Sukses

Doa Jenazah Laki-laki Beserta Terjemahannya, Berikut Tata Cara Menyalatinya

Terdapat perbedaan pada doa jenazah laki-laki dan doa jenazah perempuan yang perlu diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Doa jenazah laki-laki menjadi hal yang perlu diketahui ketika akan menyalatkan jenazah laki-laki. Ketika ada seorang muslim meninggal, muslim lain memiliki kewajiban untuk mengurus jenazahnya, termasuk menyalatkannya. Hukum pengerjaan salat jenazah adalah fardhu kifayah, artinya kewajiban mengamalkannya menjadi gugur setelah ada sebagian muslim yang mengerjakannya.

Untuk melakukan salat jenazah, seorang muslim perlu mengetahui doa jenazah. Terbapat perbedaan pada doa jenazah laki-laki dan doa jenazah perempuan yang perlu diketahui. Berikut doa jenazah laki-laki beserta tata cara menyalatkannya yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (18/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa Jenazah Laki-laki

Doa jenazah dibaca setelah takbir ketiga dan keempat. Berikut doa jenazah laki-laki yang dibaca setelah takbir ketiga.

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ

Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu

Artinya: Ya Allah ampunilah dia, berilah rahmat dan sejahtera dan maafkanlah dia.

Ada juga doa jenazah laki-laki setelah takbir ketiga yang lebih panjang, seperti berikut.

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allâhummaghfir lahu warhamhu wa ‘âfihi wa‘fu anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkhalahu waghsilhu bilmâ’i wats tsalji wal baradi, wa naqqihi minal khathâyâ kamâ naqaita ats-tsauba al-abyadh minad danasi, wa abdilhu dâran khairan min dârihi wa ahlan khairan min ahlihi wa zaujan khairan min zaujihi wa adkhilhu al-jannata wa a’idzhu min ‘adzâbil qabri wa min adzâbinnâr. 

Artinya: "Ya Allah ampunilah dia dan kasihanilah dia, sejahterakan dia dan ampunilah dosa dan kesalahannya, hormatilah kedatangannya, dan luaskan lah tempat tinggalnya, bersihkan lah ia dengan air, salju dan embun. Bersihkan lah ia dari segala dosa sebagaimana kain putih yang bersih dari segala kotoran, dan ganti lah baginya rumah yang lebih baik dari rumahnya yang dahulu, dan ganti lah baginya ahli keluarga yang lebih baik daripada ahli keluarganya yang dahulu, dan pelihara lah ia dari siksa kubur dan azab api neraka.

Berikut doa jenazah laki-laki setelah takbir keempat.

اللهُمَّ لَا تَحْرِمْنَا اَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهُ

Allahumma laa tahrimnaa ajrahuu walaa taftinaa ba'dahu wagfirlana wa lahu

Artinya: Ya Allah, janganlah kiranya pahalanya tidak sampai kepada kami dan janganlah Engkau memberi kami fitnah sepeninggalannya, dan ampunilah kami dan dia.

Syarat Sah Salat Jenazah

Setelah mengetahui doa jenazah laki-laki, untuk melakukan salat jenazah seorang muslim perlu memenuhi syarat sahnya. Berikut syarat sah salat jenazah

  1. Menutup aurat
  2. Suci dari hadas besar dan kecil, baik badan, pakaian, dan tempat
  3. Menghadap kiblat
  4. Jenazah sudah dimandikan dan dikafani.
  5. Jenazah diletakkan di sebelah kiblat orang yang akan menyalatkannya, kecuali jika salat dilakukan di dekat makam atau salat gaib.
3 dari 4 halaman

Tata Cara Salat Jenazah Laki-laki

Setelah mengatahui doa jenazah laki-laki dan memenuhi syarat sah salay jenazah, berikut tata cara melakukan salat jenazah.

1. Membaca Niat

Niat shalat jenazah laki-laki dan perempuan juga terdapat perbedaan, berikut niat salat jenazah laki-laki.

اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ كِفَايَةِ اِمَامًا| مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Ushollii ‘alaa haadzal mayyiti arba’a takbirootin fardhol kifaayati ma’muuman lillaahi ta’aalaa

Artinya: Saya niat sholat atas jenazah ini empat kali takbir fardu kifayah, sebagai imam/makmum hanya karena Allah Ta’ala.

2. Berdiri Bagi yang Mampu

Sama seperti salat lainnya, salat jenazah dianjurkan untuk dilakukan dengan cara berdiri, namun bagi yang tidak mampu dapat melaksanakan sholat sesuai dengan kemampuannya.

5. Membaca Takbir Empat Kali

Takbir Pertama

للَّٰهُ أَكْبَ

Allahu akbar

Artinya: “Allah Maha Besar,”

Dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

Bismillāhir-raḥmānir-raḥīm, al-ḥamdu lillāhi rabbil-‘ālamīn, ar-raḥmānir-raḥīm, māliki yaumid-dīn, iyyāka na’budu wa iyyāka nasta’īn, ihdinaṣ-ṣirāṭal-mustaqīm, ṣirāṭallażīna an’amta ‘alaihim gairil-magḍụbi ‘alaihim wa laḍ-ḍāllīn

Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai di Hari Pembalasan. Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Takbir Kedua

Dilanjutkan dengan membaca sholawat Nabi.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammad wa ‘alaa aalii sayyidinaa muhammad

Artinya: Ya Allah berilah atas sholawat Nabi Muhammad dan atas keluarganya.

Takbir Ketiga

Membaca doa jenazah laki-laki yang dibaca setalah takbir ketiga.

Takbir Keempat

Membaca doa jenazah laki-laki yang dibaca setalah takbir keempat

4 dari 4 halaman

Keutamaan Salat Jenazah

Mengurus dan menyalatkan jenazah adalah sebuah kewajiban bagi seorang muslim. Dengan mengetahui tata cara menyalatkan jenazah yang benar, seorang muslim dapat mendoakan sesama muslim dan mendapatkan pahala yang besar sebagai amal saleh. Sama seperti ibadah yang lain salat jenazah juga memiliki keutamaan bagi orang yang mengerjakannya, seperti berikut.

1. Pahala Sebesar Gunung Uhud

Menyalatkan jenazah memiliki pahala yang besar, bahkan disamakan dengan sebesar gunung Uhud. Bahkan, mengiringi jenazah hingga pemakaman, pahalanya akan dua kali lipat.

2. Pahala Mengalir Bagi Jenazah

Tidak hanya orang yang menyalatkan yang mendapat pahala, namun jenazah yang disalatkan juga mendapat keutamaan. Terlebih jika disalatkan oleh 40 orang atau lebih yang tidak berbuat syirik kepada Allah, doa mereka akan menjadi syafaat bagi jenazah.

3. Dikabulkan Doa

Doa-doa yang dilakukan dalam rangkaian salat jenazah akan diperkenankan oleh Allah. Jika jenazah disalatkan oleh 100 orang dan semua memberi syafaat, maka doa mereka akan diperkenankan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.