Sukses

21 Cara Menurunkan Asam Urat yang Ampuh, Cepat Tanpa Obat

Cara menurunkan asam urat (gout) paling utama adalah menghindari penyebabnya.

Liputan6.com, Jakarta Cara menurunkan asam urat bisa di mulai dengan menghindari berbagai penyebabnya. Selain itu, cara menurunkan asam urat yang ampuh, bisa manfaatkan tanaman herbal dan rempah-rempah yang ada di sekitar rumah. Pilih bahan yang bisa membantu mengatasi peradangan dan melancarkan pembuangan asam urat dalam tubuh.

Gejala awal asam urat adalah penumpukan kristal monosodium urat. Penumpukan inilah yang nantinya akan menyebabkan peradangan sampai gangguan organ. Jangan anggap remeh masalah kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh. Mulai pahami cara menurunkan asam urat yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Lakukan pula pemeriksaan secara rutin dan terapkan kebiasaan sehat sebagai penunjangnya.

Seseorang yang menderita asam urat tinggi atau gout biasanya akan sering mengalami pembengkakan di sendi secara tiba-tiba. Persendian yang berisiko bengkak adalah ibu jari kaki, pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku. Berikut Liputan6.com ulas cara menurunkan asam urat yang ampuh tanpa obat dari berbagai sumber, Sabtu (19/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Menurunkan Asam Urat yang Ampuh

1. Akar Gobo

Akar gobo bisa dijadikan cara menurunkan asam urat yang ampuh. Akar inilah yang nantinya akan membantu tubuh membuang asam urat melalui urine. Jadi memang patut diandalkan dan aman.

Cara menurunkan asam urat yang ampuh dengan akar gobo ini disebut memiliki senyawa tanin, sterol, kuersetin, asam fenolik, dan luteolin.

Tidak hanya asam urat, akar ini bisa membantu membersihkan racun dalam darah dan mencegah peradangan. Akar gobo memiliki kandungan yang sangat melimpah dan kaya manfaat.

2. Air Lemon

Cara menurunkan asam urat yang ampuh bisa pakai air lemon. Selain enak dinikmati saat waktu senggang, khasiatnya baik untuk mencegah peradangan sendi asam urat. Lemon mengandung asam sitrat yang mampu mengusir asam urat di tubuh.

Lemon adalah buah penyedia vitamin C yang tinggi, air lemon bisa membantu meredakan sakit akibat asam urat. Obat asam urat alami ini pun memiliki kandungan kalium. Kalium dapat menjaga fungsi ginjal dan membantu menjaga kadar pH darah dan urin sedikit basa.

Keseimbangan fungsi ginjal dan kadar pH dapat membantu mencegah pembentukan kristal asam urat. Paling tidak, konsumsi air lemon dua kali dalam sehari. cara menurunkan asam urat dengan lemon, peras setengah buah lemon dan campur dengan air hangat. Kemudian minumlah di pagi hari.

3. Makanan Berserat

Cara menurunkan asam urat yang ampuh bisa dengan memenuhi kebutuhan serat. Serat akan membantu tubuh membuang asam urat. Konsumsi setidaknya 5 hingga 10 gram serat larut sehari untuk mengatasi asam urat. Serat larut bisa ditemukan pada oat, sayuran, dan buah.

4. Air Putih

Obat asam urat alami yang paling mudah ditemukan dan sangat aman adalah air putih. Cukupi konsumsi air putih setiap hari agar masalah asam urat bisa dihindari. Air putih bisa membantu ginjal mengeliminasi asam urat dari tubuh lebih cepat.

Cara menurunkan asam urat yang ampuh ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi air putih minimal delapan gelas per hari. Selain melancarkan pembuangan asam urat yang menumpuk di dalam tubuh, memperbanyak konsumsi air putih bisa membuang zat yang tidak terpakai dalam tubuh.

5. Jahe

Rempah yang bisa digunakan sebagai cara menurunkan asam urat adalah jahe. Jahe dapat berperan sebagai zat anti peradangan yang bisa mencegah terjadinya pembentukan kristal dan meredakan gejala asam urat.

Obat asam urat alami seperti jahe mengandung berbagai senyawa antiinflamasi. Konsumsilah air rebusan jahe setiap pagi untuk mengobati asam urat secara alami. Jahe juga bersifat analgesik.

Cobalah cara menurunkan asam urat dengan merebus jahe dan rendam waslap dalam air rebusan jahe tersebut. Setelah itu tempelkan pada daerah yang sakit selama 15-30 menit. Lakukan pengobatan ini setidaknya sehari sekali.

