Sukses

Fungsi Kabel HDMI to VGA, Bikin Makin Efisien

kabel HDMI to VGA berguna untuk pengguna perangkat lawas

Liputan6.com, Jakarta Fungsi kabel HDMI to VGA berguna untuk pengguna komputer atau laptop untuk menunjang kinerjanya. Perkembangan teknologi yang makin pesat membuat sejumlah perubahan besar bagi berbagai perangkat, termasuk perangkat komputer. 

Salah satu fungsi dari perangkat komputer adalah menampilkan video atau gambar. VGA adalah port bersifat analog yang menjadi penghubung video antara VGA card dan monitor. Kini fungsi tersebut makin berkembang dengan hadirnya sinyal digital seperti HDMI dan DVI. Fungsi kabel HDMI to VGA menjadi solusi dari perubahan ini.

Meski telah berkembang menjadi lebih digital, beberapa perangkat masih harus menggunakan sistem analog. Ini membuat fungsi kabel HDMI to VGA begitu penting. Secara umum, fungsi kabel HDMI to VGA adalah sebagai penghubung antara input dan output pada port yang berbeda, seperti antar monitor komputer, PC, laptop, atau proyektor.

Fungsi kabel HDMI to VGA penting bagi kamu yang ingin menghubungkan laptop dengan perangkat output yang lebih besar seperti proyektor atau layar TV. Ada banyak kemudahan yang didapat dari fungsi kabel HDMI to VGA. Berikut fungsi kabel HDMI to VGA yang berhasil Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (10/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal Kabel VGA

Konektor VGA (video graphics array) dibuat untuk digunakan dengan banyak jenis perangkat yang memiliki kartu grafis. Perangkat ini biasa digunakan pada televisi, laptop, monitor komputer, proyektor, dan perangkat lain.

Konektor VGA berisi komponen analog selain sejumlah pin di dalam soketnya untuk mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Pada saat itu, mereka tidak dirancang untuk menjadi "hot-pluggable," yang berarti pengguna tidak dapat menghubungkan atau memutuskan perangkat saat komputer sedang berjalan. Koneksi VGA juga tidak menyalurkan audio, sehingga harus dipasok dari komputer atau melalui speaker eksternal.

3 dari 6 halaman

Mengenal Kabel HDMI

Selama bertahun-tahun, VGA adalah standar ketika pengguna ingin menghubungkan perangkat satu dengan lainnya. Namun, DVI (antarmuka visual digital) akhirnya dibuat pada akhir 1990-an untuk bertindak sebagai standar industri.

Kabel ini kompatibel dengan antarmuka VGA dan dapat bekerja dengan perangkat analog dan digital. Meskipun sebagian besar digunakan untuk tujuan tampilan, seperti dengan monitor komputer, itu juga umumnya dikaitkan dengan pemutar DVD dan TV.

Namun, DVI masih tidak dapat mengeluarkan audio sendiri. Sebagai bentuk pengembangan, muncullah konektor HDMI pada awal 2000-an. Dengan HDMI, pengguna jadi lebih mudah mengontrol audio perangkat dari layar tambahan. Itu juga membantu meningkatkan video game, streaming video, dan presentasi.

Hampir semua perangkat memiliki port HDMI sekarang, tetapi masih ada juga perangkat dengan sistem analog. Ini di sini fungsi kabel HDMI to VGA berperan.

4 dari 6 halaman

Fungsi utama kabel HDMI to VGA

Kabel HDMI to VGA atau yang juga biasa disebut adapter HDMI to VGA memungkinkan pengguna untuk menghubungkan perangkat dengan berbagai jenis tampilan yang tidak kompatibel. Sebagian besar adaptor ini portabel dan penggunanya dapat membawanya jika harus menyambungkan komputer ke proyektor atau jenis tampilan lain.

Konverter HDMI ke VGA mungkin merupakan kabel yang lebih murah yang dapat menghubungkan sinyal HDMI dari komputer ke koneksi VGA pada layar yang lebih lawas. Kabel HDMI dapat mengirim sinyal audio dan video melalui kabel yang sama.

Namun, kabel VGA hanya dapat menerima sinyal video. Untuk mendapatkan audio dan video, kamu memerlukan konverter dengan konektor VGA dan kabel audio atau USB dengan kemampuan audio.

Beberapa adapter memiliki chip tambahan yang dipasang untuk meningkatkan fungsionalitas antara kedua perangkat. Ini dapat membantu jika dijalankan pada dua jenis resolusi yang berbeda. Tergantung pada jenis perangkat yang dimiliki, fungsi kabel HDMI to VGA dapat digunakan untuk sejumlah tujuan.

Kabel HDMI ke VGA membantu kamu untuk menghubungkan perangkat lawas dengan yang lebih baru sehingga kamu masih dapat menggunakan peralatan lawas tersebut.

5 dari 6 halaman

Fungsi kabel HDMI to VGA

Untuk menghubungkan perangkat lawas dengan yang lebih baru

Jika kamu memiliki monitor atau TV yang lawas dan kamu ingin menghubungkannya ke laptopmu, kamu membutuhkan adaptor HDMI to VGA. Selain itu, perangkat yang lebih lama dapat dihubungkan ke layar yang lebih baru melalui adaptor juga. Penting untuk memeriksa kompatibilitas ketika bekerja dengan tampilan yang lebih lama.

Presentasi dengan proyektor

Fungsi kabel HDMI to VGA yang paling sering digunakan adalah menyambungkan laptop ke proyektor. Meski kebanyakan laptop menggunakan sistem HDMI, masih ada juga yang menggunakan laptop dengan VGA sebagai opsi koneksi. Dengan kabel ini kamu bisa menyambungkan laptop lamamu dengan proyektor.

6 dari 6 halaman

Fungsi kabel HDMI to VGA

Bermain game

Dengan kabel HDMI to VGA kamu bisa bermain game lewat layar yang lebih luas dari PC atau laptopmu. Kualitas gambar jadi lebih jelas dan luas dengan bantuan kabel HDMI to VGA ini. Dengan bermain dari layar yang lebih besar, kepuasanmu akan lebih terpenuhi.

Internetan melalui TV

Dengan kabel HDMI to VGA kamu juga bisa menampilkan dekstop laptopmu ke TV. Dengan begitu kamu bisa beraktivitas dengan layar yang lebih besar. Cara ini sering juga diterapkan untuk presentasi atau megajar. Kamu bisa menggunakan TVmu untuk browsing internet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini