Sukses

Berat Bayar Kos, Pria Ini Pilih Hidup Ekstrem Tinggal di Gua Selama 16 Tahun

Bosan membayar sewa kos, pria ini pindah ke gua selama 16 tahun, hingga disebut 'manusia gua' zaman modern.

Liputan6.com, Jakarta Jika tidak memiliki rumah sendiri atau ingin tinggal di tempat lain selain kampung halaman, sewa atau kos adalah salah satu pilihannya. Kekurangannya, kita harus membayar biaya bulanan yang tentu tidak dapat dihindari. Baik itu seorang pelajar, mahasiswa, atau pekerja, mereka harus menghadapinya. 

Adanya sejumlah faktor, kehidupan modern mengharuskan tinggal di daerah perkotaan yang mahal. Sementara beberapa dapat dengan mudah membayarnya, yang lain mencari opsi yang lebih murah. Kisah unik ini bisa membuat Anda geleng kepala.

Tetapi akankah suatu saat seseorang yang tidak memiliki rumah dapat hidup damai dengan atap di atas kepalanya sambil menghindari membayar sewa. Inilah yang dialami oleh seorang pria dengan gagasannya sendiri, seperti dilansir Liputan6.com dari India Times, Selasa (7/3/2023).

Gagasan pria itu untuk menghindari membayar sewa dan bekerja dengan sempurna tanpa mengeluarkan uang untuk biaya kos, beberapa orang mungkin mengatakan itu ekstrem. Inilah yang dia lakukan untuk berhenti menggunakan uang sama sekali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pria ini mulai tinggal di sebuah gua untuk menghindari membayar sewa

Daniel Shellabarger, mantan penghuni rumah yang bosan membayar sewa kos dan menghabiskan 16 tahun tinggal di gua. Shellabarger, juga dikenal sebagai Suelo, mampu bertahan hidup sendiri selama 16 tahun di dalam gua tanpa pernah menggunakan uang.

Ketika sewa mereka menjadi terlalu mahal, kebanyakan orang pindah ke hostel atau lokasi yang lebih murah. Namun di Moab, kota yang dekat dengan Utah, Shellabarger mewujudkan impian manusia gua modern. Dan dia membuat perubahan lain dalam hidupnya juga. Dia meninggalkan semua modernitas dan hidup seperti manusia gua sebelum beralih ke uang.

Dia hidup dari makanan organik dan barang-barang yang dia kumpulkan dari jalan. Namun, ia terpaksa kembali ke masyarakat pada tahun 2016 untuk merawat orangtuanya yang sakit. Sejak pertengahan 1990-an, menurut Shellabarger, dia sudah tinggal di gua.

 

3 dari 3 halaman

Kehidupan perkotaan modern membuatnya 'depresi'

Dia memutuskan untuk pindah secara permanen ke gua tersebut pada tahun 2009 setelah memberikan semua harta miliknya. Dia mendapatkan ketenaran setelah tampil di publikasi dan episode Only Human, di mana dia berkata: "Saya sebenarnya telah tidur di gua lebih lama daripada saya hidup tanpa uang mungkin sejak pertengahan 90-an.

Ketika saya memiliki pekerjaan terhormat di kota, saya memutuskan untuk tidak membayar lagi dan tinggal di luar rumah. Ketika Suelo tinggal di gua penuh waktu tanpa uang, dia hanya hidup dengan beberapa barang primitif," katanya.

Berbicara tentang saat dia memutuskan untuk berhenti menggunakan uang, dia berkata: "Saya mengeluarkan uang dari saku saya dan pergi ke bilik telepon di Pennsylvania dan saya meletakkannya di atas dan saya pikir seseorang akan mengambilnya."

Dia mengaku selama tinggal di guanya, pemerintah tidak pernah memberikan bantuan apapun. Dia menjawab bahwa dia sangat tertekan dengan kehidupan modern ketika ditanya mengapa dia pindah ke gua dan tinggal sendirian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.