutans dan lactobacillus di dalam plak gigi, bakteri penyebab karies gigi. Selain itu, dapat mencegah siklus pH plak gigi yang turun, supaya tidak terjadi berulang-ulang.

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Cobalah untuk rutin mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya, sebagai cara membersihkan karang gigi secara alami. Konsumsi buah yang mengandung serat dapat merangsang produksi air liur, sehingga otomatis bisa membantu membersihkan permukaan gigi. Apalagi buah dan sayur banyak mengandung vitamin, yang berfungsi menyehatkan gusi.

5 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Karang Gigi

Hindari Merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab timbulnya karang gigi sesorang. Orang yang merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya cenderung memiliki karang gigi di bawah gusi mereka.

Zat nikotin di dalam rokok memengaruhi kelenjar eksokrin, ditandai dengan meningkatnya aliran air liur dalam mulut. Kalsium fosfat yang banyak terdapat dalam karang gigi itu berasal dari air liur. Jadi, menghindari rokok penting dilakukan sebagai cara membersihkan karang gigi.

Mengunyah Permen Karet Bebas Gula

Kunyahlah permen karet bebas gula untuk merangsang produksi air liur.  Cara ini dapat membersihkan gigi dari sisa makanan, mengembalikan mineral gigi yang hilang, serta menetralkan pH mulut menjadi normal kembali.

 

6 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Karang Gigi

Mengunyah Daun Sirih

Cara membersihkan karang gigi secara alami lainnya adalah dengan mengunyah daun sirih. Ternyata, di balik kuningnya gigi, gigi para orang terdahulu cenderung lebih sehat dan kuat. Terlebih lagi daun sirih juga dapat menghilangkan bau mulut.

Jus Lemon

Selain untuk diminum, jus lemon dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan plak pada gigi. Kadar asam jeruk lemon juga dapat membuat gigi lebih putih. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu dapat menggunakan air perasan jeruk lemon untuk menyikat gigi. Namun, jangan terlalu sering digunakan karena dapat menyebabkan erosi gigi.

Selain itu, kamu harus rutin memeriksakan kesehatan gigi ke dokter agar karang gigi tidak menumpuk dan menyebabkan masalah pada gigi dan mulut. Dengan rutin berkonsultasi dan bertemu dokter gigi, dokter dapat membantu kamu untuk membersihkan karang gigi yang sudah telanjur bersarang. Karena itu, bersihkan karang gigi kamu di dokter gigi tiap enam bulan sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.