Sukses

16 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Sendiri bagi Pemula Tanpa Kursus Mahal

Kumpulan cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Belajar dan mahir bahasa Inggris bisa dilakukan dengan berbagai macam cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri. Cara ini dilakukan tanpa kursus mahal, tetapi menerapkan ketekunan dan kesungguhan dalam diri.

Bukan hanya membaca buku, mempelajari tenses, dan menghafalkan kosa kata bahasa Inggris. Cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri bisa dilakukan dengan mendengarkan lagu, menonton film, video YouTube sampai menyimak cerita khas Barat yang ringan dengan subtitle Bahasa Inggris.

Efektivitas cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri tidak dinilai dari biaya kursus yang mahal. Lebih rajin dan tidak takut bertanya dengan ahli saat bingung belajar Bahasa Inggris lebih bisa diandalkan.

Berikut Liputan6.com ulas cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri bagi pemula dari berbagai sumber, Jumat (9/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Sendiri

1. Mendengarkan Lagu

Membiasakan pendengaran kamu dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris adalah cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri. Kegiatan ini tentunya akan menyenangkan bagi kamu yang juga menggemari musik, kamu bisa belajar sekaligus menjalankan hobi.

Namun, dalam tahap cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri, kamu tidak hanya sekadar mendengarkan lagunya saja. Dengarkanlah baik-baik liriknya lalu catat dalam notes maupun gadget.

Setelah lirik lagu selesai kamu tulis, cek lirik tersebut di internet. Apakah benar semua atau ada yang salah. Cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri ini akan menambah baik pendengaran kamu dalam Bahasa Inggris (listening).

2. Membaca Buku

Kamu bisa menerapkan cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri dengan membaca buku. Bisa membaca cerpen, artikel, novel, dan buku bacaan lainnya yang kamu sukai agar belajar Bahasa Inggris semakin menyenangkan.

Saat membaca, kamu akan belajar berbagai kosa kata baru di cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri. Jika kamu tidak tahu artinya tinggal mengecek kamus. Cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri ini akan meningkatkan kemampuan membaca (reading) sekaligus Bahasa Inggris secara keseluruhan.

3. Rajin Menulis

Mencoba menulis dalam bahasa Inggris adalah cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri. Ketika vocabulary Bahasa Inggris kamu sudah banyak, mulailah menulis sesuatu dengan menggunakan bahasa Inggris agar kemampuan writing kamu meningkat.

Kamu bisa memulainya dengan menulis diari atau kegiatan kamu dalam sehari. Tidak apa kalau kamu masih banyak salah dan belum terlalu mengerti tentang grammar. Setidaknya kamu mencoba cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri dengan menulis dalam bahasa Inggris.

4. Menonton YouTube

Youtube menjadi media yang mudah untuk diakses oleh siapapun, dengan mencari channel edukasi yang sesuai dengan preferensi yang ingin kamu pelajari. Di Youtube, kamu bisa melakukan cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri lewat berbagai video tutorial, misalnya Grammar, Vocabulary, Pronunciation, IELTS, TOEFL, dan sebagainya.

Benefit lain yang Kamu dapatkan ketika cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri dengan mengakses video di youtube yaitu dapat diakses gratis dan bisa dipelajari diamanapun tanpa harus menyesuaikan waktu. Namun, saat belajar bahasa Inggris di youtube, Kamu harus mengatur strategi agar belajar bahasa Inggris bisa menyenangkan dan tidak membosankan.

Secara sederhana cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri ini bisa disebut sebagai belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan asalkan dapat terjadwal secara rutin. Buat jadwal tersebut, Kamu akan lebih semangat dalam belajar bahasa Inggris.

Jangan lupa juga untuk mengulang materi beberapa hari sekali agar materi yang sudah dipelajari tidak menguap dari ingatan. Mulailah cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri dengan YouTube!

5. Menonton Film

Menonton film merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang sekaligus bisa dijadikan cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri. Namun, dalam hal ini kamu bisa menonton film tanpa menggunakan subtitle Bahasa Indonesia.

Kamu bisa memulainya dengan menonton film tanpa subtitle Bahasa Indonesia. Gunakanlah subtitle Bahasa Inggris saja terlebih dahulu. Jika menemukan kata-kata yang susah, kamu bisa mencarinya dalam kamus untuk belajar.

6. Pelajari Kata Dasar

Mempelajari kata-kata dasar merupakan cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri. Sebelum mulai menerapkan kebiasaan berbahasa Inggris, ada baiknya kamu mempelajari dulu kata-kata sederhana dalam bahasa Inggris, yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Contohnya kata aku, kamu, dia, dan kata-kata lain yang umum digunakan dalam percakapan sehari-hari.

