Sukses

10 Manfaat Jogging Pagi untuk Kesehatan, Tingkatkan Stamina

Ada banyak manfaat jogging pagi yang jarang diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jogging pagi menjadi olahraga ringan untuk mengawali hari. Jogging sering didefinisikan sebagai berlari dengan kecepatan kurang dari 6 mil per jam (mph). Jogging adalah salah satu bentuk latihan aerobik tertua dan terpopuler.

Jogging sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, namun banyak orang memilih untuk jogging di pagi hari. Tujuan utama jogging adalah untuk mempertahankan tempo gerakan tanpa menyebabkan banyak ketegangan pada tubuh. Ada banyak manfaat jogging pagi yang bisa didapat.

Udara pagi yang masih segar dan ringan dari polusi membuat manfaat jogging pagi makin menyehatkan. Manfaat jogging pagi dapat memengaruhi kualitas tidur, mood, hingga mencegah risiko penyakit kronis. Manfaat jogging pagi bisa dilakukan setiap hari paling tidak 12 menit.

Jogging di luar ruangan di sisi lain membuat tubuh tetap terhubung dengan alam. Manfaat jogging pagi yang paling penting adalah mendapatkan udara segar, cukup istirahat, dan bisa membakar lebih banyak lemak. Berikut 10 manfaat jogging pagi yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (29/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat jogging pagi untuk kesehatan

Tidur nyenyak di malam hari

Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga ringan di pagi hari seperti jogging akan membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak di pagi hari. Dilansir dari Livestrong, sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Vascular Health and Risk Management, menemukan bahwa olahraga pagi berkontribusi pada lebih banyak waktu dalam tidur nyenyak daripada olahraga sore atau malam hari.

Studi lain, yang diterbitkan dalam Sleep Medicine edisi 2017, menunjukkan bahwa olahraga pagi hari tampaknya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur bagi orang-orang yang kesulitan tidur.

Tingkatkan energi

Olahraga di pagi hari mampu meningkatkan stamina untuk menjalani aktivitas seharian. Manfaat jogging di pagi hari bisa membuat otak lebih fokus dengan energi yang lebih tinggi dihasilkan. Ketika joging, tubuh melepaskan hormon yang disebut endorfin yang membantu mengangkat semangat dan membuat Anda merasa positif pada diri sendiri. Ini membuat Anda akan merasa tenang dan segar sesaat setelah jogging.

3 dari 6 halaman

Manfaat jogging pagi untuk kesehatan

Turunkan tekanan darah

Olahraga ringan seperti jogging, aman dilakukan bagi penderita hipertensi. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga di pagi hari berkontribusi terhadap penurunan yang lebih besar pada tekanan darah diastolik malam hari.

Jogging membantu menjaga tekanan darah tetap terkontrol. Salah satu mekanisme yang diaktifkan saat jogging adalah menurunkan LDL atau "kolesterol jahat" dalam darah yang mendukung penurunan tekanan darah.

Kuatkan kekebalan tubuh

Olahraga ringan seperti jogging, memperkuat respons tubuh terhadap penyakit. Ini berlaku untuk kedua penyakit jangka pendek, seperti infeksi saluran pernapasan atas, dan penyakit jangka panjang, seperti diabetes. Jogging menghilangkan kelelahan, meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh dan membangun kekebalan.

4 dari 6 halaman

Manfaat jogging pagi untuk kesehatan

Bantu penurunan berat badan

Berjalan, jalan-jalan, jogging, dan berlari, semuanya meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mencegah obesitas. Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise menemukan bahwa berolahraga selama 45 menit di pagi hari menurunkan nafsu makan yang dapat mencegah makan berlebihan.

Cegah stres

Dilansir dari Healthline, sebuah tinjauan studi tahun 2013 menemukan bahwa latihan aerobik, seperti jogging, berpotensi meningkatkan fungsi eksekutif dan melindungi otak dari penurunan yang berkaitan dengan penuaan dan stres. Jogging mampu menurunkan kadar kortisol. Kortisol adalah hormon yang dikeluarkan tubuh sebagai respons terhadap stres.

5 dari 6 halaman

Manfaat jogging pagi untuk kesehatan

Kuatkan tulang

Manfaat jogging pagi lainnya adalah menjaga kesehatan tulang. Jogging memperkuat tulang dan mencegah trauma dan cedera tulang. Ini meningkatkan ketebalan tulang dan menangkal masalah seperti osteoporosis, osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Jogging juga membuat tulang pinggul dan tulang belakang lebih kuat.

Bangun otot

Jogging membantu tubuh menjadi lebih kencang dan kuat. Jogging bekerja pada otot-otot besar dan mengembangkannya. Ini bagus untuk otot paha belakang, betis, otot gluteal, dan otot penting lainnya. Jogging atau berlari juga menjaga ukuran dan fleksibilitas otot dan persendian.

6 dari 6 halaman

Manfaat jogging pagi untuk kesehatan

Baik untuk jantung

Jogging adalah latihan kardiovaskular yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Jogging di pagi hari mencegah masalah jantung dan penyakit lainnya.

Jogging memastikan bahwa darah dipompa lebih cepat ke jantung dan dengan demikian, menjaga tekanan darah tetap stabil. Kolesterol dan kadar glukosa darah juga terkendali berkat jogging pagi yang rutin.

Baik untuk sistem pernapasan

Seperti latihan aerobik lainnya, jogging meningkatkan kapasitas paru-paru dan memperkuat otot-otot sistem pernapasan. Ini memastikan bahwa paru-paru mengambil lebih banyak oksigen dan secara efisien menghilangkan karbon dioksida.

Jogging, dengan demikian, meningkatkan daya tahan otot-otot pernapasan. Udara yang masih segar di pagi hari menjadi manfaat lebih dari jogging. Jogging di pagi hari masih jauh dari polusi udara yang mengganggu pernapasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini