Sukses

Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol, Pahami Pengertian dan Prinsipnya

Fungsi manajemen menurut Henry Fayol terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengendalian.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi manajemen menurut Henry Fayol terdiri dari beberapa proses. Menurut Henry Fayol, pengertian manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien. 

Dalam sebuah perusahaan mempbutuhkan manajemen dalam segala aspek supaya perusahaan tersebut dapat bertumbuh pesat. Fungsi manajemen menurut Henry Fayol dapat dijadikan sebagai pedoman manajer untuk dapat mencapai tujuan dari perusahaan tersebut.

Fungsi manajemen menurut Henry Fayol harus ditingkatkan dalam sebuah perusahaan atau organisasi sehingga produk tersebut memiliki kualitas yang baik. Dengan begitu banyak manfaat dan keuntungan yang akan diambil oleh perusahaan.

Untuk lebih rinci, berikut ini fungsi manajemen menurut Henry Fayol beserta pengertian dan prinsipnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (21/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Manajemen Menurut Henry Fayol dan Para Ahli Lainnya

Sebagai orang yang pertama kali memperkenalkan fungsi manajemen, Henry Fayol menyatakan bahwa pengertian manajemen adalah proses yang terdiri dari kegiatan untuk merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan sumber daya manusia (SDM) & mengandakan pengendalian dalam rangka untuk mencapai tujuan yang akan dicapainya. Selain itu, ada pendapat lain dari beberapa para ahli mengenai pengertian manajemen, diantaranya:

George R. Terry, 1997

Dikenal sebagai Bapak Ilmu Manajemen, George R. Terry dalam bukunya Principle of Manajemen menyebutkan pengertian manajemen. Manajemen adalah sebuah proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Dari definisi inilah yang kemudian dikenal dengan fungsi manajemen.

Oey Liang Lee

Pengertian dan arti manajemen menurut profesor Oey Liang Lee adalah ilmu dan seni untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasi serta mengawasi manusia dengan bantuan alat-alat sehingga dapat mencapai tujuan.

Mary Parker Foleot

Mary mendefinisikan manajemen sebagai sebuah seni untuk menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini bisa berarti tugas seorang manajer adalah mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Namun definisi ini bisa juga disalah artikan oleh beberapa orang yang mencari-cari kesalahan, karena ada orang lain yang membantu menyelesaikan pekerjaan.

Lawrence A. Aplley

Menurut Lawrence A. Appley, definisi manajemen adalah sebuah keahlian yang dimiliki oleh seseorang untuk menggerakkan orang lain agar mau menyelesaikan sesuatu.

3 dari 4 halaman

Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol

Berikut ini fungsi manajemen menurut Henry Fayol yang penting untuk diketahui, diantaranya:

1. Perencanaan atau Planning

Fungsi manajemen menurut Henry Fayol yang pertama adalah perencanaan atau planning. Perencanaan adalah proses untuk menentukan tujuan atau sasaran serta langkah-langkah strategis yang akan diambil untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Pengorganisasian atau Organizing

Fungsi manajemen menurut Henry Fayol yang selanjutnya adalah pengorganisasian atau organizing. Pengorganisasian mencakup proses pemberian perintah, pengalokasian sumber daya, dan pengaturan kegiatan terkoordinir untuk menerapkan rencana. Kegiatan yang terlibat dalam pengorganisasian meliputi tiga hal, yaitu:

a. Membagi komponen kegiatan untuk mencapai tujuan.

b. Membagi tugas kepada manajer dan bawahan.

c. Penetapan wewenang antara kelompok.

3. Pengarahan atau Comanding

Fungsi manajemen menurut Henry Fayol yang selanjutnya adalah pengarahan atau comanding. pengarahan adalah proses untuk memupuk motivasi pada karyawan agar bekerja lebih giat dalam mencapai tujuan. Proses ini juga berupaya membimbing karyawan dalam melangsungkan rencana.

4. Pengkoordinasian atau Coordinating

Fungsi manajemen menurut Henry Fayol yang selanjutnya adalah pengkoordinasian atau comanding. Pengoordinasian adalah salah satu fungsi manajemen yang dapat menjaga agar aktivitas sebuah organisasi tetap terus bersinergi dan juga dapat bekerja sama dengan baik. Tidak hanya itu, komunikasi pun uga sangat dibutuhkan dalam sebuah proses koordinasi antar lini di dalam organisasi, baik itu dalam komunikasi formal maupun informal. 