3 dari 6 halaman

Cara Menurunkan Asam Urat yang Ampuh

6. Kopi

Mengonsumsi kopi bagi sebagian orang adalah bagian dari kebutuhan untuk mencegah kantuk dan stres. Siapa yang menyangka bila kopi bisa dijadikan sebagai cara menurunkan asam urat.

Menurut Meta Analisis Tahun 2016, menunjukkan bahwa bagi mereka yang minum lebih banyak kopi hitam atau kopi susu sangat kecil kemungkinan terkena penyakit asam urat.

Walaupun banyak sekali hasil penelitian oleh meta analisis dan lainnya yang menunjukkan hubungan antara kopi lebih banyak dan risiko terkena encok lebih rendah, tidak menutup kemungkinan bahwa kopi bisa mengurangi risiko terkena asam urat.

7. Daun Sirih Cina

Cara menurunkan asam urat yang ampuh bisa dengan daun sirih cina. Tanaman ini sudah banyak dijumpai di pekarangan rumah. Daun sirih kaya akan oksalat, tanin, alkaloid, lemak, dan minyak atsiri. Kandungan ini sangat baik untuk membantu mengobati peradangan akibat asam urat.

Ada pula kandungan antioksidan tannin yang dapat membantu merespon tubuh membekukan darah dan menyembuhkan luka. Tidak heran jika banyak yang menjadikan daun sirih untuk mengobati luka bakar dan menghentikan mimisan. Untuk meredakan asam urat, mulailah untuk merebusnya terlebih dahulu dan meminum air rebusannya.

8. Daun Kelor

Daun kelor pun bisa dipakai sebagai cara menurunkan asam urat yang ampuh. Sudah banyak obat asam urat terbaik yang terbuat dari bahan utama ekstrak moringa atau tanaman daun kelor.

Seduhan jamu tetes daun kelor bermanfaat untuk perbaikan, mengurangi kadar asam urat yang berlebih. Obat asam urat alami ini pun dapat menyembuhkan total segala macam penyakit asam urat pada tubuh.

9. Daun Sirsak

Cara menurunkan asam urat bisa dengan daun sirsak. Selain buahnya, ternyata daun sirsak memiliki khasiat yang luar biasa juga. Daun sirsak disebut sebagai tanaman obat yang bisa mengobati asam urat.

Terdapat kandungan annocatalin, asam linoleat, vitamin A, dan vitamin C yang dapat diandalkan untuk obat asam urat alami. Cobalah merebus beberapa lembar daun sirsak yang sudah dipotong-potong. Kemudian konsumsilah air rebusannya daun buah sirsak secara rutin.

4 dari 6 halaman

Cara Menurunkan Asam Urat yang Ampuh

10. Buah Ceri

Cara menurunkan asam urat yang ampuh bisa dengan buah ceri. Buah merah kecil ini memiliki warna merah dan rasa lezat. Sifat anti inflamasi yang ada di dalam ceri dapat digunakan untuk mengobati asam urat dan dibuktikan oleh banyak penelitian.

Ceri mengandung allopurinol yang bertanggung jawab untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Makan sekitar 15-20 obat asam urat alami seperti buah ceri setiap hari atau minum segelas jus ceri dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan.

11. Kunyit

Kunyit cocok digunakan sebagai cara menurunkan asam urat yang ampuh. Rempah berwarna orange ini memiliki kandungan kurkumin yang sangat tinggi.  Selain mengobati asam urat, kunyit bisa mengatasi gangguan pencernaan, penyakit hati, penyakit kulit, risiko penyakit jantung, dan stroke.

Kunyit disebut sebagai rempah yang sangat efektif untuk mengobati asam urat karena kemampuannya melindungi fungsi saraf dan peradangan. Obat asam urat alami ini memiliki kandungan zat anti-inflamasi di dalamnya. Batasi konsumsinya karena dapat memicu kenaikan asam lambung.

12. Kumis Kucing

Kumis kucing merupakan tanaman herbal yang bisa dipakai sebagai cara menurunkan asam urat yang ampuh. Tanaman kumis kucing disebut sebagai tanaman herbal yang banyak khasiatnya. Zat anti radang yang dikandungnya dapat membantu mengendalikan rematik dan asam urat.

Nah, untuk mulai melakukan pengobatan asam urat dengan kumis kucing, mudah sekali. Mulailah cara menurunkan asam urat dengan merebusnya. Cukup sediakan sekitar 10 gram kumis kucing. Kemudian rebus dan konsumsilah air rebusan ini setiap hari secara rutin.

