Sukses

15 Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan, Sederhana dengan Bahan Rumahan

Radang tenggorokan bisa menyebabkan ketidaknyamanan.

Liputan6.com, Jakarta Cara menyembuhkan radang tenggorokan penting diketahui. Radang tenggorokan adalah salah satu kondisi umum ketika imun melemah. Kebanyakan radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi atau faktor lain seperti udara kering. 

Radang tenggorokan bisa menyebabkan ketidaknyamanan, terutama saat menelan. Ini sebabnya, penting mengetahui cara menyembuhkan radang tenggorokan. Cara menyembuhkan radang tenggorokan akan mengurangi rasa sakit, kering, atau gatal di tenggorokan.

Untungnya, cara menyembuhkan radang tenggorokan bisa dilakukan dengan bahan alami. Ada banyak pengobatan rumahan yang bisa digunakan untuk cara menyembuhkan radang tenggorokan. Cara menyembuhkan radang tenggorokan bisa membantu meredakan rasa sakit dan iritasi. Berikut 15 cara menyembuhkan radang tenggorokan, dirangkum Liputan6.com dari Medical News Today, Jumat(11/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Cara menyembuhkan radang tenggorokan

Madu

Madu yang dicampur dalam teh atau diminum sendiri adalah obat yang umum untuk sakit tenggorokan. Penelitian menunjukkan bahwa madu adalah penyembuh luka yang efektif, yang berarti dapat membantu mempercepat penyembuhan radang tenggorokan.

Teh Chamomile

Teh chamomile secara alami menenangkan. Ini telah lama digunakan untuk tujuan pengobatan, seperti menenangkan sakit tenggorokan. Teh Chamomile sering digunakan karena sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan zatnya. Menghirup uap chamomile dapat membantu meredakan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan. Minum teh chamomile dapat menawarkan manfaat yang sama. Cara menyembuhkan radang tenggorokan ini juga dapat merangsang sistem kekebalan untuk membantu tubuh melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan.

3 dari 8 halaman

Cara menyembuhkan radang tenggorokan

Air lemon

Cara menyembuhkan radang tenggorokan selanjutnya adalah menggunakan air lemon. Air lemon adalah minuman menyegarkan yang juga dapat mengurangi sakit tenggorokan yang terjadi saat pilek atau flu. Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan kuat lainnya. Senyawa ini melawan peradangan dan mengurangi stres oksidatif penyebab radang tenggorokan. Lemon juga meningkatkan jumlah air liur yang diproduksi tubuh, yang dapat membantu menjaga kelembapan selaput lendir.

Teh jahe

Jahe memiliki efek antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Beberapa penelitian laboratorium menemukan bahwa ekstrak jahe dapat membunuh beberapa bakteri dan virus penyebab penyakit pernapasan. Teh jahe dapat membantu melawan infeksi, mengurangi peradangan, dan meredakan sakit tenggorokan.

4 dari 8 halaman

Cara menyembuhkan radang tenggorokan

Peppermint

Peppermint mengandung mentol, yang membantu mengencerkan lendir dan meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Peppermint juga memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus, yang dapat mendorong penyembuhan. Semprotan minyak peppermint encer juga dapat meredakan sakit tenggorokan. Minum teh peppermint juga bisa membantu meredakan sakit tenggorokan.

Cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki efek antibakteri yang kuat. Karena sifatnya yang asam, cuka sari apel juga dapat digunakan untuk membantu memecah lendir di tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri. Cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan cuka apel adalah menggunakan 1 sendok makan cuka sari apel yang dilarutkan dalam segelas air dan gunakan untuk berkumur secara rutin.

5 dari 8 halaman

Cara menyembuhkan radang tenggorokan

Bawang putih

Bawang putih juga memiliki sifat antibakteri alami. Bahan aktif utamanya, asam asetat, membantu melawan bakteri. Ia mengandung allicin, senyawa organosulfer yang dikenal karena kemampuannya melawan infeksi. Menambahkan bawang putih segar ke dalam makanan merupakan cara sederhana untuk mendapatkan sifat antimikrobanya.

Licorice

Akar licorice telah lama digunakan untuk cara mengobati radang tenggorokan. Penelitian terbaru menunjukkan ia efektif bila dicampur dengan air untuk membuat larutan berkumur. Teh akar licorice juga bisa diminum untuk cara menyembuhkan radang tenggorokan. Licorice memiliki sifat yang mirip dengan aspirin yang dapat membantu mengurangi sakit tenggorokan. Ia juga memiliki efek antivirus, antibakteri, dan anti-inflamasi.

6 dari 8 halaman

Cara menyembuhkan radang tenggorokan

Sup ayam

Sup ayam adalah obat flu dan sakit tenggorokan alami yang sangat mudah dibuat. Cara menyembuhkan radang tenggorokan ini juga merupakan makanan yang menenangkan yang memungkinkan orang untuk mendapatkan lebih banyak cairan ketika mereka sakit. Menambahkan bawang putih ke sup juga dapat memberikan manfaat tambahan.

Permen khusus tenggorokan

Ada banyak permen khusus pelega tenggorokan yang dijual di pasaran. Permen keras ini dapat membantu karena merangsang produksi air liur dan membantu menjaga tenggorokan tetap lembap dan terlumasi. Cara menyembuhkan radang tenggorokan ini membantu dapat meringankan rasa sakit akibat tenggorokan yang kering.

7 dari 8 halaman

Cara menyembuhkan radang tenggorokan

Istirahat

Tidur penting dalam proses pemulihan. Tak terkecuali saat radang tenggorokan. Cara menyembuhkan radang tenggorokan ini sangat mudah dilakukan. Tidur nyenyak membantu sistem kekebalan tubuh melawan virus dan bakteri yang dapat menyebabkan radang tenggorokan.

Humidifier

Pelembap udara atau humidifier dapat mencegah udara kering dan menjaga tenggorokan tetap lembap. Udara lembap dapat membantu meredakan sakit tenggorokan yang bengkak dan dapat membantu jika suara serak. Udara lembab juga dapat membantu menjaga sekresi hidung agar tidak mengering, yang bisa membuat tidak nyaman.

8 dari 8 halaman

Cara menyembuhkan radang tenggorokan

Kompres hangat

Gunakan kompres hangat pada leher. Cara menyembuhkan radang tenggorokan ini dapat membantu menjaga tenggorokan tetap hangat dan menenangkan kelenjar getah bening. Anda dapat menggunakan bantal pemanas hangat, botol air hangat, atau membuat kompres hangat sendiri dengan membasahi handuk dengan air.

Kumur air garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan memecah sekresi. Cara menyembuhkan radang tenggorokan ini juga dikenal untuk membantu membunuh bakteri di tenggorokan. Buat larutan air asin dengan setengah sendok teh garam dalam segelas penuh air hangat. Berkumurlah untuk membantu mengurangi pembengkakan dan menjaga tenggorokan tetap bersih.

Kumur baking soda

Sementara kumur air garam lebih umum digunakan, berkumur dengan baking soda yang dicampur dengan air garam juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Berkumur larutan ini dapat membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan ragi dan jamur. Gunakan 1 cangkir air hangat, 1/4 sendok teh baking soda, dan 1/8 sendok teh garam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.