Sukses

Apakah Hari Kiamat Sudah Dekat? Ini Penjelasan Al-Qur’an

Hari Kiamat benar sudah dekat sebagaimana dijelaskan Allah SWT dalam Al-Qur’an surat al-Anbiya ayat 1.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Hari Kiamat sudah dekat? Pengetahuan tentang hari kehancuran alam semesta seisinya hanya Allah yang mengetahuinya. Hari Kiamat benar sudah dekat sebagaimana dijelaskan Allah SWT dalam Al-Qur’an surat al-Anbiya ayat 1.

“Telah dekat kepada manusia hari menghisab segala amalan mereka, sedang mereka berada dalam kelalaian lagi berpaling (daripadanya).”

Kementerian Agama Republik Indonesia atau Kemenag RI menjelaskan tafsirnya, bahwa telah semakin dekat kepada manusia, yang kafir dan yang menyekutukan Allah, perhitungan amal mereka, pada Hari Kiamat tentang semua yang mereka kerjakan di dunia.

Apakah Hari Kiamat sudah dekat, dalam ayat tersebut digambarkan dengan Yaumul Hisab. Ini tahapan keempat dari rangkaian terjadinya Hari Kiamat setelah Malaikat Israfil untuk meniup sangkakala, manusia dibangkitkan, dan dikumpulkan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang kebenaran bahwa Hari Kiamat sudah dekat, lengkap gambaran dan tandanya, Minggu (12/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hari Kiamat Sudah Dekat

Kapan terjadinya Hari Kiamat hanya Allah yang mengetahui dan manusia ditunjukkan dari tanda-tandanya serta peringatan dari Allah dan Rasul-Nya. Hari Kiamat dalam Al-Qur’an surat al-Anbiya ayat 1 ditegaskan kedatangannya sudah dekat.

Allah SWT berfirman dalam surat al-Anbiya ayat 1 sebagai berikut:

 

ٱقْتَرَبَ لِلنَّاسِ حِسَابُهُمْ وَهُمْ فِى غَفْلَةٍ مُّعْرِضُونَ

Iqtaraba lin-nāsi ḥisābuhum wa hum fī gaflatim mu'riḍụn

“Telah dekat kepada manusia hari menghisab segala amalan mereka, sedang mereka berada dalam kelalaian lagi berpaling (daripadanya).”

 

Kemenag RI menjelaskan bahwa telah semakin dekat kepada manusia, yang kafir dan yang menyekutukan Allah, perhitungan amal mereka, pada Hari Kiamat tentang semua yang mereka kerjakan di dunia.

Sementara itu, mereka manusia dengan semakin dekatnya Hari Kiamat justru dalam keadaan lalai tentang dahsyatnya hari kiamat, karena kesibukan mereka tentang dunia, mereka berpaling dari iman terhadap akhirat.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surat al-Araf ayat 187:

“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: Bilakah terjadinya?

Katakanlah: Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia.

Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya.

Katakanlah: Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Hari Kiamat sudah dekat digambarkan secara tersirat, yang diwakili dengan istilah Hari Menghisab karena itu bagian dari tahapannya. Yaumul Hisab adalah tahapan keempat dari terjadinya Hari Kiamat setelah Malaikat Israfil untuk meniup sangkakala dua kali sebagai tanda Allah mulai menghancurkan alam semesta seisinya.

Kemudian, manusia akan dibangkitkan dari kuburnya. dan manusia akan dikumpulkan di padang mahsyar. Setelah dikumpulkan, manusia akan dihisab atau dihitung amal baik dan buruknya. Tahapan Hari Kiamat ini akan terus berlangsung sampai Hari Pembalasan tiba.

Pertanyaan apakah Hari Kiamat sudah dekat, terjawab dengan firman Allah tersebut. Bahwa benar, pengetahuan tentang Hari Kiamat hanya Allah yang mengetahui dan benar Allah menegaskan Hari Kiamat sudah dekat yang ditandai dengan kelalaian umat manusia dari jalan-Nya.

3 dari 4 halaman

Gambaran Hari Kiamat

Begini gambaran Hari Kiamat sebagaimana dijelaskan dalam buku berjudul Pasti Bisa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMA/MA Kelas XII oleh Tim Ganesha Operation, gambaran Hari Kiamat adalah sebagai berikut:

- Pertama, Allah akan memerintahkan kepada Malaikat Israfil untuk meniup sangkakala sebanyak dua kali.

Tiupan pertama adalah penanda bahwa kiamat telah tiba dan bumi mulai dihancurkan. Bumi pun akan menjadi gelap gulita. Hanya terdengar suara jeritan dan tangisan ketakutan. Alam semesta akan hancur porak poranda tak bersisa. Semua makhluk yang ada di dalamnya akan binasa.

