Sukses

Pengertian dari Range Adalah Jangkauan, Pahami Definisi dan Fungsinya

Secara bahasa, kata range berasal dari bahasa Inggris yang berarti jangkauan, jarak, jajaran, hingga barisan.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian dari range adalah istilah yang sudah tak asing lagi di telinga pelajar dan karyawan kantor. Pengertian dari range ini memiliki berbagai banyak makna jika ditelaah secara istilah. Lantas, apa itu range?

Secara bahasa, pengertian dari range adalah jangkauan, jarak, jajaran, hingga barisan jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Sedangkan secara istilah, pengertian dari range adalah istilah yang memiliki banyak makna tergantung dengan konteksnya. Istilah range sering digunakan dalam statistika.

Untuk lebih paham, berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian dari range dan fungsinya dalam berbagai konteks yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pengertian dari Range dalam Microsoft Excel

Dikutip dari buku Modul Pelatihan Aplikasi Microsoft Office 2007 (2018) karya Piko, dijelaskan bahwa pengertian dari range adalah sekumpulan sel yang telah digabungkan menjadi satu dengan tujuan tertentu, misalnya untuk pemformatan beberapa sel secara bersamaan, mencari nilai rata-rata dari sekumpuan data dan lain sebagainya.

Fungsi dari range adalah melakukan format secara sekaligus untuk banyak cell (dua atau lebih cell), mampu membuat referensi isi pada sekumpulan cell pada bentuk penulisannya, dan dapat menghapus isi sekumpulan cell jika dibutuhkan.

Sedangkan tujuan pemberian nama range adalah untuk mempermudah saat pengolahan data agar kita tidak melakukan pengeblokkan yang berulang-ulang. Selain itu, penggunaan nama range ini juga dapat menghemat waktu anda saat membangun rumus, karena cara kerjanya yang sangat praktis.

Misalnya, untuk menghitung total dari beberapa nilai yang terdapat dalam rentang sel tertentu maka =SUM(Range). Perlu diingat bahwa range dalam Excel dapat ditulis dengan menggunakan referensi sel secara manual (misalnya "A1:C5")

Langkah untuk membuat nama range sel adalah sebagai berikut:

a. Klik drop down tombol Define Name pada tab Formulas-grup Defined Names, kemudian pilih Define Name.

b. Selanjutnya, akan tampil kotak dialog New Name yang digunakan untuk membuat nama range sel.

Keterangan:

- Name, untuk mengetikkan nama range sel.

- Scope, untuk memilih ruang lingkup di mana nama range tersebut dapat terbaca. Terdapat pilihan Workbook, Sheet1, Sheet2, dan sebagainya sesuai nama sheet yang dimiliki dalam lembar kerja yang aktif atau terbuka.

- Comment, untuk memberi keterangan atau komentar tentang nama range tersebut (opsional).

- Refers to, berisi alamat range sel yang akan diberi nama. Jika Anda hafal dengan nama sheet dan range sel yang akan diberi nama, maka dapat mengetikkannya langsung. Akan tetapi akan lebih mudah jika Anda menggunakan tombol Elapses, di bagian kanan untuk memilih range sel.

c. Sebagai contoh, ketik nama Buku di kotak Name, kemudian biarkan terpasang Workbook pada bagian Scope.

d. Klik tombol Elapses pada bagian kanan Refers to hingga tampil kotak dialog New Name - Refers to:

e. Selanjutnya, blok range sel yang akan diberi nama dengan cara klik tahan pada awal range sel, dan geser hingga sel akhir range.

f. Setelah proses blok range sel selesai, klik tombol Expand untuk kembali ke kotam dialog New Name.

3 dari 5 halaman

2. Pengertian dari Range dalam Statistika

Mengutip dari buku Statistika Hospitalitas: Edisi Revisi (2016) karya Santoso, djelaskan bahwa pengertian dari range adalah jarak pengukuran antara nilai tertinggi dengan nilai terendah. Langkah ini adalah cara paling mudah dalam mengukur variabilitas sebaran data statistik.

Untuk menghitung range, kita dapat menggunakan rumus:

Range = Nilai Terbesar-Nilai Terkecil

Contoh: Misalkan kita memiliki data sebagai berikut: 3, 7, 10, 12, 16, 20 Maka, nilai terbesar = 20 dan nilai terkecil = 3

Sehingga, Range = 20-3 = 17.

4 dari 5 halaman

3. Pengertian dari Range dalam Pemrograman

Dikutip dari buku berjudul Pemrograman Dan Komputasi Numerik Menggunakan Python (2021) karya Sholihun, dkk., dijelaskan bahwa pengertian dari range adalah fungsi yang berguna untuk menciptakan suatu daftar atau list dengan rentang nilai tertentu.

Fungsi range biasanya dinyatakan dalam bentuk ().Parameter di range() bisa terdiri dari satu hingga tiga parameter. Dan perilaku dari range() berubah sesuai dengan jumlah parameter yang anda berikan. Fungsi range umumnya digunakan dalam loop atau perulangan untuk melakukan iterasi pada setiap elemen dalam deret bilangan yang dihasilkan oleh fungsi range tersebut.

5 dari 5 halaman

4. Pengertian dari Range dalam Matematika

Dikutip dari buku berjudul Logika dan Struktur Diskrit (2022) karya Lulut Alfaris, dkk., dijelaskan bahwa pengertian dari range adalah elemen dari kodomain yang berelasi dengan elemen domain. Range dinotasikan sebagai Rf. Nama lain dari range adalah rentang fungsi ataupun daerah hasil. Range juga dapat diartikan sebagai himpunan semua anggota himpunan B yang memiliki pasangan anggota himpunan A. Range dalam suatu fungsi merupakan semua kemungkinan nilai keluaran, di mana setiap angka merupakan hasil dari masukkan (domain) ke dalam rumus atau persamaan.

Dalam ilmu matematika, domain adalah himpunan pertama yang berhubungan dengan himpunan kedua. Sedangkan kodomain adalah himpunan kedua yang dihubungkan oleh tanda panah dalam suatu relasi. Sementara itu, himpunan adalah objek-objek yang didefinisikan dalam suatu kelompok dapat berupa bilangan atau teks. Relasi antar himpunan dapat dipresentasikan dalam bentuk diagram relasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.