Sukses

Apa Itu Protection Visa? Ini Prosedur Untuk Mendapatkannya

Informasi seputar protection visa.

Liputan6.com, Jakarta Protection visa, atau yang  juga biasa disebut sebagai visa pengungsi atau visa suaka, adalah jenis dokumen hukum yang dikeluarkan oleh suatu negara kepada individu yang telah melarikan diri dari negara asalnya karena ketakutan akan penganiayaan. Penganiayaan ini mungkin didasarkan pada faktor-faktor seperti ras, agama, kebangsaan, pendapat politik, atau keanggotaan dalam kelompok sosial tertentu. 

Protection visa dirancang untuk memberikan perlindungan dan perlindungan bagi mereka yang tidak dapat atau tidak mau kembali ke negara asalnya karena risiko bahaya atau penganiayaan. Memperoleh visa perlindungan biasanya melibatkan proses aplikasi formal, yang berbeda-beda tergantung negaranya. Pemohon diharuskan memberikan bukti untuk mendukung klaim penganiayaan mereka, seperti pernyataan pribadi, kesaksian saksi, dan informasi negara asal. 

Protection visa memainkan peran penting dalam memenuhi kewajiban suatu negara di bawah hukum pengungsi internasional dan hak asasi manusia, yang bertujuan untuk melindungi hak dan kesejahteraan individu yang melarikan diri dari penganiayaan. Mereka memberikan kerangka hukum untuk menawarkan perlindungan dan memastikan bahwa pengungsi tidak dikembalikan ke situasi di mana hidup atau kebebasan mereka mungkin terancam.

Lantas bagaimana seseorang bisa mendapatkan protection visa? Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (13/4/2023). Informasi seputar protection visa. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian Protection Visa

Protection Visa adalah jenis visa yang diberikan oleh suatu negara kepada individu yang mencari perlindungan dari penganiayaan atau bahaya di negara asalnya. Ini biasanya ditawarkan kepada mereka yang tidak dapat atau tidak mau kembali ke negara asalnya karena ketakutan yang beralasan akan penganiayaan berdasarkan ras, agama, kebangsaan, opini politik, atau keanggotaan dalam kelompok sosial tertentu.

Protection Visa dirancang untuk memberikan keamanan dan status hukum kepada individu yang telah mengungsi dari negara asalnya dan membutuhkan perlindungan internasional. Persyaratan dan kriteria khusus untuk memperoleh Protection Visa dapat berbeda-beda tergantung negaranya, karena setiap negara memiliki undang-undang dan prosedur imigrasi sendiri.

Setelah diberikan, Protection Visa biasanya mengizinkan individu untuk tinggal dan bekerja di negara yang telah memberikan visa, dan juga dapat memberikan akses ke layanan sosial, seperti perawatan kesehatan dan pendidikan. Ini dimaksudkan untuk menawarkan perlindungan sementara atau permanen kepada individu yang tidak dapat kembali ke negara asalnya karena risiko penganiayaan atau bahaya.

Namun, mendapatkan Protection Visa bisa menjadi proses yang rumit dan panjang, dan tidak semua permohonan berhasil. Mungkin ada tantangan dan batasan dalam proses aplikasi, termasuk perubahan kebijakan dan persyaratan, waktu pemrosesan yang lama, dan kriteria kelayakan yang ketat. Penting bagi pemohon untuk mencari bantuan hukum dan memahami persyaratan dan prosedur khusus dari negara tempat mereka mencari perlindungan.

3 dari 6 halaman

Prosedur Mendapat Protection Visa

Siapa yang bisa mendapatkan perlindungan?

Seseorang yang tiba di Australia dan mengaku takut kembali ke negaranya dapat mengajukan permohonan perlindungan ke Departemen Dalam Negeri (DHA).

Pemerintah harus memberikan perlindungan jika Anda dapat menunjukkan DHA bahwa Anda adalah 'pengungsi', hal ini berarti bahwa jika Anda dikembalikan ke negara Anda, Anda akan menderita kerugian serius karena ras, agama, kebangsaan, pendapat politik atau keanggotaan kelompok sosial Anda.

Jika Anda tidak memenuhi definisi pengungsi, Anda akan dinilai untuk Perlindungan 'Pelengkap', yang diberikan jika Anda menunjukkan bahwa Anda akan mengalami pelanggaran hak asasi manusia yang serius terhadap hukum internasional jika dikembalikan ke negara Anda.

Anda juga harus membuktikan bahwa tidak ada wilayah aman di negara Anda, bahwa tidak ada negara aman lain di mana Anda dapat tinggal, dan bahwa Anda tidak melakukan kejahatan berat.

Jika anda membuktikan bahwa Anda berhak mendapatkan perlindungan dan lulus pemeriksaan kesehatan, karakter, dan keamanan, Anda bisa mendapatkan:

1. Permanent protection visa (PPV) jika Anda tiba di Australia dengan visa yang sah dan kemudian meminta suaka.

2. Temporary Protection Visa (TPV) atau Safe Haven Enterprise Visa (SHEV) jika Anda tiba di Australia tanpa visa.

4 dari 6 halaman

Berkas Yang Digunakan

Seseorang yang tiba di Australia dengan visa yang sah dan kemudian mencari suaka dapat mengajukan ke DHA untuk visa perlindungan permanen pada Formulir 866.

Pencari suaka yang tiba di Australia tanpa visa harus mengajukan permohonan perlindungan dengan DHA dan harus memutuskan apakah akan mengajukan TPV atau SHEV. Mereka harus mendaftar pada Formulir 866.

Orang yang sudah memiliki SHEV atau TPV dapat mengajukan TPV atau SHEV lebih lanjut pada Formulir 1505. Mereka harus mendaftar sebelum TPV atau SHEV mereka saat ini kedaluwarsa.

Untuk mengajukan SHEV, Anda perlu menandatangani pernyataan bahwa Anda atau anggota keluarga berniat untuk bekerja atau belajar di 'area SHEV regional yang ditunjuk' sambil mendapatkan 'tunjangan jaminan sosial minimum'. Artinya, Anda atau anggota keluarga akan berusaha mendapatkan pekerjaan atau belajar di daerah tersebut.

Biaya aplikasi adalah $35 atau sekitar Rp 515.275, atau jika Anda dalam tahanan, tidak ada biaya. Formulir aplikasi harus diajukan di Pusat Perlindungan Darat di kantor DHA. Aplikasi akan segera juga dapat dibuat online melalui situs web DHA dan Formulir 866 akan menjadi satu-satunya formulir.

 

 

5 dari 6 halaman

Wawancara Departemen

Setelah aplikasi Anda diajukan, Anda akan diwawancarai oleh petugas DHA. Mereka akan memiliki semua informasi yang telah Anda berikan sebelumnya, bahkan aplikasi luar negeri jika Anda pernah membuatnya.

Mereka akan mengajukan banyak pertanyaan untuk memeriksa identitas Anda, kredibilitas Anda (apakah Anda mengatakan yang sebenarnya) dan klaim pengungsi Anda. Jika Anda mendapatkan informasi baru, Anda dapat memasukkannya sebelum wawancara.

Setelah keputusan dibuat, Anda mungkin tidak akan dapat memasukkan informasi baru. Untuk orang yang mengajukan kembali TPV atau SHEV lebih lanjut, DHA mengatakan mereka akan memeriksa hal-hal ini dengan cermat:

Apakah situasi di negara asal berubah; Apakah ada tuntutan pidana atau masalah keamanan; Apakah ada perjalanan ke luar negeri ke negara asal; Apakah ada perubahan pada grup keluarga; Mengubah alasan untuk mengklaim perlindungan.

 

Setelah Wawancara Departemen

Anda akan mendapatkan surat yang mengatakan bahwa aplikasi Anda ditolak, atau visa. Sebelum pemberian visa dilakukan, DHA harus menyelesaikan pemeriksaan kesehatan, karakter, dan keamanan untuk Anda dan orang lain yang merupakan bagian dari aplikasi Anda. Ini bisa memakan waktu lama.

6 dari 6 halaman

Hal Yang Harus Dilakukan Jika Aplikasi Gagal

Jika aplikasi Anda untuk TPV atau SHEV dan ditolak oleh DHA, maka Anda akan mendapatkan surat yang menjelaskan mengapa ditolak dan apakah kasus Anda telah dikirim ke IAA (Otoritas Penilaian Imigrasi) untuk ditinjau.

Anda kemudian memiliki 21 hari untuk menulis ke IAA mengatakan mengapa Anda tidak setuju dengan keputusan DHA, dan memberikan informasi baru. IAA hanya akan menerima informasi baru jika ada 'alasan luar biasa'. Jadi, sangat penting untuk meletakkan semua informasi tentang klaim Anda sepenuhnya sejak awal.

Jika Anda tiba di Australia dengan visa yang sah dan aplikasi Anda untuk visa perlindungan permanen, dan ditolak, maka Anda akan mendapatkan surat yang menjelaskan mengapa ditolak. Jika Anda ingin ini ditinjau maka Anda harus mengajukan aplikasi ke Pengadilan Banding Administratif dalam waktu 28 hari.

Jika Anda ditolak, Anda juga dapat meminta peninjauan oleh pengadilan (disebut 'peninjauan yudisial'), tetapi ini rumit dan bisa sangat mahal. Sehingga sebaiknya anda harus segera mendapatkan nasihat hukum tentang penolakan apa pun.

Protection Visa adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh suatu negara kepada individu yang melarikan diri dari negara asalnya karena penganiayaan. Ini berfungsi sebagai sarana untuk memberikan perlindungan dan perlindungan bagi mereka yang membutuhkan, dan memainkan peran penting dalam menegakkan kewajiban internasional untuk melindungi hak dan kesejahteraan pengungsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.