Sukses

7 Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan, Tetap Perhatikan Jumlah Konsumsi

Manfaat kuning telur untuk kesehatan harus diperhatikan jumlah konsumsinya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kuning telur untuk kesehatan dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya. Namun, kuning telur juga ditakuti. Kuning telur mengandung sekitar 185 mg kolesterol dan 4,5 mg lemak. Karena inilah yang kuning telur ditakuti dan dihindari oleh banyak orang.

Selain itu, dalam sebutir telur terkandung 70-75 kalori. Sekitar 15 kalori berasal dari putih telur, dan sisanya sebanyak 55 kalori adalah dari kuning telur. Kuning telur dianggap sebagai penyebab tingginya kolesterol, jadi sebaiknya tidak dionsumsi secara berlebihan.

Manfaat kuning telur untuk kesehatan harus diperhatikan jumlah konsumsinya. Mengonsumsi kuning telur secukupnya dan tidak berlebihan bisa membuat kamu mendapatkan berbagai manfaat kesehatan. Apalagi dengan telur yang terkenal dengan kandungan nutrisi yang melimpah, harganya yang murah, dan mudah diolah membuatnya menjadi salah satu makanan favorit banyak orang.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang manfaat kuning telur untuk kesehatan dari berbagai sumber, Senin (23/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan

Mengurangi Peradangan dan Risiko Penyakit Kronis

Manfaat kuning telur untuk kesehatan yang pertama adalah mengurangi peradangan dan risiko penyakit kronis. Walau lemak telur banyak tersimpan di bagian kuningnya, sebagian lemak tersebut adalah lemak sehat omega-3.

Kuning telur, dengan vitamin, mineral, dan nutrisi lain di dalamnya membantu mempromosikan kesehatan jantung dan kardiovaskular. Kuning telur memang tidak menunjukkan hubungan langsung dengan penyakit jantung, namun kolin sebagai salah satu zat gizi di dalamnya dapat mengatur fungsi kardiovaskular.

Oleh karena itu, pilihlah telur berlabel omega-3 yang baik untuk kinerja otak dan memori, serta dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan menurunkan risiko penyakit tertentu, seperti penyakit jantung, asma, radang sendi, dan kanker.

Baik untuk Kesehatan Mata

Selain itu, kuning telur juga baik untuk mata. Kuning telur kaya akan kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin. Kedua jenis nutrisi tersebut memiliki khasiat dapat membantu mencegah penyakit mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

Selain itu, karotenoid dalam kuning telur juga bertindak sebagai antioksidan di mata, yang membuatnya dapat melindungi diri dari radikal bebas yang dapat merusak bagian-bagian pada retina. Jika retina rusak, kemampuan mata untuk benar-benar memfokuskan cahaya akan terganggu.

3 dari 5 halaman

Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan

Baik untuk Tulang dan Gigi

Selanjutnya, kuning telur juga bermanfaat untuk tulang dan gigi. Kuning telur merupakan salah satu sumber alami vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang, gigi, dan otot, serta membantu penyerapan kalsium. Kandungan vitamin D pada kuning telur dapat membantu menjaga kesehatan dan memperkuat tulang dan gigi.

Mengurangi Risiko Cacat Tabung Saraf pada Janin

Manfaat kuning telur selanjutnya adalah mengurangi risiko cacat tabung saraf. Kuning telur mengandung kolin dan folat yang cukup tinggi.

Kedua nutrisi ini berperan penting dalam menurunkan risiko cacat tabung saraf pada janin dan memastikan otak janin dapat berkembang dengan baik. Beberapa studi juga menyebutkan bahwa kolin dan folat dapat mengurangi kekambuhan gejala asma.

4 dari 5 halaman

Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan

Kaya Mineral

Mineral sangat penting untuk membangun pertahanan nutrisi, yang dapat melaksanakan fungsi tubuh seperti menyeimbangkan elektrolit. Kuning telur dan putih telur masing-masing memiliki 13 jenis mineral. Mineral ini termasuk kalsium, magnesium, zat besi, kalium, natrium, dan selenium.

Meskipun keduanya mengandung mineral tersebut, kuning telur memiliki jumlah mineral yang lebih besar dibandingkan dengan putih telur. Misalnya, sebanyak 90% kalsium dan 93% zat besi pada telur terdapat di kuning telur.

Mengandung Protein yang Cukup Tinggi

Kuning telur merupakan salah satu sumber protein yang baik. Dalam sebutir telur, terkandung sekitar 2,5 gram protein dalam bagian kuning telurnya.

Protein merupakan salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki jaringan tubuh, memperkuat daya tahan tubuh, serta menunjang tumbuh kembang yang optimal pada anak.

Kaya Vitamin

Vitamin merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk tubuh. Kuning telur mengandung lebih banyak vitamin dibandingkan dengan putih telur. Setiap kuning telur mengandung tujuh vitamin, yaitu B6, folat, vitamin B, B-12, A, D, E, dan K.

Vitamin tersebut hanya dapat ditemukan dalam kuning telur, dan tidak ada di putih telur. Bahkan, kuning telur adalah salah satu dari segelintir makanan yang mengandung vitamin D alami.

5 dari 5 halaman

Tips Aman Mengonsumsi Kuning Telur

Beberapa studi menyatakan bahwa konsumsi telur dalam batas wajar tidak meningkatkan kadar kolesterol secara drastis. Agar lebih aman, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut:

- Jika tidak ada masalah kesehatan, konsumsi telur hingga sebanyak 3 butir per hari masih aman.

- Jika kamu menderita penyakit jantung dan kolesterol tinggi, sebaiknya batasi konsumsi telur hingga tidak melebihi 3 butir telur per minggu.

- Konsumsi telur yang sudah matang sepenuhnya. Hal ini karena telur mentah atau setengah matang dapat menyebabkan keracunan makanan.

- Lebih baik masak telur dengan cara direbus tanpa garam. Menggoreng telur dapat meningkatkan kandungan lemaknya hingga 50%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.