Sukses

Delivery Artinya Pengiriman, Ketahui Penggunaan dan Contoh Kalimatnya

Delivery artinya adalah pengiriman, penyampaian, persalinan, hingga pembawaan.

Liputan6.com, Jakarta Delivery artinya adalah salah satu kosa kata dalam bahasa Inggris yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kata ini banyak digunakan oleh pelaku bisnis, baik yang bergerak di bidang furnitur, fashion, makanan, hingga elektronik.

Dalam Kamus Bahasa Inggris, kata delivery artinya pengiriman. Penggunaan kata ini dalam sebuah bisnis adalah untuk memudahkan pelanggan dalam membeli kebutuhannya sehari-hari. Dengan begitu, palanggan tak perlu datang langsung ke toko untuk mendapatkan barang atau makanan yang diinginkan.

Sebenarnya, kata delivery sendiri memiliki banyak makna sesuai dengan konteks atau topik yang sedang dibicarakan. Yang mana penggunaannya tergantung pada kondisi saat kita memutuskan menggunakan kata delivery.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai arti delivery beserta penggunaan dan contoh kalimatnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (18/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Delivery Artinya

Dalam kamus bahasa Inggris ke Indonesia, kata delivery artinya adalah pengiriman. Kata delivery ini sering digunakan dalam bisnis, yang bergerak di bidang bidang furnitur, fashion, makanan, elektronik, dan masih banyak yang lainnya. Menurut Vocabulary, kata delivery artinya pengangkutan atau pengiriman. Kata tersebut masuk dalam kata kerja yang artinya mengirim dan kata benda yang bisa diartikan dengan penyampaian.

Maksud dari pengiriman berarti anda membawa sesuatu ke suatu tempat. Pengiriman dapat berupa sesuatu yang fisik, seperti ketika anda menerima oengiriman melalui pos, atau secara lisan seperti pengiriman alamat.

Delivery artinya pengiriman yang berarti kegiatan menyerahkan sesuatu kepada orang lain. Kini, masyarakat banyak menggunakan kata delivery untuk bisnisnya. Layanan delivery yang banyak digunakan pada perusahaan ini akan lebih menguntungkan pelanggan, karena tak perlu ke tempat atau toko penjual barang, sesuatu yang kita inginkan langsung di antar ke tempat tujuan.

Terlepas dari hal tersebut, kata delivery sendiri memiliki makna lain yakni menyampaikan atau penyampaian. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Dictionary, kata delivery artinya persalinan, mengeluarkan, melempar, hingga membawa.

3 dari 4 halaman

Penggunaan Kata Delivery

Kata delivery tergolong ke dalam  part of speech yang bisa bermakna dua hal yaitu kata kerja dan noun (kata benda). Oleh karena itu, ketika menggunakannya kita harus mengetahui terlebih dahulu apakah kita menggunakannya sebagai kata kerja atau kata benda.

1. Delivery sebagai Kata Kerja

Dalam konteks bisnis, kata delivery artinya adalah proses pengangkutan atau pengiriman barang dari lokasi sumber ke lokasi tujuan, sesuai dengan alamat yang telah ditetapkan oleh pengirim. Biasanya, para pembisnis dibidang jasa pengiriman dalam perdagangan memiliki peranan dalam mendistribusikan barang atau pesanan kepada pelanggan melalui moda transportasi yang tersedia.

Secara umum, penggunaan kata delivery artinya pengiriman digunakan untuk mempermudah pelanggan untuk mendapatkan kebutuhannya sehari-hari. Hal ini juga akan menguntungkan bagi para pembisnis, sebab pelanggan akan lebih banyak memesan kembali.

Pengiriman perdagangan biasanya melibarkan transportasi dan distribusi. Proses pengiriman barang disebut dengan distribusi. Sedangkan studi tentang proses yang efektif untuk pengiriman dan disposisi barang serta personek disebut dengan logistik.

Perusahaan yang berspesialisasi dalam pengiriman barang komersial dari titik produksi atau penyimpanan ke titik penjualannya umumnya dikenal sebagai distributor,. Sedangkan perusahaan yang berspesialisasi dalam pengiriman barang ke konsumen dikenal sebagai layanan pengiriman. Layanan pengiriman seperti pos, kurir, dan relokasi juga mengirimkan barang untuk kepentingan komersial dan pribadi.

2. Delivery sebagai Kata Benda

Kata delivery sebagai kata benda dalam dictionary.com didefinisikan sebagai ‘The state of being delivered of or giving birth to a child’ artinya keadaan melahirkan anak. Dengan begitu, kata delivery berarti tindakan persalinan yang mengeluarkan anak dari rahim ke dunia.

Definisi kata delivery sebagai kata benda selanjutnya adalah ‘Vocal and bodily behavior during the presentation of a speech, a speaker's fine delivery’ yang artinya perilaku vokal dan tubuh selama presentasi pidato merupakan penyampaian yang baik dari seorang pembicara. Dalam konteks ini, kata delivery bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai penyampaian.

4 dari 4 halaman

Contoh Kalimat dari Kata Delivery

Untuk lebih memahami kosa kata delivery artinya pengiriman, anda yang baru belajar bahasa Inggris perlu mengetahui contoh kalimatnya. Berikut ini contohnya:

1. The delivery is scheduled for this morning.

(Pengiriman dijadwalkan pagi ini.)

2. The company offers free delivery with orders over $100.

(Perusahaan menawarkan pengiriman gratis dengan pemesanan lebih dari $100.)

3. Someone has to be home to accept delivery of the package.

(Seseorang harus berada di rumah untuk menerima pengiriman paket.)

4. Allow six weeks for delivery.

(Biarkan enam minggu untuk pengiriman)

5. I need to work on my delivery before I give the speech.

(Saya perlu mengerjakan penyampaian saya sebelum memberikan pidato.)

6. The baby weighed almost seven pounds at the time of delivery.

(Bayi itu beratnya hampir tujuh pon pada saat dilahirkan.)

7. The doctor expects it to be a routine delivery.

(Dokter berharap itu menjadi persalinan rutin.)

8. The doctor has had three deliveries today.

(Dokter sudah tiga kali membantu proses melahirkan hari ini.)

9. The joke was funny, but his delivery was terrible.

(Lelucon itu lucu, tetapi penyampaiannya aneh.)

10. It is not our objective to listen with a view to criticizing the speaker’s material and delivery.

(Kita tidak mendengarkan dengan tujuan mengritik bahan dan cara menyampaikan khotbah.)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.