Sukses

HDC adalah Singkatan dari Handphone Copy Draw, Kenali Perbedaannya dengan Original

HDC adalah singkatan dari Handphone Copy Draw, yang dikenal juga dengan handphone replika atau tiruan.

Liputan6.com, Jakarta HDC adalah istilah yang berkaitan denga  dunia gadget atau lebih spesifik lagi, smartphone. Mungkin kamu sudah tidak jarang mendengar istilah smartphone atau handphone HDC atau iPhone HDC beredar di pasaran.

Istilah ini berkaitan dengan maraknya beredar handphone atau smartphone replika. Apalagi, smartphone replika ini tingkat kemiripannya tidak main-main, karena kamu bisa tidak mengenali sama sekali perbedaannya dengan yang original.

HDC adalah singkatan dari Handphone Copy Draw, yang dikenal juga dengan handphone replika atau tiruan. Oleh karena itu, kamu harus mengenali ciri-cirinya serta perbedaannya dengan smartphone original agar tidak merugi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (16/11/2021) tentang HDC adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

HDC adalah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, HDC adalah singkatan dari Handphone Copy Draw. HDC adalah handphone replika atau handphone kw. HDC adalah handphone tiruan yang bentuknya benar-benar sama persis dengan asli, sehingga akan sulit melihat perbedaannya. HDC adalah smartphone kw yang peredarannya sudah semakin merajalela.

Smartphone yang sering kali beredar versi HDC-nya adalah smartphone kelas atas yang harganya mahal, seperti iPhone ataupun Samsung seri Galaxy. Handphone HDC adalah gadget yang bukan produk resmi dari Apple maupun Samsung.

Dengan tampilan fisik dan fungsi yang menyerupai versi aslinya, handphone HDC sangat diminati karena harganya jauh lebih rendah di bawah versi asli. Bila dilihat dan digunakan secara sepintas, hampir tidak ada hal yang terasa berbeda antara handphone HDC dengan handphone original.

Walaupun, handphone HDC memiliki bentuk fisik yang persis menyerupai iPhone atau smartphone asli, namun memiliki banyak perbedaan baik dari segi kamera, fitur, hingga software yang digunakan. Sebenarnya ada perbedaan mencolok dari segi fisik yang dapat ditemukan pengguna. Akan tetapi yang menjadi masalah adalah, semakin hari smartphone HDC hadir dengan tampilan yang semakin mirip dengan aslinya. Hal ini mempersulit pengguna untuk membedakan mana yang asli dan mana yang palsu.

3 dari 4 halaman

Perbedaan iPhone HDC dengan Original

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, smartphone yang sering kali dibuat versi HDC-nya adalah iPhone. Hal ini disebabkan karena iPhone merupakan produk yang selalu laris di pasaran meskipun harganya cukup mahal. iPhone HDC pun hadir dengan harga yang lebih murah, namun tentunya dengan kualitas yang jauh dibandingkan dengan yang asli.

Cara melihat perbedaan iPhone asli dengan HDC adalah sebagai berikut:

Perhatikan App Store

Cara pertama adalah dengan memperhatikan App Store. iPhone asli tentunya akan menggunakan layanan App Store untuk distribusi digital atau toko aplikasi yang ada di dalam handphone. Sementara itu, iPhone HDC biasanya menggunakan layanan Android yaitu Google Play Store yang diubah sedemikian rupa agar mirip dengan App Store.

Perhatikan Sistem Operasi

Cara selanjutnya adalah memperhatikan sistem operasinya. Jika biasanya iPhone asli menggunakan sistem operasi iOS, ponsel HDC bisa saja menggunakan sistem operasi Android yang juga diubah mirip dengan iPhone yang aslinya.

Perhatikan iTunes

iTunes menjadi salah satu poin penting yang membedakan iPhone HDC dengan asli. Hal ini disebabkan karena biasanya ponsel HDC tidak bisa terhubung dengan perangkat lain menggunakan iTunes.

Fitur Screenshot

Screenshot merupakan fitur yang cukup penting dalam smartphone, karena berfungsi untuk menangkap gambar atau sesuatu yang ingin kamu simpan di galeri. Pada iPhone HDC, pengguna tidak akan bisa melakukan screenshot seperti yang ada pada handphone asli, karena tombol fitur ini tidak akan berfungsi.

4 dari 4 halaman

Perbedaan iPhone HDC dengan Original

Kamera

Kecanggihan kamera iPhone yang sudah tidak diragukan lagi dengan berbagai keunggulannya tidak akan muncul di dalam iPhone HDC. Pasalnya, iPhone HDC kerap kali memakai hardware yang tidak jelas asal-usulnya, jadi sudah pasti kualitas kamera ponsel ini akan berbeda dengan aslinya. Berbagai fitur pendukung lainnya juga tidak lengkap dan tidak akan berfungsi sama sekali. Biasanya ponsel HDC akan memiliki kualitas kamera yang kurang baik dan buram.

Harga

Salah satu perbedaan mencolok iPhone asli dengan HDC adalah pada harganya. Tidak perlu merogok kocek yang dalam, kamu sudah bisa mendapatkan iPhone dengan tampilan yang sama persis. Namun, tentunya kamu akan mengalami kerugian dengan berbagai kekurangan yang ada pada HDC ini. Tidak jarang harga handphone HDC ini sangat jauh berbeda dengan harga aslinya.

Material Bodi yang Digunakan

Material yang biasanya digunakan dalam iPhone asli adalah alumunium, iron, lithium, copper, dan gold yang kokoh dan elegan. Namun, pada barang tiruan seperti iPhone HDC biasanya bodi ponsel terbuat dari material plastik yang ringan dan tipis. Jika material yang dibuat sama, maka kamu harus menyelidiki lebih lanjut detail bodi yang terdapat dalam ponsel HDC, karena biasanya ukuran dan detail yang dibuat kurang presisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.