Sukses

11 Kuliner Khas Lombok yang Terkenal Lezat, Kaya Rempah

Kuliner khas Lombok dikenal dengan rasa rempah-rempah yang dapat menggoyang lidah.

Liputan6.com, Jakarta Kuliner khas Lombok merupakan salah satu makanan yang cukup terkenal di Indonesia. Tidak hanya populer dengan berbagai kekayaan wisata alam yang dimilikinya, Lombok juga menawarkan wisata kuliner yang menggugah selera.

Tidak lengkap rasanya jalan-jalan ke Lombok jika kamu belum mencicipi kulinernya. Berbagai makanan khas Lombok yang sudah terkenal seperti ayam taliwang, plecing kangkung, nasi balap puyung, hingga sate rembiga tentunya akan lebih enak jika dinikmati di tempat asalnya. 

Kuliner khas Lombok dikenal dengan rasa rempah-rempah yang dapat menggoyang lidah. Racikan bumbunya mampu membuat para wisatawan ketagihan. Sembari menikmati wisata alam yang menakjubkan, kamu juga akan puas dengan kenikmatan kuliner yang memuaskan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (25/9/2020) tentang kuliner khas Lombok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kuliner Khas Lombok

Ayam TaliwangKuliner khas Lombok yang pertama tentunya adalah Ayam Taliwang. Nama Ayam Taliwang tentunya tidak asing lagi bagi orang Indonesia. Ayam ini dinamai dari nama Karang Taliwang di Mataram, ibukota Lombok.

Daging ayam dibakar dengan bumbu cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah, dan garam. Ayam Taliwang secara fisik tampak mirip dengan ayam bakar atau goreng biasa, dengan paduan sambal. Makanan ini biasanya disajikan bersama kuliner khas Lombok lainnya, seperti plecing kangkung.

Nasi Balap PuyungNasi Balap Puyung merupakan salah satu kuliner khas Lombok yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Lombok. Nasi Puyung berasal dari Kabupaten Lombok Tengah, tepatnya di Desa Puyung.

Nasi Balap Puyung berisi nasi putih, ayam suwar-suwir, sayur kacang panjang, kentang kriuk, abon sapi, dan satu potong ayam goreng kampung. Selain bisa disajikan dengan cepat, ciri khas Nasi Balap Puyung juga terletak pada rasa bumbu khas yang ada pada ayam suwirnya.

3 dari 6 halaman

Kuliner Khas Lombok

Plecing Kangkung

Plecing kangkung adalah kuliner khas Lombok yang cukup terkenal. Plecing kangkung terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar dengan sambal tomat, yang dibuat dari cabai rawit, garam, terasi dan tomat, dan kadang diberi tetesan jeruk limau.

Sebagai pendamping Ayam taliwang, plecing kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti taoge, kacang panjang, kacang tanah goreng, ataupun urap.

Kangkung yang digunakan untuk masakan ini juga sangat khas, tidak seperti tanaman kangkung sayur yang sering ditemui di Pulau Jawa, Kangkung yang digunakan pada plecing kangkung merupakan jenis kangkung air yang biasanya ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu. Kangkung ini menghasilkan kangkung dengan batangan besar yang renyah.

Sayur Ares

Sayur ares merupakan salah satu kuliner khas Lombok yang selalu ada pada tiap jamuan makan. Ares merupakan sebutan dari pelepah pisang yang masih muda. Pelepah pisang ini kemudian diolah bersama kuah yang terbuat dari santan, menjadikannya makanan khas Lombok yang begitu digemari.

Sayur ares memiliki cita rasa gurih dari paduan santan dan rempah seperti ketumbar, bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, kunyit, lengkuas, dan jintan. Ares juga biasanya dapat ditambahkan daging untuk menambah kelezatannya.

4 dari 6 halaman

Kuliner Khas Lombok

Bebalung

Bebalung merupakan kuliner khas Lombok yang terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang dicampur dengan racikan bumbu. Bumbu tersebut terdiri dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan kunyit ditambah jahe agar rasa pedas cabenya memiliki ciri khas tersendiri.

Penyajian bebalung biasanya ditaruh pada mangkok dan dilengkapi dengan taburan bawang goreng. Bebalung merupakan menu wajib yang selalu dihidangkan pada setiap hajatan masyarakat Lombok selain Ares.

Beberuk Terong

Beberuk terong adalah dibuat dari lalapan terong dan kacang panjang dengan sambal tomat yang pedas. Bahan untuk membuatnya antara lain terong, bawang merah, tomat, cabe rawit, garam, gula pasir, minyak, dan air.

Kuliner khas Lombok ini juga biasa menjadi teman hidangan ayam taliwang dan plecing kangkung. Rasanya merupakan perpaduan antara pedas, manis, asam yang begitu segar di lidah.

5 dari 6 halaman

Kuliner Khas Lombok

Kelaq Lebui

Kelaq lebui merupakan sayur yang berbahan dasar kedelai hitam dan ditambah dengan kuah asam yang dapat menambah kenikmatan ketika dicicipi. Kuliner khas Lombok satu ini memadukan rasa pedas dan asam. Tentunya sangat disayangkan apabila berkunjung ke Lombok, kamu tidak mecicipi makanan satu ini.

Dodol Rumput Laut

Dodol rumput laut biasa dijadikan sebagai oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Seperti namanya, dodol rumput laut terbuat dari rumput laut yang sehat. Untuk kamu yang berkunjung ke Lombok, jangan lupa mampir untuk membeli kuliner khas Lombok satu ini.

6 dari 6 halaman

Kuliner Khas Lombok

Sate Bulayak

Sate bulayak adalah kuliner khas Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang terbuat dari daging sapi berlumur bumbu khas Lombok dan disajikan bersama lontong (bulayak). Bumbu sate tersebut terbuat dari kacang tanah sangrai tumbuk yang direbus bersama santan serta beberapa bumbu dapur lainnya sehingga rasanya mirip bumbu kari.

Lontong satai Bulayak dibungkus dengan menggunakan daun aren dengan bentuk spiral. Cara membukanya pun unik karena harus mengikuti ulir daun arennya.

Sate Tanjung

Sate tanjung merupakan kuliner khas Lombok yang cukup unik. Jika biasanya sate terbuat dari daging sapi, kambing, atau ayam, sate tanjung terbuat dari ikan cakalang. Sate Tanjung banyak ditemui di pasar tanjung, Lombok.

Sate Tanjung biasanya dinikmati selagi masih panas dan didampingi dengan lontong atau nasi. Sate tanjung memiliki citarasa gurih dari rempah-rempah khas Lombok.

Sate Rembige

Sate rembige merupakan salah satu kuliner khas Lombok yang terkenal. Sate rembige terbuat dari daging sapi yang dipadukan dengan bumbu-bumbu sedap yang dapat membuat lidah pengunjung bergoyang. Nama Rembige sebenarnya merupakan salah satu nama daerah di Rembige. Namun, orang-orang yang berkunjung biasa menyebutnya sate rembige.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini