Sukses

Cara Menyembunyikan Foto Tertentu di Galeri, Privasi Tetap Aman

Terkadang kamu memiliki foto yang bersifat rahasia dan tak ingin dilihat oleh sembarang orang.

Liputan6.com, Jakarta Foto merupakan bentuk pengabadian momen yang saat ini begitu mudah untuk didapatkan. Hanya berbekal smartphone, kamu dapat mengabadikan momen dalam jepretan foto berkualitas terbaik. Kamu cukup hanya menyimpannya di galeri foto dan membukanya kembali saat ingin mengenang momen tersebut.

Terkadang kamu memiliki foto yang bersifat rahasia dan tak ingin dilihat oleh sembarang orang. Hal ini yang membuat kamu harus menyembunyikan foto tertentu di galeri ponsel. Nah, rupanya ada cara mudah untuk menyembunyikan foto tertentu di galeri ponsel. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir lagi kerahasiaan fotomu diketahui orang lain.

Kamu dapat menyembunyikan foto tertentu di ponsel dengan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini dapat diunduh gratis di Play Store. Beberapa aplikasi memiliki versinya yang berbayar untuk memperluas kemudahan penggunaannya.

Berikut cara menyembunyikan foto tertentu yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Jumat(10/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

LockMyPix

Ada banyak aplikasi di luar sana yang mengklaim dapat menyembunyikan fotomu dari pengintip yang ingin tahu, tetapi LockMyPix diklaim paling menonjol karena tingkat kesederhanaan dan keamanan yang ditawarkannya, bahkan dalam versi gratis. Aplikasi ini mengunci file fotomu di folder yang dilindungi oleh standar enkripsi AES tingkat militer, diakses melalui PIN, pola atau sidik jari.

Aplikasi ini memiliki UI intuitif yang memungkinkan kamu untuk mengenkripsi foto atau video langsung dari aplikasi itu sendiri. Aplikasi ini dapat disembunyikan dari app drawer dengan mudah.

Beberapa fitur lain yang membuatnya menonjol termasuk cara untuk membuat ruang umpan palsu dengan PIN terpisah, dukungan untuk foto pada kartu SD Anda, cadangan terenkripsi, dan dukungan untuk file GIF.

Versi LockMyPix Pro berbayar menawarkan lebih banyak opsi untuk yang benar-benar paranoid dalam hal kerahasiaan foto. Misalnya, kamu bisa mendapatkan opsi untuk menyiapkan kredensial masuk palsu dalam versi Pro, jika seseorang menemukan foldermu dan meminta login, kamu dapat memberi mereka akses ke penyimpanan 'umpan'.

Versi berbayar juga menawarkan kompatibilitas kartu SD dan kemampuan untuk menyamarkan aplikasi sebagai hal lain. Tentu saja, versi berbayar juga membuat seluruh pengalaman bebas iklan.

Aplikasi ini dapat diunduh gratis di Play Store. Sedangkan versi berbayarnya dibanderol seharga Rp 239,000.

3 dari 6 halaman

Astro File Manager

Jika kamu lebih suka menggunakan file manager daripada aplikasi kunci galeri, maka kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah mudah ini. 1. Pertama, unduh Astro File Manager di Play Store.

2. Setelah menginstal aplikasi, buka aplikasi, pilih Primary lalu ketuk Pictures.

3. Sekarang ketuk dan tahan folder yang ingin kamu sembunyikan.

4. Setelah disorot, tekan tombol menu (tiga titik di kanan atas layar). Dari sini pergi ke opsi rename.

5. Sekarang, ganti nama folder .nomedia dan pastikan untuk memasukkan periode di depan teks. Tekan rename dan foto sudah terjaga privasinya.

Jika kamu ingin melihat folder tersembunyi itu lagi di Astro, kamu harus masuk ke menu dan tekan View Settings. Lalu, tekan tab Advanced. Kamu hanya perlu mencentang kotak setelah opsi "Show hidden files" dan kembali ke aplikasi. Setelah itu kamu akan melihat folder yang sebelumnya kamu sembunyikan. Jika kamu ingin menyembunyikannya lagi, cukup ganti namanya tetapi jangan sertakan titik di bagian depan.

4 dari 6 halaman

Vaulty

Vaulty telah memantapkan dirinya sebagai aplikasi terkemuka untuk menyembunyikan konten. Ratusan ribu pengguna telah meninggalkan ulasan positif di Google Play Store.

Foto apa pun yang kamu kunci hanya dapat dilihat di dalamnya. Galeri ini juga memungkinkan kamu membuat banyak folder, yang berarti kamu dapat memiliki set foto yang berbeda untuk ditampilkan kepada orang yang berbeda. Semua kontenmu dapat dilindungi kata sandi, dan bahkan membuat cadangan mediamu sehingga aman jika kamu kehilangan ponsel.

5 dari 6 halaman

Keepsafe Vault

Keepsafe Vault adalah pesaing terbesar Vaulty. Set fitur sangat mirip; semua fotomu dilindungi kata sandi dan dienkripsi, dan kamu dapat mencadangkan foto ke penyimpanan cloud aplikasi. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur yang menyembunyikan ikon layarnya, yang berarti tidak seorang pun yang membuka ponselmu akan tahu bahwa kamu menyembunyikan sesuatu.

Terakhir, aplikasi ini memiliki fitur penghancuran diri Snapchat-esque. Fitur ini memungkinkan kamu berbagi foto yang dihapus sendiri setelah 20 detik dengan pengguna aplikasi lainnya.

6 dari 6 halaman

Hide Something

Hide Something adalah cara solid lain untuk menyembunyikan gambar di Android. Sekali lagi, kamu dapat menyembunyikan foto di balik PIN dan kata sandi, dan semua gambarmu akan dicadangkan di Google Drive.

Aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur unik. Pertama, kamu dapat menyimpan file atau folder apa pun di ponselmu ke dalam brankasnya menggunakan menu share. Kedua, aplikasi tidak akan muncul di daftar aplikasi yang baru saja digunakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini