Sukses

Advertising adalah Periklanan, Ketahui Jenis dan Fungsinya

Iklan selalu hadir, meskipun orang mungkin tidak menyadarinya.

Liputan6.com, Jakarta Advertising adalah salah satu jenis promosi yang efektif. Advertising atau periklanan merupakan salah satu bentuk bauran pemasaran yang penting untuk memperkenalkan sebuah produk, jasa, atau ide. Advertising adalah promosi yang selalu hadir, meskipun orang mungkin tidak menyadarinya.

Saat ini, advertising menggunakan segala macam bentuk media untuk menyampaikan pesannya. Advertising adalah promosi umum yang sering ditemui di televisi, radio, pers, internet, dan di mana saja. Advertising adalah industri yang bisa terus dinamis untuk eksis.

Advertising adalah jenis pemasaran yang berbeda dari lainnya, karena ia berbayar. Ini menjadikan pembuat iklan memiliki kendali penuh atas konten dan pesan. Itu sebabnya, advertising adalah metode yang dijamin untuk menjangkau audiens.

Tujuan advertising adalah untuk menarik pelanggan baru dan menjangkau mereka dengan kampanye iklan yang efektif. Berikut pengertian advertising, jenis, dan fungsinya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(7/09/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa itu advertising?

Advertising adalah sebuah sarana komunikasi berupa pesan atau informasi yang dibayar oleh mereka yang mengirimnya dan dimaksudkan untuk menginformasikan atau memengaruhi orang yang menerimanya. Iklan artinya pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.

Menurut Ensiklopedia Britannica, advertising adalah teknik dan praktik yang digunakan untuk membawa produk, layanan, opini, atau sebab ke perhatian publik dengan tujuan untuk meyakinkan publik agar merespon dengan cara tertentu terhadap apa yang diiklankan. Di banyak negara, periklanan merupakan sumber pendapatan terpenting bagi media.

3 dari 6 halaman

Pengertian advertising menurut ahli

Tjiptono

Advertising adalah bentuk komunikasi tidak langsung, yang didasari pada informasi tentang keungulan, atau keunggulan suatu produk, yang disusun sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa menyenangkan yang akan mengubah pikiran seseorang untuk melakukan pembelian.

Djaslim Saladin

Advertising adalah salah satu alat promosi, biasanya digunakan untuk mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli sasaran dan masyarakat dimana bentuk penyajian iklan ini bersifat non-personal.

Jefkins

Periklanan merupakan pesan-pesan penjualan yang paling persuasif yang diarahkan kepada calon pembeli yang paling potensial atas produk barang atau jasa tertentu dengan biaya yang semurah-murahnya.

Kotler

Advertising adalah segala bentuk presentasi non-pribadi dan promosi gagasan, barang, atau jasa oleh sponsor tertentu yang harus dibayar.

Wright

Iklan merupakan sebentuk penyampaian pesan sebagaimana kegiatan komunikasi lainnya. Secara lengkap, ia menuliskan bahwa iklan merupakan suatu proses komunikasi yang mempunyai kekuatan sangat penting sebagai alat pemasaran yang membantu menjual barang, memberikan layanan, serta gagasan atau ide-ide melalui saluran tertentu dalam bentuk informasi yang persuasif.

4 dari 6 halaman

Jenis-jenis iklan

Iklan cetak

Iklan cetak adalah advertising yang ada pada media cetak seperti majalah, surat kabar, poster, atau selebaran. Hingga kini iklan cetak masih jadi cara yang efektif untuk memperkenalkan sebuah produk atau jasa.

Baliho

Baliho banyak ditemukan menjulang tinggi di kota-kota di seluruh dunia. Baliho atau papan reklame dapat menjadi advertising produk statis atau bergerak untuk hampir semua hal.

Iklan Televisi

Di televisi, advertising adalah cara paling populer untuk menampilkan produk kepada orang-orang selama lebih dari 50 tahun. Daya tariknya hanya sedikit menurun sejak pemasaran digital dan seluler mulai populer. Namun, jenis iklan ini masih tetap efektif sebagai media promosi.

Iklan Radio

Iklan radio, meskipun hanya audio, tanpa gambar untuk dipasangkan, masih sangat efektif. Ada dua audiens yang berbeda: audiens yang lebih tua dan mereka yang mendengarkan radio selama perjalanan kerja mereka. Membuat advertising yang pendek dan langsung ke intinya akan membuat pendengar tetap tertarik.

5 dari 6 halaman

Jenis-jenis iklan

Iklan Media Sosial

Platform Media Sosial semakin populer dan menjadi media periklanan yang sangat efektif saat ini. Menempatkan iklan promosi di situs yang disukai ini sangat bagus karena Anda dapat menargetkan demografi lebih dekat daripada sebelumnya. Dengan iklan media sosial, advertising adalah alat yang bisa memilih kelompok usia, minat, lokasi, dan banyak lagi hanya dengan beberapa klik.

Iklan Penelusuran dan Tampilan

Iklan melalui mesin pencari juga menjadi jenis advertising yang sangat efektif pada masa saat ini. Jenis iklan ini memanfaatkan penggunaan iklan pencarian dan tampilan yang disesuaikan dengan pencarian kata kunci. Bentuk iklan promosi ini sangat bagus untuk penargetan ulang dan pemasaran ulang kepada orang-orang yang pernah mengunjungi situs web pengiklan.

Periklanan Seluler

Penggunaan seluler telah berkembang sepuluh kali lipat dalam waktu yang singkat. Advertising yang memprioritaskan seluler dapat mencakup iklan SMS, iklan aplikasi, dan iklan situs web yang ditujukan untuk pengguna seluler.

Pop-up

Menggunakan popup yang menyertakan iklan juga menjadi advertising digital yang menjanjikan. Pop-up yang memberikan kode diskon atau tautan ke produk persis yang dicari calon konsumen dapat membuat perbedaan besar bagi pelanggan potensial.

 

6 dari 6 halaman

Fungsi advertising

Mempromosikan produk

Membuat advertising adalah langkah pertama yang penting dalam siklus hidup produk. Iklan berfungsi sebagai pengantar produk untuk para calon konsumennya. Iklan juga bisa menjadi cara yang bagus untuk memperkenalkan nama perusahaan atau merk ke audiens.

Memberi informasi

Iklan membuat konsumen sadar akan merek atau produk baru, mendidik mereka tentang berbagai fitur dan manfaat produk, serta memfasilitasi penciptaan citra merek yang positif. Iklan juga memfasilitasi pengenalan produk baru.

Membujuk audiens

Salah satu ciri advertising adalah adanya pesan persuasif. Tujuan utama iklan adalah membujuk pelanggan untuk mencoba produk dan jasa yang diiklankan.

Pengingat

Advertising menjaga agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen. Iklan yang efektif juga meningkatkan konsumen terhadap merek yang sudah ada dan pembelian sebuah merek yang mungkin tidak akan dipilihnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.