Sukses

6 Tanda Tangan Keren dan Simpel, Simak Cara Membuatnya

Tanda tangan adalah tanda sebagai lambang nama yang dituliskan oleh orang itu sendiri sebagai penanda pribadi.

Liputan6.com, Jakarta Contoh tanda tangan keren bisa menjadi referensi bagi anda yang baru saja akan membuat tanda tangan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian tanda tangan adalah tanda sebagai lambang nama yang dituliskan dengan tangan oleh orang itu sendiri sebagai penanda pribadi (telah menerima dan sebagainya).

Dengan mengetahui contoh tanda tangan keren dan simpel, maka anda bisa membuatnya dengan mudah. Tanda tangan menjadi sesuatu yang penting bagi kita semua seperti untuk membuktikan identitas, integritas suatu surat atau dokumen hingga sebagai koreksi pada suatu surat.

Tanda tangan keren dan simpel biasanya dibuat dengan diawali dengan inisial nama dari pembuat. Meski begitu, ada pula yang membuat tanda tangan keren dan simpel tanpa diawali dengan huruf depan nama dari pembuat.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai contoh tanda tangan keren dan simpel serta cara membuat tanda tangan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Tanda Tangan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tanda tangan adalah tanda sebagai lambang nama yang dituliskan dengan tangan oleh orang itu sendiri sebagai penanda pribadi (telah menerima dan sebagainya).

Sedangkan menurut Tan Thong Kie dalam buku Hukum Telematika Indonesia (2020) karya Sugeng, S.P., S.H., M.H., tanda tangan adalah suatu pernyataan kemauan pembuat tanda tangan atau penanda tangan, bahwa ia dengan membubuhkan tanda tangannya di bawah suatu tulisan menghendaki agar tulisan itu dalam hukum diaggap sebagai tulisannya sendiri.

Sedangkan secara umum, tanda tangan adalah suatu susunan atau huruf tanda berupa tulsan dari yang menandatangani dengan nama orang yang membuat pernyataan atau keterangan tersebut dapat di individualisasikan.

3 dari 4 halaman

Contoh Tanda Tangan Keren dan Simpel

1. Inisial nama

Contoh tanda tangan keren dan simpel yang pertama adalah dengan inisial nama. Biasanya seseorang membuat tanda tangan keren dan simpel menggunakan inisial nama anda, baik berupa huruf depan nama maupun tengah.

2. Garis bawah

Contoh tanda tangan keren dan simpel yang berikutnya adalah garis bawah. Garis bawah ini biasanya digunakan untuk melambangkan kepribadian Anda, di mana dengan bebas mengekspresikan kepercayaan diri dan kemampuan untuk mengatasi tantangan sehari-hari. 

3. Lancip atau tajam

Contoh tanda tangan keren dan simpel berikutnya memiliki bentuk yang lancip atau tajam. Tanda tangan keren dan simpel yang memiliki bentuk lancip atau tajam mempunyai kepribadian yang cerdas, agresif, bersemangat, berani dan juga berpendidikan. 

4. Penekanan yang kuat

Contoh tanda tangan keren dan simpel selanjutnya memiliki bentuk dengan penekanan yang kuat. Tanda tangan keren dan simpel yang memiliki penekanan yang kuat mempunyai kepribadian yang komitmen tinggi, perfeksionis, dan memiliki kecenderungan lebih serius. Akan sangat cocok jika Anda gunakan tanda tangan ini untuk perjanjian bisnis, ataupun surat yang bersifat penting.

5. Berbentuk besar

Contoh tanda tangan keren dan simpel lainnya yakni yang memiliki bentuk besar. Bentuk tanda tangan ini mempunyai makna kepribadian seperti rasa percaya diri yang tinggi. Namun jika tanda tangan keren dan simpel berbentuk lebih besar, bisa menandakan bahwa anda adalah orang yang cenderung egois dan ingin menang sendiri. 

6. Coretan

Contoh tanda tangan keren dan simpel yang berikutnya adalah berbentuk coretan. Bentuk tanda tangan keren coretan ini bisa buat seperti tulisan yang tidak bisa dibaca. Meski terlihat abstrak, tanda tangan keren berbentuk coretan ini juga bisa menjadi gaya tanda tangan sesuai dengan preferensi anda.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Tanda Tangan Secara Online

1. Menggunakan Microsoft Word

  1. Buka dokumen yang akan ditandatangani.
  2. Arahkan kursor ke area di dokumen Word yang akan dibubuhi tanda tangan.
  3. Selanjutnya, pilih tab Insert.
  4. Buka daftar Signature Line yang terletak di kelompok Text.
  5. Pilih Microsoft Office Signature Line untuk membuka kotak dialog Signature Setup.
  6. Klik OK ketika pada kotak dialog tentang signature service dari pihak ketiga.
  7. Di kotak dialog Signature Setup, masukkan data-data penandatangan, seperti nama, jabatan, dan alamat surel. Jika dibutuhkan, ketikkan instruksi untuk penandatangan.
  8. Jika dibutuhkan, klik untuk mencentang opsi menampilkan tanggal tanda tangan atau mengijinkan penandatangan menambahkan komentar.
  9. Klik OK.

2. Menggunakan Docksketch

  1. Buka docsketch.com melalui browser.
  2. Pilih fitur 'Draw Signature'.
  3. Buatlah tanda tangan sesuai keinginan. Jika belum puas, Anda bisa mengulang dan menghapus tanda tangan dengan cara menekan tombol 'Clear'.
  4. Tentukan warna tanda tangan dengan fitur 'Color' di bagian bawah kolom tanda tangan. Setelah puas dengan hasil tanda tangan, klik saja tombol 'Save'.
  5. Lalu, geser sakelar transparent background jika ingin membuat latar (background) tanda tangan menjadi transparan.
  6. Kemudian, tekan 'Download' untuk menyimpan tanda tangan ke laptop atau smartphone.

3. Menggunakan aplikasi Adobe Fill & Sign 

  1. Download aplikasi Adobe Fill & Sign.
  2. Buka aplikasi Adobe Fill & Sign di HP. Kemudian pilih ikon pena dan pilih Create Signature.
  3. Buatlah tanda tangan dengan menggunakan jari di layar smartphone. Jika sudah selesai pilih Done.
  4. Pastikan dokumen Word yang ingin ditandatangani sudah tersimpan di HP atau smartphone sebelumnya.
  5. Kemudian pilih opsi Select a form to fill out untuk membubuhi dokumen dengan tanda tangan.
  6. Ketika sudah masuk ke dalam dokumen yang ingin ditandatangani, selanjutnya pilih ikon pena, lalu pilih Signature.
  7. Tempatkan tanda tangan dengan cara menyeret tanda tangan di tempat yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.