Sukses

Model Gamis Syari yang Paling Populer, Tetap Modis Meski Tertutup

Gamis adalah pakaian muslim wanita dengan model baju yang menyatu antara atasan dan bawahan dengan bentuk lurus, panjang, hingga longgar.

Liputan6.com, Jakarta Gamis syari kini banyak dicari oleh para Muslimah. Gamis adalah pakaian muslim wanita dengan model baju yang menyatu antara atasan dan bawahan dengan bentuk lurus, panjang, hingga longgar.

Model dari gamis syari biasanya memiliki ukuran pakaian yang lebih lebar, longgar, dan panjang hingga menutupi seluruh tubuh dari atas hingga bawah. Namun dengan semakin berkembangnya dunia fashion, model gamis syari juga mulai mengikuti perkembangan.

Meskipun model gamis syari udah berkembang dan banyak variasi yang sangat fasionable. Namun, tidak semua style busana hijab dapat diikuti oleh muslimah yang sudah berkomitmen untuk menggunakan baju syari.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai model gamis syari yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (4/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Model Gamis Syari yang Paling Populer

1. Abaya

Model baju syari yang berikutnya adalah abaya. Abaya adalah salah satu model busana dasar yang berfungsi sebagai busana luar, berpotongan lebar dan lurus yang dipakai para muslimah di kawasan Timur Tengah seperti Iran, Saudi Arabia, Yaman, Qatar, Mesir, Syiria, dan negara Timur Tengah lainnya. Abaya tradisional berwarna hitam yang dipakai menutupi seluruh badan, muka, dan telapak tangan.

Bahkan wanita Arab banyak mengenakan cadar saat menggunakannya. Model baju syari ini merupakan style yang banyak dikenakan oleh muslimah syari.  Kini, abaya menjadi salah satu model baju syari yang cukup populer termasuk di Indonesia. Baju abaya memiliki potongan hampir sama dengan gamis hanya saja lebih lebar dan lurus.

2. Gamis layering

Gamis layering adalah model gamis yang memiliki tumpukan kain pada bagian badannya. Sehingga terlihat lebih mengembang dan bervolume. Model gamis syari ini membuat pemakaianya memiliki badan yang lebih berisi.

3. Gamis ikat

Model gamis ikat ini hampir mirip dengan gamis pada umumnya, namun yang membedakan adalah adanya tambahan draperi pada bagian kanan dan kiri. Sehingg membuat pinggang dari pemakainya kelihatan kecil dan ramping.

4. Gamis full kancing

Model gamis full kancing ini dilengkapi dengan kancing di bagian depan dari atas hingga ke bagian bawah kaki, sehingga model gamis syari ini hampir mirip dengan kemeja. Supaya terlihat modis, anda bisa menambahkan rok plisket. Selain menambah elegan dan anggun, rok plisket ini membuat baju anda terlihat makin bervolume dan mengembang.

3 dari 4 halaman

Model Gamis Syari yang Paling Populer

5. Gamis peplum

Model gamis syari jenis ini termasuk model gamis wanita yang simpel. Sebab tidak banyak aksen pada bagian gamisnya, namun di bagian pinggang diberikan ilusi lebih ramping dan jenjang saat digunakan.

6. Kaftan

Kaftan adalah varian dari jubah atau tunik. Berasal dari Asia, telah dipakai oleh sejumlah budaya di seluruh dunia selama ribuan tahun. Model dari gamis syari ini yakni pakaian berpotongan longgar dan panjang yang berasal dari kerajaan Persia Kuno. Pada umumnya, kaftan memiliki kerah kelelawar yang flowy.

7. Gamis rayon

Jeni gamis rayon ini memiliki ukuran dan motif yang bervariasi serta banyak pilihannya. Selain itu, terbuat dari bahan rayon premium berkualitas dengan konstruksi 84/60 paling tebal di kelasnya. Dengan bahan lain yang adem di kulit membuat gamis rayon ini banyak digemari oleh Muslimah.

8. Rinia dress brukat tile

Selanjutnya, model gamis syari adalah rinia dress brukat tile. Jenis gamis syari ini terbuat dari bahan moscrepe dengan motif polos yang cantik, sehingga dapat dipadupadankan dengan jilbab bermotif. Biasanya baju ini digunakan untuk ke acara formal seperti pernikahan hingga pengajian.

4 dari 4 halaman

Tips Memilih Gamis Syari yang Sesuai dengan Bentuk Tubuh

Meski baju gamis syari identik dengan ukurang longgar, panjang, dan lebih lebar. Namun bagi anda yang sudah istiqomah untuk memakai baju syari, tak perlu khawatir karena anda masih bisa memilih gamis syari yang bukan itu-itu saja. Berikut cara memiliki gamis syari sesuai dengan bentuk tubuh:

1. Badan kurus tinggi

Bagi anda yang memiliki badan kurus dan tinggi, anda bisa mengenakan model gamis syari yang berlayer hingga bentuk A line maupun lurus. Bahkan anda juga bisa memilih gamis yang polos hingga bermotif untuk membuat tampilan anda lebih stylish.

2. Berisi mungil

Bagi anda yang memiliki badan berisi mungil. Model gamis syari yang bisa anda pilih yakni polos tanpa corak dengan model lurus. Hindari gamis yang bercorak ramai hingga corak besar. Jika ingin memakai gamis dengan corak, sebisa mungkin pilihlah yang motifnya kecil-kecil.

3. Kurus mungil

Bagi anda yang memiliki badan kurus dan mungil, bisa memilih gamis syari yang memiliki bentuk potongan pinggang atau perut sehingga akan membuat kaki terlihat lebih jenjang.

4. Berisi tinggi

Bagi anda yang memiliki badan berisi tinggi, anda bisa memilih model gamis yang memiliki model A line atau lebih lebar untuk menyamarkan bagian tubuh yang menonjol. Memilih gamis yang lebar bervolume juga bisa membuat gamis pas di badan dan terlihat lebih stylist. Sedangkan untuk pilihan corak gamis yang cocok adalah pilihlah yang corak yang kecil-kecil. 

5. Badan jam pasir

Bagi anda yang memiliki badan jam pasir, anda bisa memilih model gamis syari yang memiliki potongan pada bagian pinggangnya. Atau juga dapat memilih gamis dengan hiasan yang terfokus pada bagian pinggang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.