3 dari 5 halaman

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Sendiri

7. Sedia Kamus

Cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri adalah tetap selalu menyediakan kamus. Kamus tentunya memiliki peran yang tidak dapat tergantikan dalam belajar Bahasa Inggris.

Semua kata-kata yang baru kamu pelajari dan tidak kmau mengerti artinya tentu harus dicari di dalam kamus agar kamu mengerti artinya dan cara menggunakannya. Cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri ini berguna untuk menambah vocabulary (kosa kata).

8. Tulis dan Pelajari Kata Asing

Hal ini terkait dengan berbagai kegiatan seperti mendengar musik, menonton tv, dan membaca buku yang telah kamu lakukan. Kamu harus mempelajari arti kata-kata yang tidak kamu mengerti dan menghafalkannya. Jangan hanya dilewati saja. Cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri ini meliputi catat dan hafalkan. Hal ini merupakan salah satu cara cepat belajar bahasa Inggris.

9. Belajar Tenses

Mulailah belajar tenses dari mana saja. Ada banyak website di internet yang membahas perihal fungsi, rumus, dan contoh tenses dalam kehidupan sehari-hari. Cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri dengan memahami tenses akan sangat memudahkan komunikasi. Bukan hanya nampak terstruktur kalimatnya, tetapi enak dibaca dan didengarkan.

10. Berbicara di Depan Cermin

Belajar berbicara bahasa Inggris di depan cermin adalah cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri. Bisa digunakan untuk latihan yang fundamental bagi perkembangan kemampuan Bahasa Inggris kamu.

Jika kamu belum percaya diri praktik langsung dengan orang lain, kamu bisa berlatih secara rutin di depan cermin terlebih dahulu. Begitu, kamu bisa fasih dengan cepat dan tidak kagok saat praktik langsung.

11. Terapkan dalam Pertemanan

Bertemanlah dengan orang-orang yang pintar berbahasa Inggris dan cobalah untuk saling berbicara menggunakan bahasa Inggris. Cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri, bisa saling belajar dengan teman-teman agar kamu bisa lebih percaya diri. Belajar bersama dengan teman sendiri tentunya membuat kamu lebih nyaman dan tidak perlu takut salah.

4 dari 5 halaman

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Sendiri

12. Manfaatkan Internet

Menggunakan fasilitas internet dengan maksimal adalah cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri. Di mana ada banyak sekali website yang dapat membantu kamu untuk belajar Bahasa Inggris dengan benar.

Maksimalkanlah penggunaan internet, khususnya media sosial yang biasanya kamu gunakan. Ikuti berbagai akun yang sekiranya dapat membantu kamu dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

13. Berteman dengan Orang Asing

Memiliki teman orang asing yang fasih berbahasa Inggris akan membuat pembelajaran kamu semakin cepat. Kamu bisa mencari teman orang asing di internet maupun saat bertemu di tempat wisata. Cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri ini cukup ampuh.

Banyak sekali platform media sosial yang bisa kamu gunakan untuk berkenalan dengan orang luar. Tidak perlu sungkan untuk mengatakan bahwa kamu sedang belajar berbahasa Inggris. Dengan begitu, kamu bisa berlatih setiap hari dengan penutur asli Bahasa Inggris.

14. Berlatih

Jangan malu untuk menunjukkan Kamu sedang belajar bahasa Inggris. Praktikkan terus kapan pun dan di manapun cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri ini.

Menjadi pintar berbahasa Inggris asalnya dari diri sendiri. Tak terkecuali untuk belajar bahasa asing yang lainnya. Terus berlatih sama dengan memperkuat ketekunan.

15. Buat Kebiasaan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri ini harus dijadikan kebiasaan.

Jadikan semua cara mudah belajar bahasa Inggris sendiri yang telah disebutkan sebagai kebiasaan ataupun rutinitas agar kemampuan Bahasa Inggris kamu dapat meningkat dengan cepat.

16. Kursus

Bila ingin lebih memaksimalkan cara cepat belajar bahasa Inggris, pilihan terakhir jatuh pada kursus. Bukan hanya bikin mahir, tetapi cara yang ini akan mematangkan betul skill kebahasa Inggrisanmu.

Memang cara ini bukan dengan belajar sendiri. Namun jika kesulitan untuk menerapkan ke beberapa cara cepat bahasa Inggris di atas maka kursus adalah pilihan lain yang bisa Kamu pilih.

Jika cara di atas Kamu coba dengan rutin dan konsisten, maka kemampuan berbahasa Inggris Kamu pun akan meningkat secara perlahan.

5 dari 5 halaman

Kosa Kata Bahasa Inggris Sehari-hari

1. Kosa Kata Bahasa Inggris Sehari-Hari untuk Kata Sifat

Big: besar

Little: kecil

Beautiful: cantik

Ugly: jelek

Smart: pintar

Stupid: bodoh

Soft: lembut

Short: pendek

Tall: tinggi

Slim: langsing

Fat: gendung

Long: panjang

Hot: panas

Cool: dingin

Fresh: segar

Kind: baik hati

Young: muda

Old: tua

Pretty: cantik

Lazy: malas

Angry : marah

Basic : dasar

Boring : membosankan

Confident : percaya diri

Critical : kritis

Happy : senang

Healthy : sehat

Huge : besar

Helpful : bermanfaat

Important : penting

Impossible : mustahil

Lucky : beruntung

Mad : gila

Poor : miskin

Popular : populer

Realistic : realistis

Reasonable : masuk akal

Pure : murni

Powerful : kuat

Nice : bagus

Nervous : gugup

Odd : aneh

Obvious : jelas

Rare : langka

Guilty : bersalah

2. Kosa Kata Bahasa Inggris Sehari-Hari untuk Kata Ganti

I: Aku (sebagai subyek)

You: Kamu

They: Mereka

We: Kami, kita

He: Dia laki-laki

She: Dia perempuan

It: Itu

Me: Aku (sebagai obyek)

Them: Mereka

Us: Kami

Her: Dia perempuan

Him: Dia laki-laki

Its: Itu

Mine: Milikku

Yours: Milikmu

Hers: Miliknya dia perempuan

His: Miliknya dia laki-laki

Theirs: Milik mereka

Ours: Milik kita

My: Punyaku

Your: Punyamu

Their: Punya mereka

Our: Punya kami/kita

Her: Punya dia perempuan

Myself: Diriku sendiri

Yourself: Dirimu sendiri

Themselves: Diri mereka sendiri

Herself: Dirinya sendiri perempuan

Himself: Dirinya sendiri laki-laki

Ourselves: Diri kita

Itself: Dirinya

Somebody/Anybody: Seorangpun/seseorang

No one: Tak seorangpun

Accept : menerima

Accuse : menuduh

Achieve : mencapai

Add : menambahkan

Adjust : menyesuaikan

Admire : mengagumi

Admit : mengakui

Agree : setuju

Allow : mengizinkan

Announce : mengumumkan

Apologize : minta maaf

Appear : muncul

Apply : menerapkan

Appreciate : menghargai

Become : menjadi

Begin : mulai

Behave : bertingkah

Believe : percaya

Belong : termasuk

Borrow : meminjam

Bring : membawa

Build : membangun

Celebrate : merayakan

Choose : memilih

Come : datang

Compare : membandingkan

Complain : mengeluh

Confirm : memastikan

Create : membuat

Decide : memutuskan

Deliver : Kirim

Describe : menggambarkan

Deserve : pantas

Destroy : menghancurkan

Develop : mengembangkan

Disagree : tidak setuju

Discuss : membahas

Earn : mendapatkan

Enable : memungkinkan

Enhance : menambah

Enjoy : Nikmati

Ensure : memastikan

Enter : memasukkan

Expect : mengharapkan

Explain : menjelaskan

Explore : jelajahi

Find : menemukan

Follow : mengikuti

Forget : lupa

Get : mendapatkan

Grow : tumbuh

Happen : terjadi

Hear : mendengar

Ignore : mengabaikan

Imagine : membayangkan

Improve : memperbaiki

Insist : bersikeras

Introduce : memperkenalkan

Involve : melibatkan

Justify : membenarkan

Know : tahu

Learn : belajar

Lose : kalah

Maintain : mempertahankan

Manage : mengelola

Negotiate : negosiasi

Obtain : memperoleh

Occur : terjadi

Owe : berhutang

Participate : ikut

Persuade : membujuk

Pour : menuangkan

Prefer : lebih suka

Prepare : mempersiapkan

Prevent : mencegah

Prove : membuktikan

Pursue : mengejar

React : reaksi

Realize : menyadari

Receive : menerima

Recognize : mengakui

Recommend : sarankan

Reduce : mengurangi

Refer : lihat

Relate : berhubungan

Relax : bersantai

Relieve : meringankan

Rely : mengandalkan

Remaining : yang tersisa

Remember : ingat

Remind : mengingatkan

Replace : menggantikan

Require : memerlukan

See : Lihat

Send : Kirim

Settle : menetap

Shall : akan

Shut : menutup

Solve : memecahkan

Speak : berbicara

Submit : menyerahkan

Succeed : berhasil

Survive : bertahan

Take : mengambil

Tend : cenderung

Throw : melemparkan

Understand : memahami

Want : ingin

Warn : memperingatkan

Would : akan

Write : menulis

3. Kosa Kata Bahasa Inggris Sehari-Hari untuk Kata Kerja

Accept: Menerima

Accuse: Menuduh

Achieve: Mencapai

Add: Menambahkan

Adjust: Menyesuaikan

Admire: Mengagumi

Admit: Mengakui

Agree: Setuju

Allow: Mengizinkan

Announce: Mengumumkan

Apologize: Minta Maaf

Appear: Muncul

Apply: Menerapkan

Appreciate: Menghargai

Become: Menjadi

Begin: Mulai

Behave: Bertingkah

Believe: Percaya

Belong: Termasuk

Borrow: Meminjam

Bring: Membawa

Build: Membangun

Celebrate: Merayakan

Choose: Memilih

Come: Datang

Compare: Membandingkan

Complain: Mengeluh

Confirm: Memastikan

Create: Membuat

Decide: Memutuskan

Deliver: Kirim

Describe: Menggambarkan

Deserve: Pantas

Destroy: Menghancurkan

Develop: Mengembangkan

Disagree: Tidak Setuju

Discuss: Membahas

Earn: Mendapatkan

Enable: Memungkinkan

Enhance: Menambah

Enjoy: Nikmati

Ensure: Memastikan

Enter: Memasukkan

Expect: Mengharapkan

Explain: Menjelaskan

Explore: Jelajahi

Find: Menemukan

Follow: Mengikuti

Forget: Lupa

Get: Mendapatkan

Grow: Tumbuh

Happen: Terjadi

Hear: Mendengar

Ignore: Mengabaikan

Imagine: Membayangkan

Improve: Memperbaiki

Insist: Bersikeras

Introduce: Memperkenalkan

Involve: Melibatkan

Justify: Membenarkan

Know: Tahu

Learn: Belajar

Lose: Kalah

Maintain: Mempertahankan

Manage: Mengelola

Negotiate: Negosiasi

Obtain: Memperoleh

Occur: Terjadi

Owe: Berhutang

Participate: Ikut

Persuade: Membujuk

Pour: Menuangkan

Prefer: Lebih Suka

Prepare: Mempersiapkan

Prevent: Mencegah

Prove: Membuktikan

Pursue: Mengejar

React: Reaksi

Realize: Menyadari

Receive: Menerima

Recognize: Mengakui

Recommend: Sarankan

Reduce: Mengurangi

Refer: Lihat

Relate: Berhubungan

Relax: Bersantai

Relieve: Meringankan

Rely: Mengandalkan

Remaining: Yang Tersisa

Remember: Ingat

Remind: Mengingatkan

Replace: Menggantikan

Require: Memerlukan

See: Lihat

Send: Kirim

Settle: Menetap

Shall: Akan

Shut: Menutup

Solve: Memecahkan

Speak: Berbicara

Submit: Menyerahkan

Succeed: Berhasil

Survive: Bertahan

Take: Mengambil

Tend: Cenderung

Throw: Melemparkan

Understand: Memahami

Want: Ingin

Warn: Memperingatkan

Would: Akan

Write: Menulis

4. Kosa Kata Bahasa Inggris Sehari-Hari untuk Kata Depan

With: Dengan

At: Di

From: Dari

Into: Ke

During: Selama

Including: Termasuk

Until: Sampai

Against: Melawan

Among: Antara

Throughout: Sepanjang

Despite: Meskipun

Towards: Menuju

Upon: Atas

Concerning: Tentang

Of: Dari

To: Untuk

In: Di

For: Untuk

On: Di

By: Oleh

About: Tentang

Like: Seperti

Through: Melalui

Over: Lebih

Before: Sebelum

Between: Antara

After: Setelah

Since: Sejak

Without: Tanpa

Under: Dibawah

Within: Dalam

Along: Sepanjang

Following: Berikut

Across: Menyeberang

Behind: Dibelakang

Beyond: Luar

Plus: Plus

Except: Kecuali

But: Tapi

Up: Naik

Out: Di Luar

Around: Sekitar

Down: Turun

Off: Mati

Above: Atas

Near: Dekat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.