Sukses

9 Jenis Ikan Mas Koki Terbaik yang Mudah Dirawat Beserta Harganya

Jenis ikan mas koki bisa dibedakan dari bentuk fisiknya.

Liputan6.com, Jakarta Jenis ikan mas koki perlu diketahui oleh pemilik akuarium, khususnya yang ingin memelihara ikan mas koki. Jenis ikan mas koki yang cukup kecil memang sangat cocok dijadikan peliharaan di akuarium. Apalagi kamu juga bisa menempatkannya bersama ikan mas koki lainnya.

Jenis ikan mas koki biasanya memiliki warna yang cerah, yaitu paduan warna kuning, merah, hingga putih. Namun ada juga ikan mas koki yang berwarna hitam. Bentuknya yang cantik dengan gerakannya dapat membuat kamu tenang sejenak melihat akuarium.

Jenis ikan mas koki bisa dibedakan dari bentuk fisiknya. Perbedaan ikan mas koki satu dengan yang lainnya biasanya terdapat pada warnanya, bentuk kepala, mata, hingga ekornya, dan sebagainya. Kamu bisa memilih jenis ikan mas koki yang paling kamu suka dengan mengetahui juga cara merawatnya

berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/10/2019) tentang jenis ikan mas koki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ikan Mas Koki Komet dan Fantail

Ikan Mas Koki Komet

Jenis ikan mas koki pertama adalah ikan mas koki komet. Ikan mas koki komet merupakan ikan koki yang sangat berbeda dengan ikan mas koki pada umumnya. Ikan mas koki komet memiliki tubuh yang ramping. Selain itu, ikan ini memiliki ekor yang panjang dan hanya satu ekor.

Kamu bisa mendapatkan ikan mas koki komet sepanjang 5-10 cm dengan harga Rp 5.000 saja.

Ikan Mas Koki Fantail

Jenis ikan mas koki selanjutnya adalah ikan mas koki fantail. Ikan mas koki fantail merupakan jenis ikan hias koki yang paling digemari di Jepang. Ikan ini memiliki satu sirip atas yang tegak dan empat sirip bawah.

Jika dibandingkan dengan ikan mas koki jenis lainnya, maka ikan ini dinilai menjadi yang paling kuat. Warna tubuhnya terlihat sangat elegan, yaitu campuran antara merah dan oranye yang membentuk gradasi warna yang sempurna.

Kamu bisa mendapatkan ikan mas koki fantail dengan panjang sekitar 3-5 cm dengan harga Rp 30.000.

3 dari 5 halaman

Ikan Mas Koki Oranda dan Mutiara

Ikan Mas Koki Oranda

Jenis ikan mas koki selanjutnya adalah Ikan mas koki Oranda. Di Indonesia, peminat dari ikan jenis ini cukup banyak, hal ini dikarenakan harga nya yang tidak terlalu mahal namun memiliki warna dan corak yang cantik. Sehingga mampu menarik perhatian konsumen.

Ciri-ciri dari ikan koki oranda adalah memiliki tonjolan seperti rasberry dan hampir menutup seluruh bagian kepala nya yang membuat wajah nya terlihat unik. Selalin itu, ikan ini memiliki ekor yang panjang dan tidak mudah stres.

Untuk mendapatkan ikan mas koki oranda 5-10 cm, kamu harus merogoh kocek sebesar Rp 50.000.

Ikan Mas Koki Mutiara

Jenis ikan mas koki berikutnya adalah ikan mas koki mutiara. Ciri khas dari ikan ini adalah pola dari sisik nya membentuk seperti mutiara dengan perut yang besar dan bulat seperti bola. Banyak yang mencari ikan koki mutiara karena disebut sebagai ikan koki tercantik yang cocok untuk di pelihara, dan harga nya juga lumayan mahal.

Ikan mas koki mutiara dengan panjang 5-7 cm ini dijual dengan harga Rp 25.000.

4 dari 5 halaman

Ikan Mas Koki Lionhead dan Ryukin

Ikan Mas Koki Lionhead

Banyak yang mengira bahwa ikan koki lionhead adalah ikan koki rancu, padahal pada kenyataan nya berbeda. Kamu bisa mendapatkan jenis ikan mas koki satu ini dengan Rp 15.000.

Ciri yang paling menonjol dari ikan koki Lionhead ini adalah jambul yang ada pada bagian kepala nya dan menyerupai surai singa. Unik nya, jambul ini akan terus tumbuh hingga ikan ini membesar.

Ikan Mas Koki Ryukin

Jenis ikan mas koki Ryukin ini memiliki moncong yang lancip dan punggung yang bungkuk. Ukuran dari ikan ini bisa mencapai 21 cm bahkan ada yang mengatakan bisa mencapai 30 cm jika dirawat dengan baik. Harganya sekitar Rp 10.000.

Warna dari ikan koki jenis ini juga cukup beragam, yaitu, kuning, oranye, merah, dan putih yang membuatnya dikenal sebagai ikan koki tercantik di dunia. Tentu nya, harga dari ikan ini juga mahal.

5 dari 5 halaman

Ikan Mas Koki Ranchu dan Black Moor

Ikan Mas Koki Ranchu

Jenis ikan mas koki satu ini masih tergolong baru di Indonesia, namun memiliki warna-warna yang cantik seperti merah, oranye dan putih.  Ikan ini biasa dibanderol dengan harga Rp 30.000.

Ikan mas koki ranchu memiliki ciri-ciri yaitu tidak memiliki sirip pada bagian punggung nya, dan memiliki jambul pada bagian kepala nya. Bentuk tubuh nya bungkuk dan memiliki pola sisik seperti mutiara pada bagian punggung nya. Ikan ranchu mampu hidup selama 10 tahun dengan ukuran yang mencapai 30 cm.

Ikan Mas Koki Black Moor

Jeni ikan mas koki yang warnya tidak terang adalah ikan mas koki black moor. Sesuai dengan nama nya, ikan koki yang satu ini memiliki warna yang hitam pada seluruh bagian tubuh nya dengan mata nya yang menyerupai teleskop.

Jika kamu ingin memelihara ikan ini, kamu tidak perlu terlalu repot karena cara merawat nya cukup mudah. Kamu hanya perlu memberi nya pelet setiap hari secara teratur. Harganya ada pada kisaran Rp 25.000.

Ikan Mas Koki Thelescope Eye

Jenis ikan mas koki selanjutnya adalah ikan mas koki thelescope eye. Harga ikan ini di pasaran cukup mahal, karena kombinasi dari warna emas, hitam dan putih yang membuat nya semakin cantik. Ciri ikan ini adalah bentuk mata nya yang seperti teleskop besar namun penglihatan nya buruk. Warna tubuh nya juga bervariasi.

Selain itu masih banyak jenis ikan mas koki lainnya yang tidak kalah cantik. Kamu bisa memilih ikan mas koki yang paling menarik untuk kamu pelihara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.