5. Pengendalian atau Controlling

Fungsi manajemen menurut Henry Fayol yang selanjutnya adalah pengendalian atau controlling. Fungsi manajemen ini bertujuan untuk melihat kesesuaian kegiatan organisasi dengan rencana yang sudah dirancang sebelumnya. Fungsi pengendalian mencakup empat kegiatan, yakni:

a. Menentukan standar prestasi.

b. Mengukur prestasi yang sudah dicapai.

c. Membandingkan prestasi yang sudah dicapai dengan standar prestasi.

d. Melakukan perbaikan jika ada penyimpangan standar prestasi.

4 dari 4 halaman

Prinsip-prinsip Manajemen Menurut Henry Fayol

Berikut adalah 14 prinsip manajemen menurut Henry Fayol, antara lain:

1. Devision of Work (Adanya spesialisasi dalam pekerjaan)

Dengan spesialisasi bisa meningkatkan efisiensi pelaksanaan kerja. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih banyak dan terbaik dengan usaha yang sama.

2. Authority and Responsibility

  1. Wewenang, adalah hak untuk memberi perintah dan kekuasaan untuk meminta dipatuhi. Wewenang dapat dikelompokkan menjadi 2 jenis, yaitu : 1). Wewenang personal (bersumber pada intelegensia, pengalaman nilai moral, kesanggupan untuk memimpin dsb). 2). Wewenang Offisial, adalah merupakan wewenang resmi yang diterima dari wewenang yang berada di level atasnya.
  2. Tanggungjawab, adalah tugas dan fungsi yang wajib untuk dilaksanakan, untuk ini dibutuhkan wewenang dari pihak di atasnya. Semuanya ini diperlukan sanksi supaya dapat dipatuhi oleh orang yang menerima.

3.  Dicipline

Adalah menjalankan apa yang telah menjadi kesepakatan bersama, prinsip manajemen disiplin ini sangat penting dalam tercapainya tujuan bersama yang akan dicapainya, sebab tanpa disiplin tidak akan mencapai kemajuan.

4. Unity of Command

Setiap bawahan hanya menerima perintah dari seorang atasan saja , hal ini supaya dapat menghilangkan terhadap kebingungan dan adanya saling lempar tanggungjawab.

5. Unity of Direction

Seluruh kegiatan yang terdapat dalam organisasi yang mempunyai tujuan sama, manajer harus melakukan pengarahan.

6. Subordination of Individual Interest to General Interest

Kepentingan bersama/ organisasi harus di atas kepentingan seseorang.

7. Renumeration

Gaji untuk para pegawai adalah harga servis atau layanan yang diberikannya. Kompensasi harus adil baik itu untuk karyawan maupun untuk pemilik

8. Centralization

Standarisasi dan sentralisasi adalah pembagian kekuasaan. Sentralisasi bisa digunakan pada organisasi yang kecil dan desentralisasi dipakai pada organisasi yang sudah besar. Digunakan desentralisasi bila mana peranan yang lebih besar diberikan pada bawahan. .

9. Scalar Chain (garis wewenang)

Jalan yang harus diikuti oleh semua komunikasi yang bermula dari dan kembali kekuasaan terakhir. Pada prinsipnya adalah supaya menjadi lebih mudah dalam komunikasi antar pegawai yang setingkat.

10. Order

Hendaknya setiap pegawai ditempatkan pada posisi yang tepat bagi mereka, yaitu didasarkan pada kemampuan, bakat dan juga minatnya.

11. Equity

Adanya persaman perlakuan dalam organisasi/perusahaan supaya dapat merangsang bagi pekerja untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik, sungguh-sungguh dan penuh kesetiaan.

12. Stability of Tonure of Personel

Seorang pegawai memerlukan penyesuaian di dalam pekerjaan yang barunya agar bisa mendapatkan hasil yang baik. Jika seseorang keseringan dilakukan mutasi dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain, maka akan menghambat dan membuat pekerja yang bersangkutan produktivitasnya kecil.

13. Initiative

Adanya pemberian kebebasan di dalam mengeluarkan pendapatnya, menjalankan dan menyelesaikan rencananya kepada bahwahan, meskipun nantinya terdapat kesalahan yang mungkin terjadi.

14. Esprit the Corps

Persatuan adalah keleluasaan, pelaksanaan operasi organisasi perlu memiliki kebanggaaan, keharmonisan dan juga kesetiaan dari para anggotanya yang terlihat dalam semangat korps.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini