Sukses

Kelebihan iPhone 5S dan Kekurangannya, Ponsel Layar Kecil yang Elegan

Ulasan lengkap mengenai kelebihan iPhone 5S dan kekurangannya

Liputan6.com, Jakarta Kelebihan iPhone 5S tentunya dapat memuaskan para pecinta smartphone satu ini. Selain kelebihan iPhone 5S, kekurangannya penting juga untuk diketahui agar menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli. Walaupun memiliki kelebihan, setiap smartphone juga memiliki kekurangan yang tak jarang menjadi keluhan para pengguna iPhone 5S. 

iPhone 5S merupakan smartphone keluaran tahun 2013 yang masih diburu dan diminati hingga kini. Walaupun sudah 7 tahun berlalu sejak dikeluarkan, kelebihan iPhone 5S dan kekurangannya masih dicari untuk dibandingkan dengan smartphone lainnya.  Mencari tahu tentang kelebihan dan kekurangan smartphone memang harus menjadi perhatian lebih sebelum membeli smartphone.

Fitur-fitur yang ditawarkan iPhone 5S memang selalu sukses menarik perhatian para pencari gadget. Ulasan tentang kelebihan iPhone 5S dan kekurangannya ini bisa dijadikan bahan pertimbangan kamu sebelum membelinya.

Pembelian smartphone bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu sehari-harinya. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan smartphone yang akan dibeli, khususnya kelebihan iPhone 5S dan kekurangannya.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang kelebihan iPhone 5S dan kekurangannya yang penting untuk diketahui sebelum membeli, Selasa (13/10/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kelebihan iPhone 5S

Sebelum mengulas tentang kekurangannya, berikut ini penjelasan tentang kelebihan iPhone 5S yang dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum membeli. Selain kekurangannya, kelebihan iPhone 5S juga penting untuk diketahui.

1. Prosesor

Kelebihan iPhone 5S yang pertama yakni dari segi prosesor. iPhone 5S adalah satu smartphone pertama yang mengusung prosesor quad-core 64bit dengan kecepatan clock 1.3GHz dengan ARMv8 Dual Core. Prosesor A7 besutan Apple ini memiliki performa dan kinerja grafis dua kali lebih cepat ketimbang generasi iPhone sebelumnya. Selain itu juga terdapat prosesor 'gandengan' dari A7 yakni M7 yang menangani berbagai fitur baru bawaan iPhone seperti accelerometer, gyroscope, dan lainnya.

2. Kamera

Kamera merupakan salah satu bagian dari smartphone yang kerap menjadi perhatian para pembeli. Pasalnya, kamera dari smartphone bisa dijadikan kamera pengganti DSLR, ataupun kamera jenis lainnya. Memiliki kamera dengan kualitas baik merupakan salah satu kelebihan dari iPhone 5S.

Meskipun jika dibandingkan dengan berbagai smartphone keluaran vendor lain iPhone selalu memiliki kamera yang resolusinya kecil, iPhone tak pernah bercanda soal kualitasnya. Kamera pun jadi salah satu kelebihan iPhone 5S yang paling utama, dengan mengusung sensor paling besar ketimbang smartphone sekelas dan dengan tahun lahir sama, sehingga foto yang dihasilkan pun lebih superior.

Sensor ini 15 persen lebih besar dibanding milik iPhone 5, sehingga cahaya yang masuk ke sensornya pun jadi lebih banyak dan foto jadi lebih cerah. Bahkan, salah satu kelebihan iPhone 5S yang mungkin tak banyak dimiliki smartphone-smartphone zaman sekarang adalah kemampuan merekam video slow-motion dengan frame-rate 120 fps di resolusi HD.

3. Ukuran dan desain

Kelebihan iPhone 5s selanjutnya yakni adalah ukuran dan desainnya. Ukurannya yang ideal dan desainnya yang berkelas membuat smartphone ini masih digandrungi oleh masyarakat.

Bagi yang tidak suka dengan desain smartphone masa kini yang sebagian besar memiliki bentang layar di atas 5 inci, Anda akan menemukan kelebihan dari iPhone 5S di segi desain ini menarik. Pasalnya, dengan rasio layar yang sudah 16:9, iPhone 5S mengusung bentang layar hanya 4 inci. Cocok bagi Anda yang bertangan mungil. Selain itu dengan frame metal dan ketebalan yang pas, iPhone 5S nampak elegan dibanding banyak kompetitor di kelasnya.

4. Banyak Fitur

Seperti diketahui, iPhone 5S merupakan keluaran tahun 2013. Walaupun sudah 7 tahun setelah dikeluarkan pertama kali, iPhone 5S tetap dicari dan selalu menjadi pilihan masyarakat ketika akan membeli smartphone.

Tak banyak smartphone keluaran tahun 2013 punya fitur sebanyak iPhone 5S. Pasalnya berbagai teknologi seperti GPS, WiFi Hotspot, TV Out, Gyroscope, serta koneksi 4G LTE, membuat deretan kelebihan iPhone 5S ini sangat menonjol mengingat harganya yang sudah jatuh.

5. Update Software

Salah satu kelebihan iPhone 5S dibanding Android adalah soal update software yang selalu disediakan dengan cepat oleh Apple. Jika menggunakan Android, update software seperti upgrade dari Nougat ke Oreo, tak selalu disediakan oleh vendor smartphone yang bersangkutan. Disediakan pun, biasanya agak telat.