13. Istirahatkan Sendi

Cara menurunkan asam urat adalah mulai istirahatkan sendi. Serangan asam urat bisa meningkat ketika gerakan dan mobilitas tinggi. Untuk menghindari gejala yang memburuk, rileks dan istirahatkan sendi.

Pastikan untuk mulai menghindari berolahraga berlebihan, menahan beban berat, dan menggunakan sendi secara berlebihan. Jika asam urat terjadi di kaki atau lutut, coba untuk mengangkatnya. Ini mendorong darah dan cairan bergerak menjauh dari sendi dan kembali ke jantung.

5 dari 6 halaman

Cara Menurunkan Asam Urat yang Ampuh

14. Hindari Stres

Menghindari stres adalah cara menurunkan asam urat yang sebenarnya mudah dilakukan. Kualitas tidur yang buruk dan kurang olahraga bisa menyebabkan peradangan yang mampu meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Maka dari itu jadikan menghindari stres sebagai obat asam urat alami. Hindari stres dengan melakukan kegiatan yang positif dan menyenangkan. Lakukan olahraga rutin setidaknya selama 30 menit setiap harinya.

Hal ini dikarenakan olahraga dapat melatih sendi, sehingga bisa mencegah timbulnya rasa nyeri sendi akibat asam urat. Konsumsi juga makanan sehat dan bergizi sebagai penunjangnya.

15. Biji Seledri

Biji seledri dan daun seledri memiliki sifat diuretik alami. Biji ini bisa dipakai sebagai cara menurunkan asam urat yang ampuh. Sebagai diurektik yang kuat, biji seledri membantu membersihkan sistem kelebihan cairan dengan merangsang ginjal untuk membuang asam urat.

16. Mengontrol Berat Badan

Mengobati asam urat tidak cukup hanya dengan mengonsumsi rabuan herbal. Cara menurunkan asam urat yang ampuh adalah bisa dengan mengontrol berat badan yang ideal.

Pasalnya obesitas atau kelebihan berat badan merupakan salah satu penyebab kadar asam urat tinggi. Agar bisa mengontrolnya, mulai terapkan diet sehat agar bisa terhindar dari masalah asam urat.

Pilihlah karbohidrat kompleks untuk diet sehat yang akan dijalani. Mulai dari buah-buahan, sayur-sayuran, dan gandum utuh serta hindari makanan dan minuman manis. Kurangi asupan lemak jenuh dalam daging merah, unggas berlemak, dan produk susu tinggi lemak.

17. Kompres Es

Mengompres sendi yang meradang dengan es yang tertutup kain dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh asam urat. Cara menurunkan asam urat, kompreskan es yang dibungkus dengan handuk tipis selama 10-15 menit sekaligus untuk membantu meredakan rasa sakit.

6 dari 6 halaman

Cara Menurunkan Asam Urat yang Ampuh

18. Bawang Putih

Bawang putih dikenal manfaatnya membantu melawan peradangan. Bawang putih diyakini dapat dijadikan cara menurunkan asam urat yang ampuh. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi manfaat bawang putih untuk cara alami mengobati asam urat.

19. Hindari Gula Berlebih

Gula berlebih bisa menjadi pemicu timbulnya asam urat. Ini mengapa cara menurunkan asam urat yang ampuh adalah menghindari gula berlebihan. Gula, khususnya gula olahan dapat dengan mudah dipecah dalam tubuh. Penyerapan gula olahan yang lebih cepat meningkatkan kadar gula darah dan juga menyebabkan jumlah asam urat yang lebih tinggi.

20. Hindari Makanan Mengandung Purin

Cara menurunkan asam urat yang ampuh adalah mulai menghindari makanan pemicu asam urat. Pemicu utama asam urat adalah tingginya purin dalam tubuh. Makanan kaya purin termasuk beberapa jenis daging, makanan laut, dan beberapa sayuran seperti bayam dan kedelai.

Saat tubuh memecah purin, ia menghasilkan asam urat. Proses metabolisme makanan yang kaya purin dapat menyebabkan asam urat dengan menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat.

21. Teh Hijau

Teh hijau sangat kaya akan antioksidan yang bisa mencegah dan mengatasi peradangan. Sama seperti kopi, teh hijau mengandung kafein yang memiliki sifat penurun asam urat. Cara menurunkan asam urat dengan teh hijau sangat mudah dan aman dilakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini