Sukses

Freelance adalah Bekerja Lepas, Ketahui Konsep dan Cara Memulainya

Freelance kini banyak diminati kaum muda.

Liputan6.com, Jakarta Freelance adalah jenis pekerjaan yang kini banyak dimiliki kaum muda. Ungkapan 'Saya seorang freelancer' kerap terlontar ketika seseorang ditanya tentang apa yang dikerjakan untuk mencari nafkah. Freelance adalah bentuk profesi yang berbeda dengan pekerjaan biasanya.

Sebutan lain dari bekerja freelance adalah pekerja lepas. Salah satu keuntungan menjadi freelancer adalah bekerja dengan lebih fleksibel. Freelance adalah pekerja yang bisa terikat tidak hanya pada satu perusahaan, tapi bisa dua atau lebih. Freelance adalah jenis pekerjaan yang kini banyak diminati karena banyak kelebihannya.

Namun, sama seperti jenis pekerjaan lainnya, freelancer adalah pekerjaan yang juga punya kekurangan. Maka dari itu, penting mengenal lebih jauh tentang pekerjaan freelance. Berikut pengertian tentang freelance dan bagaimana menjadi bagian darinya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(11/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Mengenal freelance

Freelance diartikan sebagai bekerja atau pekerjaan lepas. Menjadi freelance berarti bekerja secara mandiri, bukan untuk pemberi kerja jangka panjang. Seseorang yang bekerja freelance bebas untuk mengatakan ya atau tidak untuk proyek apa pun.

Melansir Investopedia, freelance adalah pekerjaan yang menghasilkan uang berdasarkan per pekerjaan atau per tugas, biasanya untuk pekerjaan jangka pendek. Orang yang bekerja freelance disebut freelancer. Contoh pekerja lepas adalah jurnalis independen yang melaporkan cerita pilihan mereka sendiri dan kemudian menjualnya kepada penawar tertinggi.

3 dari 8 halaman

Cara kerja freelancer

Melansir Flexjob, pada dasarnya freelance adalah pekerjaan di mana seseorang bekerja untuk diri mereka sendiri, bukan untuk perusahaan. Seorang freelancer menggunakan keterampilan dan pengalamannya untuk memberikan layanan kepada sejumlah klien.

Freelancer bukanlah karyawan suatu perusahaan dan oleh karena itu mungkin bebas untuk menyelesaikan pekerjaan yang berbeda secara bersamaan oleh berbagai individu atau perusahaan. Pekerja lepas tidak dianggap sebagai "karyawan" oleh perusahaan tempat mereka bekerja, melainkan "kontraktor".

Secara sederhana, freelance adalah ketika seseorang menggunakan keterampilan, pendidikan, dan pengalaman untuk bekerja dengan banyak klien dan melakukan berbagai tugas tanpa berkomitmen pada satu perusahaan. Freelancer bisa memiliki kebebasan untuk bekerja dari rumah atau dari ruang kerja sendiri, memiliki kerja yang fleksibel, dan keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik.

4 dari 8 halaman

Bidang pekerjaan freelance

Freelance adalah pekerjaan yang bisa dilakukan di banyak bidang. Seorang freelancer cenderung bekerja di sektor kreatif, terampil, atau jasa. Pekerjaan freelance banyak tersedia pada bidang film, seni, desain, pengeditan, copywriting, proofreading, media, pemasaran, musik, akting, jurnalisme, pengeditan dan produksi video, ilustrasi, pariwisata, konsultasi, pengembangan situs web, pemrograman komputer, perencanaan acara, fotografi, terjemahan bahasa, bimbingan belajar, katering, dan banyak lagi.

Para freelancer sering menggunakan platform pihak ketiga seperti Sribulancer, Fiver, Freelancer, Upwork, Projects.co.id, PeoplePerHour, dan masih banyak lagi. Di sini freelancer akan menemukan pekerjaan di hampir setiap karir yang bisa dibayangkan.

5 dari 8 halaman

Cara menjadi freelancer yang sukses

Melansir Business.com, berikut cara menjadi freelancer yang sukses:

Pertimbangkan apakah freelance cocok sebagai pekerjaan

Setiap freelancer yang sukses harus memulai dengan menentukan tujuannya. Luangkan waktu untuk bertanya pada diri sendiri mengapa kamu ingin menjadi freelancer. Apakah itu untuk mencapai gaya hidup tertentu atau mendapatkan penghasilan tambahan, alasan ini bisa membuatmu terus maju ketika masa-masa sulit.

Tentukan layanan dan penawaran

Mengubah keterampilan menjadi layanan adalah langkah pertama untuk menjadi freelancer. Banyak freelancer memulai dengan menawarkan pengalaman yang mereka peroleh di pekerjaan sebelumnya. Ini adalah cara cepat untuk memulai pekerjaan. Kamu bisa mencari di ceruk bidang yang kamu geluti.

6 dari 8 halaman

Cara menjadi freelancer yang sukses

Temukan platform

Sebagian besar freelancer menggunakan platform lepas untuk mencari pekerjaan. Meskipun rekomendasi dan saluran media sosial seperti LinkedIn juga bisa menjadi sumber yang bagus, situs web lepas sangat populer karena memungkinkanmu terhubung dengan mudah dengan klien yang mencari freelancer. Selalu ada pekerjaan yang tersedia di sana. Memilih platform dengan model yang sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi gaji sangat penting untuk kesuksesan sebagai freelancer.

Bangun profil

Kamu tidak perlu menyiapkan CV klasik, karena sebagian besar situs web lepas memiliki templat yang telah dirancang sebelumnya. Kamu hanya perlu mengisi informasi tentang jenis layananmu. Luangkan waktu untuk membuat profil penting yang akan memberi tahu calon klien tentang pendidikan, keterampilan, keahlian, dan pengalamanmu. Buat daftar keahlian, pengalaman, pencapaian khusus, dan jelaskan mengapa kamu adalah orang terbaik untuk pekerjaan itu.

7 dari 8 halaman

Cara menjadi freelancer yang sukses

Bangun portofolio

Saat membuat profil, pastikan untuk menyediakan portofolio yang menggambarkan keahlian dan pengalaman. Luangkan waktu untuk membuat portofolio dengan contoh karya, atau cukup terima beberapa pekerjaan dengan harga diskon sebagai imbalan atas pengalaman.

Tentukan harga

Setelah menetapkan jenis layanan dan profil, inilah saatnya untuk menetapkan harga. Mulailah dengan melihat pesaing di pasar. Apa yang mereka kenakan untuk layanan lepas serupa? Pada kenyataannya, tidak ada formula yang sempurna untuk menentukan harga layanan freelancer. Kamu bisa menyesuaikan harga dengan pengalaman, industri, durasi proyek, kompleksitas proyek, dan urgensi.

8 dari 8 halaman

Cara menjadi freelancer yang sukses

Cari pekerjaan

Pastikan mengerjakan pekerjaan yang kamu yakin bisa dilakukan. Untuk memastikan awal yang sukses sebagai pekerja lepas, proyek pertama harus sangat cocok dengan pengalaman dan kemampuan kerja. Ketika menemukan proyek yang kamu yakin dapat memberikan layanan terbaik, inilah saatnya untuk mengajukan proposal.

Fokus pada hubungan klien

Hubungan dengan klien pada freelance adalah bagian terpenting. Dengan memelihara hubungan yang baik dengan klien saat ini dan memberikan pekerjaan yang berkualitas, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan pekerjaan yang lebih konsisten di masa mendatang. Pastikan kamu memenuhi setiap tenggat waktu, mendengarkan instruksi, melakukan pengeditan yang diperlukan, dan berkomunikasi secara efisien dengan klien

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.