Tiupan kedua adalah penanda Allah akan kembali memerintahkan Malaikat Israfil untuk meniup sangkakala yang kedua. Tiupan ini untuk membangkitkan kembali orang-orang yang telah mati.

- Kedua, akan tiba masa hari kebangkitan manusia (yaumul ba’as) dari kuburnya dan dibangkitkan dalam keadaan berbeda sesuai amal perbuatannya semasa hidup di dunia.

- Ketiga, akan tiba hari dikumpulkannya semua manusia (yaumul mahsyar) di Padang Mahsyar untuk menanti keputusan Allah atas semua perbuatannya selama hidup di dunia.

- Keempat, akan tiba hari diperhitungkannya (yaumul hisab) semua amal perbuatan manusia selama hidup di dunia. Pada hari itu, semua amal manusia akan ditunjukkan kepada mereka masing-masing, berapa banyak amal baik dan buruknya.

- Kelima, akan tiba hari ditimbangnya semua amal perbuatan yang telah dilakukan oleh manusia saat hidup di dunia, lebih banyak amal baik atau buruknya akan diketahui.

- Keenam, menyeberangi jembatan siratal mustaqim. Ini jembatan yang tipisnya melebihi sehelai rambut yang dibelah tujuh serta lebih tajam dari pedang. Jembatan ini menghubungkan antara Padang Mahsyar dan surga. Di bawahnya terdapat jurang neraka yang sangat dalam.

- Ketujuh, akan tiba hari perjumpaan (yaumul fasl) di mana setiap orang nantinya akan bertemu dengan golongannya. Apabila beramal baik selama hidup, ia akan berkumpul dengan sesama orang-orang salih di akhirat kelak. Ini berlaku untuk kebalikannya juga.

- Kedelapan, akan tiba hari pembalasan (yaumul jaza) bagi setiap manusia sesuai dengan amal perbuatan masing-masing. Jika ia termasuk golongan orang baik, akan di tempatkan di surga. Ini berlaku kebalikannya.

4 dari 4 halaman

Tanda Hari Kiamat Sudah Dekat

Kedatangan hari kiamat adalah pasti dengan sejumlah tanda-tandanya. Dalam Islam, mempercayai tanda Hari Kiamat sudah dekat menjadi bagian dari rukun iman yang sesungguhnya. Apa saja tanda Hari Kiamat sudah dekat dalam Islam itu?

Dalam buku berjudul Tanda-Tanda Kiamat oleh Mahmud Rajab Hamady, dijelaskan tanda Hari Kiamat sudah dekat ada sepuluh. Mulai dari kemunculan Imam Mahdi, Dajjal, Nabi Isa AS, hingga muncul kehancuran Ka’bah.

“Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: Ka’bah diruntuhkan oleh Dzu Suwaiqatain dari Habasyah." (HR. Muslim dan Bukhari)

Tanda Hari Kiamat sudah dekat yang Liputan6.com rangkum dari buku yang sama adalah:

Kemunculan Imam Mahdi adalah salah satu tanda kiamat dalam Islam. Menurut hadis Al Hakim, Imam Mahdi akan muncul di akhir umat manusia. Ia akan hidup selama tujuh atau delapan tahun, dan akan ada banyak kebaikan terjadi di muka bumi pada saat itu.

Tanda lain dari kiamat dalam Islam adalah kemunculan Dajjal. Menurut hadis Nabi Muhammad SAW, Dajjal akan menyebarkan fitnah di muka bumi. Tidak ada mahluk yang lebih berfitnah dari Dajjal. Kemunculan Dajjal merupakan tanda bahwa kiamat semakin dekat.

Kemunculan Nabi Isa AS adalah tanda lain dari kiamat dalam Islam. Nabi Isa akan memimpin dunia, dan semua orang akan beriman kepadanya menjelang kematiannya. Nabi Isa akan menjadi saksi pada hari kiamat nanti.

Selain itu, tanda-tanda kiamat dalam Islam juga termasuk kemunculan Ya'juj dan Ma'juj. Menurut Al-Qur'an, Ya'juj dan Ma'juj adalah makhluk yang berbuat kerusakan di bumi. Mereka akan muncul pada saat kiamat semakin dekat.

Beberapa tanda-tanda kiamat dalam Islam juga termasuk terbitnya matahari dari arah Barat, kemunculan binatang melata, kabut dan angin berhembus, munculnya api dari Yaman, dan gempa bumi yang dahsyat. Semua tanda-tanda ini mengindikasikan bahwa kiamat semakin dekat dan bahwa manusia harus mempersiapkan diri secara spiritual dan moral.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.