Sukses

Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Arab, Latin, dan Arti, Beserta Manfaatnya

Dengan membaca doa akhir tahun dan awal tahun, dosa-dosa kita selama setahun yang lalu akan diampuni.

Liputan6.com, Jakarta Membaca doa akhir tahun dan awal tahun merupakan salah satu hal yang telah diajarkan Rasulullah SAW. Meski doa akhir tahun dan awal tahun ini dianjurkan untuk dibaca setiap akhir tahun dan awal tahun hijriyah, namun bukan berarti kita tidak boleh membacanya di akhir tahun dan awal tahun masehi.

Membaca doa akhir tahun dan awal tahun memiliki keutamaan yang luar biasa. Dengan membaca doa akhir tahun dan awal tahun, dosa-dosa kita selama setahun yang lalu akan diampuni. Di samping itu, kita juga akan dilindungi dari fitnah untuk satu tahun ke depan.

Maka tidak mengherankan jika Rasulullah SAW menganjurkan untuk membaca doa akhir tahun dan awal tahun.

"Dari Abdullah bin Hasyim, ia berkata bahwa para Sahabat Rasulullah SAW mempelajari doa berikut jika memasuki tahun atau bulan “Ya Allah, masukan kami ke dalamnya dengan aman, iman, selamat dan Islam. Mendapatkan ridho Allah dan dijauhkan dari gangguan setan”, (HR Thabrani, Al Hafizh Al Haitsami menilai Hasan).

Lalu bagaimana bacaan doa akhir tahun dan awal tahun yang diajarkan Nabi Muhammad SAW? Berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com, Minggu (26/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa Akhir Tahun

Seperti yang sedikit dibahas sebelumnya, dengan membaca doa akhir tahun dan awal tahun, kita akan mendapatkan ampunan dosa selama setahun yang telah berlalu, serta dilindungi dari fitnah dan godaan setan selama setahun ke depan. Adapun bacaan doa akhir tahun adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allahumma ma amiltu min amalin fi hadzihis sanah ma nahaitani anhu wa lam atub minhu wa halumta fiha alayya bifadhlika ba’da qudratika ala uqubati wa da’autani ila taubati min ba’di jara’ati ala ma’shiyatika fa innis taghfartuka faghfili wa ma amiltu fiha mimma tardha wa wa’adtani alaihis tsawaba. Fas’aluka an tataqabbala minni wa la taqtha’ raja’i minka ya karim.

Artinya:“Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berrarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

3 dari 4 halaman

Doa Awal Tahun

Adapun bacaan doa awal tahun untuk melengkapi faedah dari doa akhir tahun adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allahumma antal abadiyyul qadimul awwal wa ala fadhlikal adzimi wa karimi judikal mu`awwal. Wa hadza ammun jadidun qad aqbal. As’alukal ishmata fihi minas syaithani wa auliyaihi wal ‘aun ala hadzhin nafsil ammarati bis syu’. Wal istighala bi ma yuqarribuni ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikram.

Artinya: “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Dan atas karunia-Mu yang besar dan mulia kemurahan-Mu, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun meminta tolong-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku meminta aktivitas keseharian yang mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

4 dari 4 halaman

Waktu yang Mustajab

Sama halnya seperti doa-doa lainnya yang memiliki waktu-waktu mustajab, doa akhir tahun dan awal tahun pun juga memiliki waktu-waktu mustajab untuk dibaca.

Bacaan doa akhir tahun sebaiknya dibaca sebelum maghrib pada tanggal 29 atau 30 Dzulhijjah. Sedangkan doa awal tahun  dibaca tepat setelah Maghrib pada 1 Muharram. Pasalnya penghitungan awal tahun hijriyah dimulai setelah terbenamnya matahari. Dalam rangka menyambut tahun baru Islam, doa awal tahun dibaca sebanyak tiga kali.

Kita juga diperkenankan untuk membaca doa akhir tahun dan awal tahun untuk tahun masehi. Doa akhir dan awal tahun ini dibaca sebanyak tiga kali sebelum dan sesudah pergantian tahun. Harapannya, di tahun yang akan datang kita senantiasa berada dalam pertolongan dan karunia-Nya, serta tercapai segala target dan resolusi yang baik, khususnya capaian spiritual yang lebih mendekatkan kita kepada Allah SWT.

Manfaat Membaca Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun

Bukan tanpa alasan mengapa kita dianjurkan untuk membaca doa akhir tahun dan awal tahun setiap tahunnya, terutama di akhir bulan Dzulhijjah dan awal bulan Muharam. Ini kaeran membaca doa akhir tahun dan awal tahun memiliki sejumlah manfaat jika diamalkan dengan baik.

Keutamaan membaca doa akhir dan awal tahun adalah untuk menghapus dosa selama setahun yang lalu. Selain itu, membaca doa akhir tahun dan awal tahun juga membuat kita mendapatkan perlindungan dari fitnah setan untuk setahun berikutnya.

Sebagaimana disampaikan oleh Syaikh Abbas Al-Qummy dalam kitabnya, Mafatihul Jinan, "Barangsiapa membaca doa akhir tahun maka setan berkata, 'Celaka! Sia-sia usahaku satu tahun ini yang menggoda anak Adam, telah dihancurkan hanya dengan sesaat sebab membaca doa ini. Maka aku bersaksi, ia telah mengakhiri tahun ini dengan segala kebaikan.'"

Dan jika ditambah dengan membaca doa awal tahun maka setan akan berkata, "Anak Adam itu telah aman dariku di sisa umurnya di tahun ini, karena Allah SWT telah mewakilkan dua malaikat yang akan menjaganya dari fitnah setan."

Demikian adalah bacaan dan manfaat dari membaca doa akhir tahun dan awal tahun. Semoga bisa dipraktikkan dengan baik setiap akhir bulan Dzulhijjah dan awal bulan Muharam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.