Sukses

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Bahan Alami, Ampuh Banget

Sulit dihilangkan, begini cara mudah dan ampuh menghilangkan bopeng bekas jerawat.

Liputan6.com, Jakarta Bagi orang yang mengalami kondisi berjerawat sangat parah, pasti akan memiliki ketakutan munculnya bekas jerawat seperti bopeng. Pasalnya, bopeng bekas jerawat disebut bisa merusak penampilan. Bopeng bekas jerawat kerap muncul karena beberapa kebiasaan buruk yang telah kamu lakukan saat jerawat sedang meradang.

Bopeng adalah kondisi dimana wajah menjadi lubang-lubang atau lekuk-lekuk. Munculnya bopeng diakibatkan oleh kebiasaan memencet jerawat atau menggaruk dengan tangan sehingga jerawat pecah. Hal inilah yang menyebabkan kelenjar minyak yang ada di kulit lapisan dalam pecah dan menimbulkan luka yang biasa disebut dengan jaringan parut.

Jaringan parut ini menarik kulit lapisan atas sehingga menimbulkan bekas cekung seperti berlubang. Inilah yang menyebabkan wajah menjadi bopeng. Bopeng sangat mengganggu bagi orang yang mengalaminya dan membuatnya menjadi tidak percaya diri. Namun kondisi ini sangat sulit untuk dihilangkan, perlu cara khusus dan pertolongan khusus untuk bisa menghilangkannya. Maka bagi kamu yang sedang mengalaminya, kerap mencari cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang ampuh.

Berikut ini Liputan6.com, Rabu (19/6/2019) rangkum dari berbagai sumber beberapa cara menghilangkan bopeng bekas jerawat baik secara alami maupun dengan dibantu tindakan medis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab Munculnya Bopeng Bekas Jerawat

Munculnya bopeng diakibatkan oleh kebiasaan memencet jerawat atau menggaruk dengan tangan sehingga jerawat pecah. Hal inilah yang menyebabkan kelenjar minyak yang ada di kulit lapisan dalam pecah dan menimbulkan luka yang biasa disebut dengan jaringan parut.

Jaringan parut ini menarik kulit lapisan atas sehingga menimbulkan bekas cekung seperti berlubang. Inilah yang menyebabkan wajah menjadi bopeng. Bopeng juga disebut sebagai bekas luka atrofi. Jenis luka ini hanya memiliki sedikit kandungan kolagen sehingga membuat proses penyembuhannya menjadi lama. Bekas luka tumbuh menutupi luka, tapi jumlah jaringan diproduksi tersebut tidak cukup memadai untuk menutupi area yang rusak. Akibatnya, bekas luka cenderung tampak kempis atau cekung. Bekas luka atrofi umumnya timbul akibat jerawat atau cacar air. Pada beberapa orang, bekas luka atrofi juga dipengaruhi oleh faktor genetik.

Hal lain yang dapat meningkatkan risiko terjadinya bopeng pada wajah adalah beberapa tindakan tanpa pengawasan dokter, seperti memecahkan jerawat dengan tangan yang kotor, atau melakukan perawatan seperti suntik jerawat yang bukan dilakukan oleh profesional.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

Jeruk Nipis dan Madu

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang pertama adalah dengan menggunakan jeruk nipis dan madu. Kedua bahan alami ini dipercaya untuk menghilangkan bopeng dan bekas jerawat lainnya.

Cara membuat ramuan ini adalah cukup gunakan satu sendok makan madu, kemudian ambil satu sendok perasan air jeruk nipis. Campurkan kedua bahan tersebut dan oleskan ke seluruh wajah yang terdapat bopeng. Diamkan sekitar 20-30 menit dan bilas dengan air bersih.

Tomat dan Mentimun

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan bahan alami selanjutnya adalah dengan menggunakan tomat dan mentimun. Kedua bahan ini dipercaya sangat baik untuk mengatasi masalah pada kulit. Mengonsumsinya secara teratur pun dipercaya dapat menjadikan kulit menjadi lebih halus. Begitu juga untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat.

Nah, untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan kamu bisa menggunakan tomat dan mentimun. Caranya, haluskan kedua bahan ini secara bersamaan kemudian oleskan racikan tersebut secara merata pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas masker ini dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, lakukan cara ini secara rutin tiga kali seminggu.

Lidah Buaya

Tidak ada yang menyangkal soal khasiat dari lidah buaya ini. Dikenal untuk mengatasi masalah rambut, ternyata lidah buaya juga bisa membantu kamu untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat di wajah.

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengupas kulit lidah buaya dan oleskan cairannya ke bagian bopeng. Diamkan selama kurang lebih 30-50 menit hingga mengering. Setelah itu bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, bisa membilasnya dengan air hangat dan lakukan cara ini secara rutin.

4 dari 5 halaman

Cara Mencegah Wajah Bopeng Bekas Jerawat

Bila memang kondisi wajah kamu mudah mengalami jerawat, ada beberapa hal yang perlu kamu hindari agar kondisi tersebut tidak meninggalkan jejak yang buruk di wajah. Kamu perlu melakukan beberapa cara ini untuk mencegah bopeng yang dikarenakan oleh jerawat.

Jangan Menyentuh Jerawat

Ketika wajah sedang berjerawat, jangan biarkan jari-jari atau tangan kamu untuk menyentuh jerawat. Tangan kamu yang belum pasti bersih akan membuat kondisi jerawat kamu semakin parah. Pastikan untuk selalu membersihkan tangan dan jangan secara sengaja untuk menyentuh jerawat yang sedang meradang.

Menjaga Kebersihan Jerawat

Kamu harus ekstra memperhatikan kondisi jerawat kamu, terlebih ketika jerawat sedang pecah. Kamu bisa melakukannya dengan meneteskan toner pada kapas, lalu menempelkannya pada bagian wajah yang berjerawat yang pecah tersebut. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya penyebaran bakteri.

Jangan Menggosok Terlalu Kuat Saat Memberishkan Wajah

Ketika wajah sedang mengalami jerawat, pastikan untuk selalu berhati-hati dalam memperlakukannya. Jerawat sangat sensitif. Jadi, bila kamu ingin membersihkan wajah, pastikan jangan terlalu keras atau kuat untuk menggosoknya. Hal ini bisa mengakibatkan jerawat pecah dan terjadi peradangan, infeksi, atau justru timbulnya jerawat baru.

Hindari Produk Kosmetik

Ketika mengalami jerawat pada wajah, ada beberapa produk kosmetik yang tidak boleh kamu gunakan. Beberapa produk kosmetik yang tidak boleh digunakan selama wajah berjerawat adalah alas bedak atau concealer pada area kulit yang memiliki luka atau jerawat yang baru pecah.

Jika hal ini dilakukan, akan berisiko bakteri masuk ke kulit, berkembang biak, dan terjebak oleh kosmetik yang dipakai sehingga menimbulkan sumbatan dan peradangan.

Minta Pertolongan di Klinik Kecantikan

Jika kondisi jerawat kamu sudah sangat parah dan kamu merasa butuh bantuan untuk menghilangkan jerawat, pastikan untuk pergi ke klinik kecantikan atau berkonsultasi dengan dokter kulit yang kompeten dan terpercaya.

 

 

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Bantuan Medis

Selain dengan bahan alami, ada cara menghilangkan bopeng bekas jerawat lainnya. Yakni dengan bantuan tenaga medis. Berikut ini beberapa caranya:

Mikrodermabrasi

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat ini merupakan versi mikro dari dermabrasi. Penggunaan Kristal aluminium oksida kecil untuk mengangkat sel kulit mati. Target pengelupasan kulit adalah kulit lapisan luar atau epidermis. Tindakan ini cukup populer dan relatif aman digunakan untuk mengatasi gangguan kulit seperti pori-pori yang besar, mengurangi kerutan, mengangkat sel kulit mati, flek, dan tentu saja mengurangi dan menghilangkan bopeng.

Chemical Peeling

Hampir sama dengan teknik sebelumnya yaitu mikrodermabrasi, chemical peeling merupakan teknik menggunakan cairan asam untuk mengangkat sel kulit mati. Target pengelupasannya juga di lapisan kulit luar. Selain dapat membuat kulit tampak lebih muda dan mengurangi kerutan pada wajah, chemical peeling juga dapat membantu menghilangkan bercak kehitaman akibat paparan sinar matahari dan bekas jerawat seperti bopeng.

Skin Needling

Dermaroller atau skin needling merupakan sebuah alat berupa penggulung kecil dengan ratusan jarum kecil yang menempel. Cara kerjanya yaitu dengan merusak jaringan kulit mati agar segera terbentuk kulit yang baru dengan menjalankan roller di atas kulit.

Ukuran jarum yang digunakan tergantung kedalaman bekas luka yang ada pada wajah. Semakin dalam bopeng, maka semakin panjang pula jarum yang akan digunakan agar hasilnya maksimal. Perawatan ini cukup populer karena lebih murah dari dua perawatan yang disebutkan sebelumnya.

Nah, itu tadi ragam cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhanmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.