Sukses

Ayam Ini Jago Berselancar di Samudra Hindia, Kini Jadi Seleb Lokal

Kisah ayam suka berenang di samudra.

Liputan6.com, Jakarta Ayam memang sudah lama dipercaya pandai berkokok. Namun siapa sangka, ayam juga bisa berselancar. Menaiki papan, seekor ayam kini tengah jadi perbincangan usai memamerkan kemampuannya mengarungi ombak di lautan. Itulah bakat yang dimiliki ayam bernama Mrs Chook. Ayam itu selalu didampingi pemiliknya saat melakukan surfing.

Melansir dari New York Post, sang pemilik ayam pandai berselancar itu bernama Elaine Janes. Wanita paruh baya itu rutin membawa Mrs Chook untuk berselancar di pantai Pantai Ocean Grove Australia yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Menariknya, ayam jago berselancar itu sudah mahir mengarungi ombak lautan yang semakin dalam setiap minggu. 

“Anda tidak dapat membuat ayam suka dengan air, terutama lautan, tetapi ayam yang satu ini memiliki gairah,” kata Janes kepada 9News mengutip dari New York Post. 

Janes sekarang menghabiskan pagi hari di pantai dengan melempar Mrs. Chook ke ombak dangkal di Samudra Hindia sekitar lima kali per sesi. Menariknya, ayam yang jago berselancar itu seperti ketagihan mendatangi ombak lautan. Berikut Liputan6.com merangkum kisah ayam jago berselancar di Samudra Hindia ini melansir dari berbagai sumber, Senin (6/3/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diajarkan Sejak Piyik

Kebanyakan ayam suka dengan tempat kering, tidak dengan Mrs. Chook yang lebih suka dengan lautan. Menariknya, air laut yang asin justru tak membuat ayam jago selancar ini terganggu kesehatannya. Dalam hal ini Janes ternyata punya rahasia di balik ayamnya bisa gemar menikmati ombak lautan. 

Janes menceritakan pertama kali membawa ayamnya ke kota tepi pantai, Point Lonsdale, Bellarine Peninsula, near Queenscliff, Victoria, Australia. Tepatnya kala itu di masa pandemi atau pada Oktober 2021 lalu. Saat itu, anakan ayam yang kini gemar berselancar dibawanya berjumpa dengan air laut untuk pertama kalinya. 

“Pemilik Elaine Janes mulai membawa anak ayamnya ke Point Lonsdale selama pandemi dan melanjutkan rutinitasnya selama 18 bulan terakhir,” kutip dari New York Post. 

Berbeda dari bebek, tidak semua ayam kebal terhadap basah. Mengingat ayam akan sering mencari tempat hangat dan mengeringkan diri saat terkena hujan. Namun beberapa ayam bisa beradaptasi dengan air, bahkan banjir. 

 

 

3 dari 3 halaman

Juga Punya Ayam Gemar Skateboard

Lewat keterangan yang sama, Janes juga punya ayam dengan hobi unik lainnya. Kali ini ayam Janes lainnya suka dengan skateboard. Lewat laman TikTok milik pribadinya @chookwhisperer, Ayam Janes terlihat menaiki papan skateboard dan meluncur di lintasan. 

Kebiasaan unik ayam ini berhasil mencuri perhatian netizen. Mengingat ayam berselancar di laut dan main skateboard bukan menjadi hal yang wajar.  Janes mengakui kebiasaan ayam peliharaannya itu murni merupakan sebuah kelebihan. Bahkan ia mengakui ayam-ayamnya tersebut mendapatkan kegembiraan tersendiri . 

“Dia memiliki hasrat untuk berada di air dan dia memiliki hasrat untuk bodysurfing. Lihat saja wajahnya, itu murni kepuasan, kebahagiaan, kegembiraan,” kata Janes.

Tak hanya Mrs. Chook, Janes juga turut membawa ayam-ayam lainnya ke pantai. Ayam lainnya duduk di sepanjang bebatuan atau menjelajahi pasir sebelum kembali ke rumah untuk mandi dan berhanduk. Jika perlu, Janes juga merawat ayam-ayamnya yang basah pakai pengering. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.