Sukses

Thrift Shop adalah Bagian dari Penghematan, Ketahui Manfaat Membeli Pakaian Bekas

Thrift shop adalah salah satu solusi untuk mengurangi limbah fashion.

Liputan6.com, Jakarta Thrift shop adalah istilah yang sedang booming belakangan ini. Melalui thrift shop seseorang bisa mendapatkan barang seken dengan kualitas baik. Thrift shop adalah salah satu solusi untuk mengurangi limbah fashion.

Thrift shop adalah istilah yang hadir setelah adanya istilah lain mengenai penjualan barang bekas seperti preloved, second hand, atau pasar loak. Saat ini orang lebih banyak menggunakan istilah thrift shop untuk mendefinisikan tempat yang menjual barang bekas.

Bagi sebagian orang, thrift shop adalah istilah yang lebih keren. Thrift shop adalah pilihan bagi kamu yang ingin terus tampil fashionable, tanpa harus menambah limbah pakaian. Selain itu, thrift shop adalah pilihan yang bagus untuk mendapat pakaian berkualitas bahkan bermerek.

Berikut pengertian tentang thrift shop, asal mulanya, dan manfaatnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(16/09/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Asal mula thrift shop

Sebenarnya penggunaan istilah thrift shop di Indonesia sedikit berbeda dengan penggunaannya di negara lain seperti AS dan Inggris. Di luar negeri, thrift shop adalah istilah yang digunakan untuk toko yang menjual barang bekas dan hasil penjualannya disumbangkan sebagai bagian dari amal.

Istilah thrift atau toko amal mulai muncul di Inggris pada 1899. Saat itu ada sebuah toko amal yang menjual barang-barang yang dibuat oleh orang tunanetra untuk mengumpulkan uang bagi masyarakat.

Aksi ini kemudian meluas dan penggalangan dana mulai banyak dilakukan dengan menjual barang-barang bekas. Saat itu, izin mendirikan thrift shop adalah bahwa semua barang yang ditawarkan untuk dijual adalah hadiah. Pembelian untuk dijual kembali dilarang. Seluruh hasil penjualan harus diserahkan ke Palang Merah atau organisasi amal.

Pada awal 2010-an, berbelanja di toko amal menjadi cukup populer di Amerika Serikat. Toko amal inilah yang disebut dengan thrift shop. Orang yang biasa berbelanja di thrift shop adalah orang yang peduli pada lingkungan. Ini karena ini menggunakan lebih sedikit sumber daya alam dan biasanya akan mengurangi kerusakan lingkungan dibandingkan dengan membeli barang baru.

3 dari 8 halaman

Arti thrift shop

Thrift dalam bahasa Inggris artinya penghematan. Menurut Cambridge Dictonary, thrift artinya menggunakan uang secara hati-hati, terutama dengan menghindari pemborosan.

Menurut Kamus Merriam-Webster, thrift shop adalah toko yang menjual barang bekas dan terutama pakaian dan sering dijalankan untuk tujuan amal. Menurut Cambridge Dictonary, thrift shop adalah sebuah toko yang menjual barang yang digunakan seperti pakaian, buku, dan furnitur. Biasanya thrift shop dibuka dalam rangka mengumpulkan uang untuk amal.

4 dari 8 halaman

Thrift shop di Indonesia

Dari sini dapat disimpulkan bahwa sebenarnya thrift shop adalah toko yang menjual barang bekas yang hasilnya digunakan untuk amal. Namun, di Indonesia istilah thrift shop lebih sering digunakan untuk menyebut toko yang menjual pakaian atau barang bekas tanpa ada tujuan amal.

Tapi, jika dilihat dari arti thrift sebagai penghematan, istilah thrift di sini masih terkait. Ini karena berbelanja di thrift shop sudah mendukung penghematan dan pengurangan limbah fashion.

5 dari 8 halaman

Manfaat berbelanja di thrift shop

Bisa menemukan pakaian berkualitas

Pakaian di thrift shop biasanya berkualitas tinggi. Tak jarang mereka adalah pakaian bermerek terkenal. Mereka sudah tahan digunakan oleh satu orang dan masih memiliki nilai jual kembali. Ini artinya mereka bukankah pakaian yang mudah rusak yang biasanya meregang dan kehilangan bentuknya setelah beberapa kali dicuci.

Harga terjangkau

Salah satu alasan banyak orang memilih pergi ke thrift shop adalah harganya yang terjangkau. Pakaian di thrift shop bahkan bisa ditemukan dengan harga Rp 5 ribu. Ada pula yang menjual pakaian di thrift shop dengan harga tidak lebih dari Rp 20 ribu.

6 dari 8 halaman

Manfaat berbelanja di thrift shop

Bisa menemukan pakaian unik

Di thrift shop, kamu bisa menemukan pakaian unik yang bahkan langka atau tidak mudah ditemukan orang lain. Berbeda dengan pakaian di industri fashion yang biasanya punya model dan bentuk yang sama. Menggunakan pakaian yang unik pastinya akan membuat lebih percaya diri.

Mengurangi penimbunan

Saat membeli pakaian di thrift shop, secara langsung kamu sudah membantu mengurangi penimbunan pakaian. Pertama dengan membeli pakaian bekas, kamu membantu orang untuk tidak menimbun pakaian. Kedua, dengan membeli pakaian bekas, ada investasi keuangan yang jauh lebih kecil di setiap item. Kamu jadi bisa lebih berhemat.

7 dari 8 halaman

Manfaat berbelanja di thrift shop

Thrift shop memiliki pilihan yang terus berubah

Thrift shop memiliki pakaian yang terus berubah dan cenderung tidak sama setiap waktunya. Ini bisa membuatmu bereksplorasi dengan gaya fashion yang kamu sukai.

Dapat mengamati siklus fashion

Fashion adalah siklus, dan desainer sering mencoba untuk meniru penampilan dekade yang berbeda. Saat kamu berbelanja di thrift shop, kamu akan sering menemukan pakaian yang sebenarnya dibuat pada dekade lama yang kembali menjadi gaya.

8 dari 8 halaman

Manfaat berbelanja di thrift shop

Dapat menemukan item yang tidak lagi dibuat

Baik mencari buku yang sudah tidak dicetak lagi atau T-shirt ikonik yang hanya dibuat pada tahun 80-an, thrift shop sering kali merupakan pilihan terbaik untuk menemukan barang-barang yang sudah tidak diproduksi lagi.

Ramah lingkungan

Belanja di thrift shop adalah cara yang bagus untuk mendaur ulang. Kamu dapat menyumbangkan pakaian yang tidak lagi dipakai dan membeli lebih banyak pakaian. Ini menghilangkan pemborosan dalam prosesnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini