Sukses

7 Manfaat Susu Fermentasi bagi Kesehatan, Baik untuk Pencernaan

Manfaat susu fermentasi bagi kesehatan dipengaruhi kandungan probiotiknya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat susu fermentasi bagi kesehatan dipengaruhi kandungan probiotiknya. Probiotik ini berperan dalam meningkatkan jumlah bakteri baik dalam saluran cerna, sehingga membawa berbagai manfaat untuk kesehatan dan daya tahan tubuh.

Yoghurt mungkin salah satu jenis susu fermentasi yang telah banyak dikenal. Selain itu, ada pula minuman probiotik sebagai salah satu jenis susu fermentasi lainnya. Keduanya merupakan jenis susu fermentasi dan mengandung probiotik yang baik untuk tubuh, terutama pencernaan.

Manfaat susu fermentasi bagi kesehatan bisa jadi solusi bagi kamu yang sering mengalami berbagai gangguan pencernaan. Susu fermentasi biasanya difermentasikan dengan bakteri baik, seperti Lactobacillus atau Bifidobacteria. Untuk mendapatkan manfaatnya, pastikan kamu mengonsumsi susu fermentasi dengan kandungan probiotik aktif.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/12/2019) tentang manfaat susu fermentasi bagi kesehatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan dan Mengurangi Racun

Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Manfaat susu fermentasi yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Kandungan probiotik yang terdapat pada susu fermentasi dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik dan menekan pertumbuhan bakteri jahat dalam saluran cerna. Efeknya, kesehatan saluran cerna akan lebih terjaga.

Mengurangi Racun di Dalam Tubuh

Saluran cerna yang sehat mampu menyaring dan mengurangi penyerapan racun atau zat kimia berbahaya yang sering terdapat dalam makanan. Mikroba pada susu fermentasi menghasilkan asam organik, hidrogen peroksida, karbondioksida, dan acidolin yang bersifat antimikroba.

Bakteri ini mampu mengikat senyawa racun hasil metabolisme protein dan lemak, serta hasil pemecahan enzim tertentu, sehingga meringankan tugas organ hati. Jadi, manfaat susu fermentasi dapat mengurangi racun di dalam tubuh.

3 dari 4 halaman

Meningkatkan Imunitas dan Menurunkan Kadar Kolesterol

Meningkatkan Sistem Imunitas

Manfaat susu fermentasi selanjutnya adalah dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Karena probiotik yang terdapat dalam susu fermentasi mampu menjaga kesehatan saluran cerna, daya tahan tubuh pun secara tidak langsung akan menjadi lebih baik.

Jika saluran pencernaan sehat, nutrisi dari makanan dapat diserap dengan baik, termasuk berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk memperkuat sistem imunitas tubuh.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Probiotik yang terdapat dalam susu fermentasi juga dapat menurunkan kadar kolesterol pada penderita kolesterol tinggi. Hal ini karena probiotik dapat mengikat kolesterol dalam usus, sehingga mampu menghentikan penyerapannya. Probiotik juga dapat membantu menghasilkan asam atau garam empedu yang berfungsi memecah lemak dan kolesterol.

4 dari 4 halaman

Mengatasi Diare dan Sembelit

Mengandung Asam Laktat dan Asam Asetat

Beberapa susu fermentasi mengandung asam laktat dan asam asetat. Asam laktat dalam susu fermentasi mampu mengatasi diare yang disebabkan oleh bakteri atau virus.

Sementara asam asetat dalam susu fermentasi L. casei Shirota strain mampu melawan bakteri C. Jejuni yang menjadi penyebab diare.

Mengatasi Diare

Konsumsi susu fermentasi mampu mencegah diare, terutama setelah mengonsumsi obat antibiotik. Apalagi dengan adanya kandungan asam laktat, tentunya kamu akan terhindari dari masalah diare saat mengonsumsi susu fermentasi.

Selain mencegah diare, konsumsi probiotik juga mampu meringankan gejala irritable bowel syndrome (IBS).

Mengatasi Sembelit

Konsumsi susu fermentasi secara rutin mampu mengatasi sembelit atau konstipasi. Dengan mengonsumsi susu fermentasi yang mengandung probiotik Lactobacillus selama 4-8 minggu, gejala konstipasi yang meliputi susah BAB, sakit perut, dan perut kembung juga dapat teratasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.