Sukses

14 Wisata Air Terjun di Malang, Eksotis Penuh Kesejukan

Beberapa wisata air terjun di Malang yang eksotis.

Liputan6.com, Jakarta Wisata air terjun di Malang bisa jadi destinasi menarik untuk berlibur. Malang menawarkan tujuan wisata yang beragam. Mulai dari keindahan alam, sejarah, dan kuliner, Malang punya daya tarik pariwisata yang tinggi.

Salah satu keindahan alam di Malang yang tak boleh terlewat adalah air terjun. Wisata air terjun di Malang tersebar di sejumlah wilayah Malang. Letak geografisnya yang dekat dengan pegunungan membuat banyak sekali pilihan wisata air terjun di Malang yang bisa dikunjungi.

Sejumlah wisata air terjun di Malang ini bahkan sudah populer di mata wisatawan. Tak jarang beberapa paket wisata juga memasukkan wisata air terjun di Malang di dalamnya.

Wisata air terjun di Malang ini memberikan suasana tenang ala pegunungan. Berikut wisata air terjun di Malang yang berhasil Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (6/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Wisata air terjun di Malang

Coban Rondo

Dari sekian banyak wisata air terjun di Malang, Coban Rondo merupakan destinasi yang paling populer. Coban Rondo berada di Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Malang. Fasilitas di Coban Rondo juga cukup lengkap. Di sini kamu bisa menemukan area perkemahan, dan beberapa wahana permainan seperti outbond, flyingfox, dan arena labirin.

Coban Sewu

Coban Sewu atau yang juga dikenal dengan Coban Tumpak Sewu merupakan air terjun yang berada di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang. Air Terjun Tumpak Sewu terbentuk di aliran Sungai Glidih yang berhulu di Gunung Semeru.

Selain Air Terjun Tumpak Sewu, di sekitar lokasi ada juga wisata permainan arum jeram. Dan bagi pecinta Jeep juga ada wisata jalur offroad di lereng gunung semeru.

3 dari 8 halaman

Wisata air terjun di Malang

Coban Pelangi

Air terjun coba pelangi sangat terkenal dengan pelangi yang muncul di dasar air terjun ini. Coban Pelangi berada di di jalur pendakian menuju Gunung Semeru. Tak ayal air terjun ini kerap disambangi para pendaki. Air terjun uang berada di ketinggian 1400 meter dari permukaan air laut ini sangat sejuk dengan suhu 13- 19 derajat Celsius.

Coban Jahe

Coban Jahe atau yang juga dikenal dengan Air Terjun Begawan berlokasi di Desa Pandansari Lor, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Untuk bisa menikmati keindahan air terjun satu ini, pengunjung harus berjalan kaki lebih kurang sekitar 1 kilometer.

4 dari 8 halaman

Wisata air terjun di Malang

Coban Kethak

Coban Kethak berada di perbatasan antara Kabupaten Malang dan Kediri. Aliran Coban Kethak merupakan aliran Sungai Lanang yang bermuara hingga ke Kediri.

Sesuai namanya, dulunya wilayah air terjun ini ditinggali banyak kera (kethek). Hingga kini pengunjung masih bisa menemukan kawanan kera di sekitar air terjun ini.

Coban Sumber Pitu Pujon

Coban Sumber Pitu Pujon berada di Desa Pujon Kidul, Pujon, Krajan, Pandesari, Malang. Dinamakan sumber pitu karena tempat ini memiliki tujuh air terjun yang saling berdekatan dan memenuhi tebing selebar lebih kurang 50 meter.

5 dari 8 halaman

Wisata air terjun di Malang

Coban Nirwana

Coban Nirwana berlokasi di Desa Sumberbendo, Kecamatan Gedangan, Malang. Wisata alam Malang Coban Nirwana menyuguhkan keindahan air terjun yang bertingkat berbeda dengan air terjun lainnya yang berada di kota Malang.

Coban Ciblungan

Coban Ciblungan adalah wisata air tejun yang terletak di Desa Purwoharjo, Kecamatan Ampelgading, Malang. Air terjun ini memiliki jumlah aliran air terjun yang banyak dan menyuguhkan pemandangan pegunungan yang menyejukkan.

6 dari 8 halaman

Wisata air terjun di Malang

Coban Tundo

Di Coban Tundo kamu bisa menikmati keindahan tiga tingkatan air terjun sekaligus. Air terjun yang berada di Sumbermanjing Wetan, Desa Tambakasri, Kabupaten Malang juga menjadi destinasi favorit wisatawan untuk menghabiskan waktu. Di sini terdapat 3 air terjun, yaitu Coban Tundo 1, 2 dan 3.

Coban Siuk

Coban Siuk berlokasi di Dusun Krajan, Taji, Jabung, Malang. Air terjun ini menyuguhkan panorama sejuk dan menenangkan. Air terjun dengan ketinggian yang hampir mencapai 90 meter ini memiliki debit air yang cukup besar. Tak jauh dari Coban Siuk, kamu bisa menemukan Coban Sisir yang tak kalah indah.

7 dari 8 halaman

Wisata air terjun di Malang

Banyu Anjlok

Air terjun Banyu Anjlok berlokasi di Lenggoksono, Purwodadi, Tirto Yudo, Malang. Jika air terjun lainnya berada di pegunungan, air terjun Banyu Anjlok berada di pesisir pantai.

Air terjun ini merupakan tempat pertemuan antara air tawar dan air asin. Di sini kamu tak cuma mendapatkan pemandangan air terjun, namun juga pantai Banyu Anjlok dengan pasir putih yang indah.

Coban Trisula

Coban Trisula berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Malang. Coban Trisula berada di ketinggian 1.700 meter diatas permukaan laut (mdpl). Disebut Coban (air terjun) Trisula karena terdiri dari tiga air terjun yang terbentuk dari satu aliran Sungai Lanjing.

Selain air terjun, dari sini kamu juga bisa mengamati satwa langka seperti elang jawa, elang bido, elang brontok, elang hitam, lutung dan bahkan macan tutul.

8 dari 8 halaman

Wisata air terjun di Batu Malang

Coban Talun

Coban Talun berada di Desa Tulung Rejo Kecamatan Bumiaji, Batu. Pengunjung bisa mencapai air terjun itu dengan melakukan treking dan melewati Hutan Pinus yang sejuk. Air terjun setinggi 30 meter ini memiliki pemandangan alam yang masih sangat alami.

Coban Rais

Coban Rais berada di Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Air terjun ini berada di ketinggian kurang lebih 1.025 mdpl. Untuk menuju air terjun ini kamu perlu menyusuri hutan sejauh 7 km. Air terjun ini memberikan suasana sejuk menenangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini