Sukses

35 Ucapan Bela Sungkawa Islam Penuh Doa dan Menyentuh Hati, Tunjukkan Empati

kumpulan ucapan bela sungkawa Islam yang penuh makna dan doa

Liputan6.com, Jakarta Agama Islam menekankan untuk memberikan ucapan belasungkawa kepada mereka yang telah mengalami kesedihan. Merupakan kewajiban bagi umat Islam untuk memberikan kenyamanan dan dukungan kepada mereka yang berduka, dan berdoa untuk jiwa yang telah meninggal. Berbela sungkawa bukan hanya cara untuk mengungkapkan simpati tetapi juga cara untuk memperkuat ikatan persaudaraan dalam komunitas Muslim.

Dalam Islam, menyampaikan ucapan bela sungkawa kepada seseorang yang telah kehilangan orang yang dicintai adalah bagian penting dari menunjukkan dukungan dan empati. Kematian anggota keluarga, teman, atau kolega bisa menjadi saat yang sulit, dan penting untuk menyampaikan belasungkawa dan memberikan dukungan kepada mereka yang sedang berduka.

Ada beberapa ungkapan tradisional Islam yang dapat digunakan untuk menyampaikan belasungkawa, dan kata-kata penghiburan ini dapat memberikan penghiburan bagi yang berduka selama masa sulit ini. Dari Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un yang sederhana namun kuat hingga doa dan permohonan yang lebih rumit, agama Islam menawarkan berbagai cara untuk mengungkapkan belasungkawa.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber kumpulan ucapan bela sungkawa Islam yang penuh makna dan doa, pada Senin (20/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ucapan Bela Sungkawa Pertama

Frasa umum lainnya yang digunakan dalam belasungkawa Islam termasuk Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu, yang berarti Ya Allah, ampunilah dia, kasihanilah dia, dan berikan dia kedamaian, dan Allah yarhamha, yang berarti Semoga Allah kasihanilah dia. Ungkapan-ungkapan ini mengungkapkan harapan bahwa jiwa yang telah meninggal akan menerima pengampunan dan rahmat Allah.

Namun selain itu, terdapat juga kata-kata ungkapan bela sungkawa lainnya yang bisa diberikan kepada mereka yang berduka. Ungkapan-ungkapan ini adalah cara untuk menunjukkan cinta, kasih sayang, dan solidaritas kepada mereka yang mengalami kehilangan dan untuk mengingatkan mereka bahwa mereka tidak sendirian dalam kesedihan mereka.

  1. Inna Lillahi Wa Inna Ilahi Raji'un. Semoga Allah SWT memperluas kuburnya dan memberinya kedamaian abadi. Allah SWT selalu menyayangi orang-orang yang beriman kepadanya.
  2. Inna illahi wa inna ilaihi roji’un. Saya dan keluarga turut berduka cita. Semoga keluarga yang ditinggalkan memperoleh ketabahan dari Allah SWT.
  3. Inna illahi wa inna ilaihi roji’un. Dunia hanyalah tempat persinggahan untuk menunggu hari akhir. Semoga almarhum beristirahat dengan tenang.
  4. Innalillahi wainnalillahi rojiun. Turut berduka cita. Insya Allah ibumu mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT.
  5. Inna illahi wa inna ilaihi roji’un. Aku turut berduka cita atas kehilangan yang telah menimpamu hari ini. Semoga engkau dan keluargamu selalu berlimpah kekuatan dan ketabahan dari Allah SWT.
  6. Sesungguhnya ia adalah milik Allah SWT. Putramu adalah anak yang baik dan berbakti. Semoga dia husnul khotimah.
  7. Innalillahi wainnalillahi rojiun. Semoga kamu diberikan kekuatan menghadapi ujian ini. Ingatlah bahwa sesungguhnya Allah SWT tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan kita.
  8. Semoga Allah SWT memudahkan almarhum atau almarhumah melewati semua tahapan kehidupan di akhirat. Turut berduka cita sedalam-dalamnya.
  9. Semoga dosa-dosa almarhum dapat diampuni oleh Allah SWT. Semoga dia terselamatkan dari siksa api neraka dan ditempatkan di surga yang mulia. Semoga diluaskan kuburnya dan dibersihkan segala kesalahannya semasa hidup. Aamiin.
  10. Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un. Turut berdukacita atas kepergiannya, semoga beliau husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan keikhlasan.
3 dari 4 halaman

Kalimat Bela Sungkawa Selanjutnya

  1. Allahummaghfirli warhamha, semuanya akan indah pada waktunya, maka tetap menjadi kuat dan tabah
  2. Kematian bukanlah akhir dari segalanya. Sebaliknya, ia adalah suatu langkah awal dari kehidupan yang abadi di akhirat. Turut berduka cita sedalam-dalamnya, semoga Allah SWT memberikan tempat terbaik baginya.
  3. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Semua ini adalah rencana baik dari Allah Swt. Kita harus menerima kepergiannya dengan ketabahan dan hati lapang.
  4. Inna lillahi wa inna ilayhi raji’un. Saya turut berduka atas kepergian almarhum. Semoga Allah Swt mengampuni segala dosa-dosanya dan Allah Swt kumpulkan dengan orang-orang yang saleh.
  5. Inna lillahi wa inna ilahi raji’un. Aku tidak akan pernah melupakan kebaikannya. Semoga Allah SWT memberinya istirahat yang tenang dan keluarga diberikan kekuatan dan ketabahan.
  6. Semoga dia merasakan damai di akhirat. Mari kita anggap bahwa kematian dirinya adalah pengingat bahwa kodrat setiap makhluk yang bernyawa pasti akan mengalami hidup dan mati.
  7. Inna lillahi wa inna ilahi raji’un. Kebaikan serta ketulusan beliau akan selalu aku ingat selamanya di dalam hati. Semoga beliau sudah tenang berada di sisi-Nya. Aku turut bersedih dan berduka cita sedalam-dalamnya.
  8. Turut berbelasungkawa, semoga kesedihan yang kamu alami saat ini bisa segera kamu lalui dan beliau diberikan tempat paling indah, nyaman di sisi-Nya.
  9. Inna illahi wa inna ilaihi roji’un. Semoga almarhum/almarhumah diberikan tempat paling baik di sisi-Nya. Ikhlaskan kepergiannya karena suatu saat nanti kita pasti akan berkumpul kembali di rumah idaman, yaitu surga yang kekal.
  10. Setiap yang datang, pasti akan kembali. sesungguhnya Allah SWT adalah sang pemilik rencana terbaik bagi seluruh umat-Nya. Semoga almarhum diberikan tempat terbaik di surga, dan tenang di sisi Allah SWT.
  11. Inna illahi wa inna ilaihi roji’un. Semua ini adalah rencana baik dari Allah SWT. Kita harus menerima kepergiannya dengan ketabahan dan hati lapang.
  12. Turut berduka cita yang paling dalam. Kebaikan serta ketulusan almarhum akan selalu aku ingat selamanya dalam hati. Almarhum sudah tenang berada di sisi-Nya. Semoga Allah SWT memberikan kamu ketabahan dan kekuatan sebesar-besarnya.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Terakhir ...

  1. Semua yang lahir akan mati, tetapi tidak ada bukan berarti dilupakan. Kamu dengan rela melepaskan keluarga yang kami sayangi untuk menghadap Allah SWT. Semoga selalu dilapangkan kuburannya dan diampuni segala dosa-dosanya.
  2. Semua orang merasa kehilangan atas kepergiannya dan kita semua pasti merindukannya. Kita doakan yang terbaik untuknya.
  3. Rezeki, jodoh, dan umur sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Mari kita ikhlaskan dan berlapang dada atas segala ketentuannya. Semoga Allah menambah kesabaran dan kekuatan iman.
  4. Semoga Allah merahmatimu dan menambah ketabahan dalam hatimu. Ikhlaskan dengan lapang dada, semoga almarhum diterima oleh Sang Pencipta.
  5. Semua orang merasa kehilangan atas kepergiannya dan kita semua pasti merindukannya. Kita doakan yang terbaik untuknya.
  6. Semoga kuburnya diterangkan, ibadahnya diterima, dosanya terampuni, dan kebaikannya diteladani. Ia Allah panggil lebih dulu, karena Allah menyayanginya. Rasa belasungkawa kami sungguh tak sebanding dengan cinta-Nya.
  7. Kepergian almarhum adalah takdir yang telah Allah gariskan. Keluarga kami turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya. Semoga almarhum dilapangkan kuburnya dan berat timbangan amal baiknya kelak. Semoga kamu tabah dan kuat dalam menjalani ini, ya.
  8. Kami turut berduka atas kepergiannya. Semoga wafatnya ia menjadikan kalian lebih kuat menjalani hidup, tidak memupuskan persaudaraan dan kekeluargaan, serta meningkatkan amal baik sebagai bekal menunggu kematian.
  9. Jangan bersedih, semua akan berkumpul kembali di akhir zaman nanti. Harus yakin bahwa Allah SWT akan mempertemukan kita dengan saudara yang lain setelah tiba waktunya.
  10. Yang lahir akan mati, tetapi yang tak ada bukan berarti dilupakan. Kami rela melepas keluarga kami yang kami sayangi untuk menghadap kepada Allah SWT. Semoga ia dilapangkan kuburnya dan diampuni segala dosanya. Aamiin.
  11. Allah SWT tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan kita sebagai manusia. Maka, tetaplah tegar atas kepergiannya karena semuanya akan indah pada waktunya.
  12. Sesungguhnya ia adalah milik Allah dan kepada-Nya lah ia akan kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisiMu termasuk ke dalam golongan orang-orang baik. Dan jadikanlah catatannya di ‘illiyyin.
  13.  Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Kepulanganmu begitu cepat kepada Sang Khalik. Semua kenangan tentangmu akan selalu aku ingat hingga habis usiaku. Di sini aku hanya dapat mendoakanmu agar segala amal baikmu diterima dan semua kesalahanmu diampuni oleh Allah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.