Sukses

Simp Artinya Bahasa Gaul Masa Kini, Ketahui Bedanya dengan ‘Bucin’

Apa itu Simp? Secara singkat simp artinya merujuk pada seseorang yang tunduk dan menaruh perhatian besar terhadap sosok yang disukainya.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi telah memfasilitasi penyebaran berbagai istilah viral atau bahasa gaul dengan cepat yang muncul di berbagai platform media sosial. Dalam era digital ini, bahasa gaul atau slang seringkali bermula dari postingan, meme, video, atau konten kreatif lainnya yang diunggah di media sosial dan dibagikan melalui interaksi antar pengguna sehingga menyebar dengan cepat.

Salah satu contoh dari penggunaan bahasa gaul atau slang yang populer saat ini adalah “Simp”. Apa itu Simp? Secara singkat simp artinya merujuk pada seseorang yang tunduk dan menaruh perhatian besar terhadap sosok yang disukainya.

Meskipun kata simp telah populer dan viral di berbagai platform media, banyak warganet yang masih gagal paham dengan makna dari simp. Beberapa di antaranya justru mengira kata simp merupakan kependekan dari simple.

Sebab itu, berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber terkait informasi mengenai makna dari simp dan bagaimana contohnya, Kamis (25/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Simp Artinya?

Istilah simp artinya dalam bahasa Inggris berasal dari kata "simpleton", yang berarti orang bodoh atau sederhana. Selaras dengan berkembangnya zaman, kata simpleton mulai digunakan dalam budaya populer, terutama dalam komunitas internet, streaming, dan budaya rap. 

Seiring waktu, istilah simp telah meluas dan digunakan secara lebih umum untuk menggambarkan seseorang yang terlalu terobsesi atau mengidolakan seseorang, baik itu dalam hubungan romantis, persahabatan, atau selebriti. 

Awalnya, simp artinya merujuk pada seorang pria yang terlalu menggemari streamer perempuan atau selebriti online dan rela melakukan apa saja untuk mendapatkan perhatian mereka.

Penggunaan istilah simp kemudian semakin populer dalam beberapa tahun terakhir melalui platform khususnya TikTok dan media sosial lainnya, istilah simp menyebar melalui berbagai konten kreatif hingga istilah simp kini tersebar luas. 

 

 

3 dari 6 halaman

Asal Usul Kata Simp

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, simp telah digunakan sejak lama sebelum menjadi bahasa gaul yang populer di era media sosial. Kata "simp" berasal dari kata "simpleton" yang telah mengalami perkembangan.

Istilah ini mulai digunakan dalam budaya rap pada tahun 1990-an oleh para rapper dalam lirik lagu mereka. Seiring waktu, istilah ini mendapatkan popularitas dan mulai digunakan oleh komunitas internet, khususnya di kalangan penggemar streamer atau selebriti online.

Meskipun tidak dapat dipastikan dengan pasti kapan istilah ini mulai digunakan dalam konteks populer, mengutip dari Urban Dictionary atau sebuah situs yang mencatat istilah-istilah slang, kata "simp" pertama kali tercatat pada tahun 2005.

Kini, isitilah simp semakin populer dengan berkembangnya media sosial.

4 dari 6 halaman

Makna Simp dalam Dunia Game

Telah sedikit disinggung dalam penjelasan sebelumnya, dalam dunia game, istilah simp sering digunakan untuk menggambarkan seseorang yang sangat mengidolakan dan cenderung terobsesi pada streamer perempuan atau tokoh virtual lainnya. 

Sebab itu, simp dalam bagi para gamers sering dianggap sebagai bentuk olok-olokan bagi gamer laki-laki yang terlalu terobsesi dan tunduk pada streamer perempuan, terutama jika dukungan mereka terlihat berlebihan atau tidak seimbang. 

Para simp akan memberikan dukungan berlebihan baik dalam bentuk donasi uang, pemberian hadiah, komentar positif, maupun pujian di media sosial.

Dalam beberapa kasus, simp bahkan siap untuk membela dan membenarkan tindakan streamer tersebut, bahkan jika tindakan tersebut dianggap tidak pantas oleh orang lain.

5 dari 6 halaman

Simp Artinya Sama dengan Budak Cinta, Benarkah?

Istilah simp telah melejit dan sangat populer di kalangan anak muda. Banyak video, meme, dan konten lainnya yang berkaitan dengan simp telah menjadi viral di platform media sosial.

Penggunaan istilah simp di media sosial sering kali digunakan untuk menggambarkan seseorang yang rela melakukan apa pun atau mengorbankan diri mereka sendiri untuk memenuhi keinginan atau permintaan orang yang mereka sukai secara berlebihan. 

Namun begitu, apakah simp sama dengan istilah bucin?

Dalam analogi dengan istilah "bucin" (budak cinta), simp artinya dapat dikatakan memiliki tingkatan yang lebih tinggi karena seorang simp biasanya sudah berada di fase obsesi dan pengabdian mereka yang ekstrim terhadap tokoh virtual atau idola.

Dengan begitu, simp dengan bucin memang bisa dikatakan memiliki makna yang mirip, namun dengan tingkatan yang berbeda.

6 dari 6 halaman

Contoh Penggunaan Simp

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, simp artinya mengacu pada seseorang yang terlalu mengidolakan, terobsesi, dan tunduk kepada orang lain.

Tindakan yang dilakukan oleh simp bisa beragam, seperti memberikan hadiah, uang, meluangkan waktu, memberikan pujian berlebihan, atau bahkan mengorbankan diri mereka sendiri untuk menyenangkan idolanya tersebut. 

Nah berikut contohnya :

1. "Wah, dia selalu ngasih donasi yang gede banget sama streamer cantik itu, memang simp yang loyal ya dia."

2. "Aku tidak mengerti kenapa dia sangat terobsesi dengan artis itu, emang benar-benar seorang simp."

3. "Setiap kali streamer favoritnya melakukan kesalahan, dia selalu membela dan membenarkannya. Dia simp yang fanatik."

4. "Pacar saya selalu memberikan hadiah-hadiah mahal kepada selebriti virtual yang dia sukai. Sedih banget, ternyata dia seorang simp yang ekstrem."

5. "Aku tidak tahu mengapa temanku begitu tergila-gila dengan karakter dalam permainan video itu. Dasar simp yang keterlaluan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.