Sukses

7 Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya yang Mudah

Manfaat sawi putih bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat sawi putih didapatkan dari kandungan vitamin dan mineralnya. Apalagi sawi putih merupakan bahan makanan rendah kalori yang padat nutrisi. Di dalam 100 gram sawi putih, hanya terdapat 9-13 kandungan kalori, hal ini ditambah fakta bahwa sawi putih juga rendah lemak.

Manfaat sawi putih untuk kesehatan tidak cuma itu saja. Sayuran ini juga mengandung 1,7 gram karbohidrat, 0,1 gram lemak, dan 1 gram protein. Selain itu, vitamin dan mineral yang terkandung di sawi putih adalah vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, C, E, K, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, zat besi, zinc, dan natrium.

Manfaat sawi putih bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin. Dengan melimpahnya kandungan nutrisi yang terdapat di sawi putih ini, tentunya tidak ada alasan lagi bagi kamu untuk tidak mengonsumsinya. Sawi putih dapat menjaga kesehatan tubuhmu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/12/2019) ragam manfaat sawi putih untuk kesehatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dan Menyehatkan Mata

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat sawi putih yang pertama adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini berkaitan dengan kandungan vitamin C yang terdapat dalam sawi putih. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Mengonsumsi sawi putih secara rutin dapat membuat kamu tidak mudah terserang penyakit.

Menyehatkan Mata

Tak hanya meningkatkan sistem imunitas tubuh, manfaat sawi putih juga bisa didapatkan untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini karena vitamin A dan beta karoten yang terkandung di sawi putih.

Selain itu, kamu mungkin telah akrab dengan beta-karoten dan vitamin A. Sedangkan alfa-karoten pada sawi ternyata sama pentingnya dengan beta-karoten karena keduanya merupakan bahan baku dari vitamin A yang penting untuk memelihara kesehatan mata. Sumber alfa-karoten terbaik di antaranya adalah labu, wortel, ubi, sawi putih, dan alpukat.

3 dari 5 halaman

Menyehatkan Saluran Pencernaan dan Cocok untuk Diet

Menyehatkan Saluran Pencernaan

Manfaat sawi putih selanjutnya adalah menyehatkan saluran pencernaan. Serat yang terkandung di sawi putih efektif untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, karena serat di sawi putih dapat meningkatkan pergerakan usus yang akan membantu mengatasi sembelit dan konstipasi.

Cocok untuk Diet

Sayur-sayuran lembaran seperti sawi putih mengandung beragam nutrisi tapi juga rendah kalori. Sayuran ini juga tinggi kadar air dan serat sehingga dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Keunggulan inilah yang membuat sawi putih memiliki manfaat bagi kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

4 dari 5 halaman

Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Baik untuk Penderita Penyakit Ginjal

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat sawi putih juga berguna untuk menjaga kesehatan tulang, karena kalsium dan vitamin K yang terkandung di sawi putih akan menjaga kepadatan tulang sekaligus mencegah osteoporosis.

Membantu Mengendalikan Tekanan Darah

Manfaat sawi putih juga dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Namun, hal ini bukan berarti sawi putih dapat menjadi obat penurun tekanan darah tinggi. Untuk penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, kamu harus tetap mengonsumsi obat dan menjalani pola hidup sehat untuk mengendalikan tekanan darah kamu.

Baik untuk Penderita Penyakit Ginjal

Sebagian besar sayuran mengandung kalium dalam jumlah tinggi. Padahal, penderita penyakit ginjal umumnya disarankan untuk membatasi konsumsi makanan tinggi kalium karena dapat memengaruhi keseimbangan cairan tubuh.

Sawi putih adalah salah satu sayuran dengan kandungan kalium terendah. Seratus gram sawi putih mengandung 95 miligram kalium, atau hanya sekitar 2 persen dari kebutuhan kalium harian. Jumlah ini bahkan lebih rendah dari kol, terong, mentimun, dan bayam.

5 dari 5 halaman

Cara Mengolah Sawi Putih yang Mudah dan Sehat

Setelah mengetahui manfaat sawi putih, tentunya kamu bisa membuatnya menjadi hidangan sehari-hari. Salah satu cara paling mudah untuk mengolah sawi putih adalah dengan menumisnya. Berikut cara mengolahnya:

Bahan:

- 1 bonggol sawi putih, bersihkan dan potong

- 1 bawang bombay kecil, potong

- 1 siung bawang putih, cincang halus

- 1 sdt jahe cincang

- 2 sdt minyak sayur

- 2 sdm kecap

- 2 sdt minyak wijen

Cara Membuat:

- Panaskan terlebih dulu minyak sayur di atas wajan. Masukkan bawang bombay, bawang putih, dan jahe, lalu masak hingga wangi selama satu menit.

- Kemudian, masukkan sawi putih dan masak hingga layu selama dua menit.

- Setelah sawi layu, tambahkan kecap dan aduk selama tiga menit atau hingga semua bahan tercampur rata.

- Angkat tumis sawi dari wajan, lalu berikan minyak wijen sebagai penambah rasa.

Beberapa manfaat sawi putih tersebut bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin. Kamu juga dapat mengolahnya dengan bahan makanan sehat lainnya sesuai selera. Jika kamu memiliki kondisi medis tertentu, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui porsi dan jenis makanan sehat yang dianjurkan sesuai kondisi kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.