Sukses

5 Manfaat Buah Merah Papua bagi Kesehatan, Penuh Nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah merah dipercaya masyarakat Papua dapat mengobati berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, buah merah tidak hanya menjadi makanan saja, namun juga dijadikan obat tradisional. Buah dengan nama latin Pandanus conoideus ini memang banyak tumbuh di Papua. 

Apalagi, buah yang berwarna merah sesuai namanya ini juga memiliki berbagai nutrisi penting untuk kesehatan tubuh. Dalam buah merah terkandung banyak nutrisi seperti protein, kalori, karbohidrat, lemak sehat, hingga antioksidan seperti vitamin E, vitamin C, alfa-karoten, beta-karoten, dan zat warna antosianin.

Manfaat buah merah papua bagi kesehatan dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya tersebut. Selain dikonsumsi secara langsung lalu direbus atau dipanggang, buah merah juga dapat diolah menjadi berbagai masakan. Bahkan biji dan daging buah merah dapat dijadikan bumbu masakan. Minyak ekstrak buah merah juga dapat dijadikan pewarna alami dan penyedap makanan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/3/2020) tentang manfaat buah merah papua bagi kesehatan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat buah merah papua bagi kesehatan yang pertama adalah mengurangi risiko kanker. Sebuah penelitian di laboratoriun menyatakan bahwa buah merah Papua dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara, kanker ovarium, hingga kanker usus besar.

Tentunya manfaat buah merah yang memiliki sifat antikanker ini sangat sayang untuk dilewatkan. Namun penelitian secara klinis untuk membuktikan manfaat buah merah ini masih sangat minim, sehingga manfaat buah merah untuk mengurangi risiko kanker masih perlu dibuktikan lebih lanjut.

3 dari 6 halaman

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Selain dapat mengurangi risio kanker, manfaat buah merah papua juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian, ekstrak buah merah ditemukan mampu meningkatkan kadar kolestrol baik dan menurunkan kadar kolestrol jahat, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Namun karena penelitian ini baru dilakukan pada hewan, manfaat buah merah dalam menurunkan kolesterol jahat pada manusia masih perlu dibuktikan lebih lanjut. Selalu konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi berbagai obat-obatan tradisional.

4 dari 6 halaman

Mengobati HIV dan TBC

Manfaat buah merah juga dipercaya dapat membantu mengobati HIV dan TBC. Hal ini berkaitan dengan buah merah yang memiliki sifat dapat membunuh virus dan bakteri tertentu.

Dengan sifatnya yang antivirus dan antimkroba ini, buah merah dapat mengobati HIV dan TBC. Namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya, karena masih belum banyak penelitian dilakukan.

5 dari 6 halaman

Memiliki Sifat Antiperadangan

Selain memiliki sifat antivirus dan antimikroba, buah merah juga memiliki sifat antiperadangan. Buah merah memiliki sifat antioksidan kuat yang dapat mengurangi peradangan.

Manfaat ini membuat buah merah berpotensi untuk dijadikan obat alternatif bagi penyakit radang usus yang dapat berkembang menjadi kanker usus. Meski demikian, belum ada penelitian ilmiah yang secara khusus membuktikan efek buah merah dalam meredakan peradangan.

6 dari 6 halaman

Membantu Memelihara Kesehatan Kulit

Selain itu, menilik dari berbagai kandungan yang dimilikinya, terutama tingginya kandungan beta-karoten pada buah merah juga membawa sejumlah manfaat. 

Beta-karoten merupakan salah satu jenis antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari efek radikal bebas, sehingga dapat membantu memelihara kesehatan kulit, mengurangi risiko kanker, dan penyakit mata degenerasi makula.

Sebaiknya, sebelum menggunakan berbagai manfaat obat tradisional, kamu selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini agar lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini