Sukses

Gerakan Bola Hasil Passing Bawah dalam Bola Voli adalah Akan Membentuk Parabola

Gerakan bola hasil passing bawah dalam bola voli adalah digunakan untuk mengumpan.

Liputan6.com, Jakarta - Gerakan bola hasil passing bawah dalam bola voli adalah yang benar akan membentuk parabola dan ini bagian dari teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain bola voli. Pada dasarnya, ini cara untuk mengumpan bola kepada rekan satu tim atau mengumpan bola ke arah tim lawan.

Dalam buku berjudul Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (2018) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemdikbud, teknik passing bawah pada dasarnya digunakan untuk menerima, menahan ataupun mengendalikan bola servis yang dilambungkan oleh tim lawan.

Dalam situasi ini, gerakan bola hasil passing bawah dalam bola voli adalah membuat pemain bertugas untuk menangkap bola yang datang dari arah lawan. Lalu, meneruskannya ke rekan satu tim atau mengembalikannya ke arah tim lawan dengan gerakan passing bawah yang tepat.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang gerakan bola hasil passing bawah dalam bola voli adalah akan membentuk parabola, Senin (3/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasilnya Akan Membentuk Parabola

Gerakan bola hasil passing bawah dalam bola voli adalah yang benar akan membentuk parabola saat dilambungkan ke atas dan akan mengarah ke arah yang diinginkan. Gerakan bola hasil passing bawah dalam bola voli adalah ini biasanya digunakan untuk memulai serangan atau mengantisipasi serangan dari tim lawan.

Teknik passing bawah dalam bola voli agar gerakan bola hasil passing bawah dalam bola voli adalah tepat, dapat dilakukan dengan dua cara. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, caranya menggunakan kedua tangan dan/atau hanya menggunakan satu tangan saja.

Kedua teknik tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Akan tetapi, penggunaan kedua tangan dianggap lebih aman dan stabil karena memberikan kontrol yang lebih baik pada bola.

Ketika melakukan gerakan passing bawah agar gerakan bola hasil passing bawah dalam bola voli adalah tepat, dengan kedua tangan, pemain diharuskan untuk menyatukan kedua telapak tangan dan membentuk bentuk cangkang. Hal ini dilakukan agar bola dapat dipukul dengan kuat dan tepat ke arah yang diinginkan. Selain itu, gerakan ini juga meminimalkan risiko terjadinya cedera pada tangan pemain.

Namun, dalam situasi tertentu seperti menerima serangan mendadak, pemain dapat menggunakan satu tangan untuk melakukan gerakan passing bawah agar gerakan bola hasil passing bawah dalam bola voli adalah tepat. Teknik ini dilakukan dengan cara memukul bola menggunakan telapak tangan yang diikuti dengan gerakan pergelangan tangan.

3 dari 3 halaman

Cara Melakukannya

Gerakan bola hasil passing bawah dalam bola voli adalah teknik dasar yang harus dikuasai dengan baik oleh setiap pemain. Salah satu kunci untuk melakukan gerakan ini dengan sempurna adalah bola harus dipukul dalam posisi yang rendah, sehingga bola tidak terlalu jauh dari lantai dan memungkinkan untuk dikuasai dengan lebih baik.

Pastikan untuk mengambil napas dalam-dalam saat bola mendekati dan mengembuskannya saat melakukan passing bawah, ini akan membantu meningkatkan stabilitas dan akurasi gerakan. Lakukan gerakan passing bawah dengan gerakan yang lembut dan tenang, hindari melakukan gerakan terlalu tergesa-gesa atau terlalu keras.

Cara melakukan gerakan bola hasil passing bawah dalam bola voli adalah agar tepat dan sempurna, ini langkah yang perlu diikuti dengan benar yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

  1. Pertama, pastikan untuk berdiri tegak dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan kedua lutut sedikit ditekuk. Badan harus condong ke depan untuk memudahkan gerakan passing.
  2. Kedua, persiapkan langkah dengan memajukan salah satu kaki ke depan. Hal ini memungkinkan pemain untuk bergerak lebih cepat saat bola datang. Selanjutnya, sikap kedua kaki saat melakukan passing adalah ditekuk ke depan seperti memasang kuda-kuda.
  3. Ketiga, pastikan posisi lengan pada saat melakukan passing bawah adalah kedua tangan diluruskan ke depan bawah dan dirapatkan, dengan posisi ibu jari sejajar. Jika bola sudah hampir tiba, arahkan kedua tangan mengikuti arah datangnya bola.
  4. Keempat, ayunkan kedua tangan untuk memukul bola dengan gerakan yang lembut dan tenang. Kedua siku tangan harus dipastikan dalam posisi lurus. Posisi perkenaan bola passing bawah terletak pada bagian lengan atau bagian atas pergelangan tangan.
  5. Kelima, saat melakukan gerakan passing bawah, pastikan untuk mengambil napas dalam-dalam saat bola mendekati dan mengembuskannya saat melakukan passing. Hal ini akan membantu meningkatkan stabilitas dan akurasi gerakan.
  6. Keenam, hindari melakukan gerakan passing bawah dengan tergesa-gesa atau terlalu keras. Lakukan gerakan secara perlahan dan pastikan untuk menyesuaikan kecepatan gerakan dengan kecepatan bola yang datang.
  7. Ketujuh, pastikan untuk meluruskan kedua lutut kaki ketika tangan memukul bola. Hal ini akan membantu menjaga keseimbangan tubuh dan memungkinkan untuk melakukan gerakan passing bawah dengan lebih stabil.
  8. Kedelapan, setelah melakukan gerakan passing bawah, pastikan untuk kembali ke posisi awal dan siap untuk menerima bola berikutnya. Terakhir, jangan lupa untuk terus berlatih dan mengasah teknik passing bawah agar semakin mahir dalam bermain bola voli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.