Salah satu kelebihan iPhone 5S ketimbang And adalah soal aplikasi. Pasalnya para developer aplikasi tampaknya lebih gemar merilis aplikasi andalan mereka lebih dulu di Apple AppStore untuk perangkat berbasis iOS. Sementara aplikasi versi Android-nya akan menyusul belakangan.

6. Fitur Pendukung

Jika dilihat dari fitur pendukungnya, iPhone 5S memiliki fitur Apple Pay. Kelebihan iPhone 5S adalah fitur Apple Pay yang bisa jadi platform cashless. Selain itu iPhone 5S memiliki skema purna jual Apple yang dianggap terbaik. Dengan membayar AppleCare yang merupakan semacam asuransi, biaya-biaya reparasi jika iPhone rusak bisa dipangkas.

 

3 dari 3 halaman

Kekurangan iPhone 5S

Selain kelebihan iPhone 5S, kekuarangannya juga sangat penting untuk menjadi bahan pertimbangan. Tak jarang kekurangan pada smartphone, khususnya kekurangan pada iPhone 5S menjadi keluhan para penggunanya. Oleh sebab itu, perhatikan kelebihan iPhone 5S dan kekurangan dengan detail sebelum membeli.

Walaupun memiliki kekurangan, iPhone 5S tetap digandrungi masyarakat. Tak bisa dipungkiri bahwa iPhone adalah salah satu yang banyak diminati oleh masyarakat. Bahkan, masyarakat tetap rajin berburu iPhone lawas untuk menjadikannya gawai yang memudahkan kehidupan sehari-hari. Kelebihan iPhone 5S juga menjadi salah satu alasan yang kerap menghipmotis masyarakat.

Banyak alasan masyarakat tetap berburu iPhone meski bekas. Alasan pertama adalah ketimbang beberapa merek lain seperti Samsung, iPhone seakan memiliki daya 'magis' di mana para penggunanya akan seketika terlihat keren hanya dengan memakainya.

1. Ukuran Layar yang Tidak Berubah

Kekurangan iPhone 5S pertama yang harus diperhatikan yakni ukuran layarnya yang tidak berubah. Seiring dengan perkembangan teknologi, tentunya para kompetitor sedang berlomba-lomba untuk menghadirkan ponsel pintar dengan bentang layar sebesar mungkin, Apple tidak bergeming dengan ukuran yang ada sekarang. Ukuran layar iPhone 5S tidak berubah dari iPhone 5S, yaitu sama-sama 4 inci. Ukuran tersebut hanya setengah inci lebih besar dibandingkan iPhone 4S.

2. Prosesor yang Lebih Cepat

Prosesor yang lebih cepat tentunya akan membuat iPhone 5S lebih bertenaga. Namun, hal tersebut ternyata hanya berperan besar agar aplikasi dan game berjalan lebih mulus. Untuk sebagian besar kegiatan operasional perangkat, prosesor tidak berperan banyak. Selain itu, karena tenaga perangkat yang semakin besar dan berlipat gandanya transistor di prosesor, tentunya akan mengonsumsi daya baterai yang lebih besar.

3. Ukuran Baterai Terlalu Kecil

Kelebihan iPhone 5S memang kerap memuaskan para pelanggan. Namun, kekurangannya juga perlu menjadi pertimbangan sebelum membeli. Kelebihan iPhone 5S dan kekurangan bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu sehari-hari. Jika sehari-hari kamu dipadatkan dengan aktivitas di luar ruangan dan membutuhkan daya baterai yang cukup besar tentunya iPhone 5S ini tidak cocok untuk kamu.

Kapasitas baterai yang besar adalah salah satu yang dibutuhkan konsumen saat ini. Namun sayangnya hal tersebut tidak diakomodir Apple di iPhone 5S tersebut. 4. Tidak Ada Model dengan Kapasitas yang Lebih Besar

Kekurangan iPhone 5S hanya hadir dalam kapasitas 16, 32, dan 64 GB. Sayangnya, ia tidak dipersenjatai dengan kapasitas yang lebih besar dari itu, seperti 128 GB. Padahal, sudah banyak ponsel berbasis Android yang telah dilengkapi dengan dukungan terhadap kartu microSD berkapasitas hingga 64 GB.

4. Tidak Banyak Inovasi

Smartphone keluaran tahun 2013 ini tidak memiliki banyak inovasi. Fitur pemindai sidik jari di iPhone 5S memang mendapatkan perhatian yang besar dari konsumen. Hal tersebut terjadi karena ini merupakan inovasi yang dianggap baik. Sayangnya, inovasi tersebut hanya datang dari sisi fitur tersebut saja. Belum ada inovasi lain yang benar-benar membuat para konsumen merasa kagum, seperti pada saat iPhone untuk pertama kalinya diluncurkan.

5. Hanya Mendukung Singel SIM

Kekurangan iPhone 5S selanjutnya yakni smartphone ini hanya mendukung singel SIM saja. Smartphone dua SIM kini kerap dicari oleh para pemburu smartphone, pasalnya menggunakan smartphone dengan dual SIM akan memudakan pekerjaan sehari-hari. Jika kebutuhan sehari-hari kamu menggunakan dua SIM, iPhone 5S bukan pilihan kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini