Sukses

Sebelum Dajjal Keluar di Hari Kiamat, Ini Sosok Dajjal Kecil yang Disebut Telah Muncul

Sebelum Dajjal yang pendusta terbesar di sepanjang sejarah umat manusia, terlebih dulu akan muncul Dajjal kecil.

Liputan6.com, Jakarta Adapun salah satu dari tanda-tanda kiamat adalah munculnya sosok Dajjal. Di hari kiamat, dajjal akan menjadi sosok yang menebarkan fitnah paling besar dalam sejarah umat manusia. Ini karena kelebihan yang diberikan Allah kepadanya, sehingga Dajjal dapat memukau sebagian umat manusia di hari kiamat.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Dajjal akan mempunyai kekuasaan atas langit dan bumi, dan akan menawarkan surga dan neraka kepada orang-orang."

Di awal kemunculannya, Dajjal akan mengaku sebagai nabi yang akan menyesatkan sebagian besar umat manusia. Kemudian perlahan-lahan Dajjal akan mengaku sebagai tuhan.

Dajjal akan muncul dari arah Timur, dari Khurasan, dari kalangan Yahudi Isfahaan. Dia kemudian akan melakukan perjalanan ke seluruh bumi dan tidak akan meninggalkan kota tanpa memasukinya, selain Makkah dan Madinah, yang tidak akan bisa dia masuki karena para malaikat menjaganya.

Namun sebelum Dajjal muncul akan terjadi serangkaian peristiwa yang menjadi tanda-tanda kemunculan Dajjal, di antara munculnya para Dajjal Kecil, yang disebut berjumlah tiga puluh. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (3/3/2023), berikut ciri-ciri Dajjal kecil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dajjal Kecil

Dajjal besar akan muncul di hari kiamat dan hanya akan dapat dibunuh oleh seorang nabi. Dalam hal ini, sosok yang disebut akan membunuh Dajjal besar yang muncul di hari kiamat adalah Nabi Isa ibn Maryam. Namun sebelum Dajjal yang pendusta terbesar di sepanjang sejarah umat manusia, terlebih dulu akan muncul Dajjal kecil.

Yang dimaksud sebagai Dajjal kecil adalah, sosok-sosok yang memiliki ciri dan sifat yang menyerupai Dajjal laknatullah, yang muncul berulang kali.

Adapu disebutkan dalam sebuah hadits, salah satu ciri dari Dajjal kecil adalah dia adalah sosok yang gemar berdusta. Adapun dusta yang dia lakukan adalah dusta yang terkait dengan agama.

Dajjal kecil juga memiliki ciri yang mirip dengan Dajjal besar yang muncul di hari kiamat. Dia bertubuh pendek. Kakinya melingkar. Rambutnya keriting. Dajjal kecil juga memiliki dahi yang lebar. Sebelah matanya tertutup. Sebelah matanya yang lain dapat melihat namun juling.

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Akan datang di akhir zaman, beberapa orang dari umatku yang bicara sesuatu yang tidak pernah didengar sebelumnya (yang aneh-aneh) oleh kalian atau kakek moyang kalian. Maka berhati-hatilah kalian dan jauhilah mereka” (HR. Ahmad no. 8267, dihasankan oleh Syu’aib Al Arnauth).

3 dari 5 halaman

Menyampaikan Kabar yang Belum pernah Didengar

Adapun bentuk dusta yang akan disampaikan dajjal kecil ini adalah kabar yang belum pernah didengar sebelumnya. yang dimaksud kabar yang belum pernah didengar mengacu pada hukum-hukum yang berkebalikan dengan ajaran Islam. Kabar atau hukum yang disampaikan para Dajjal kecil ini bahkan tidak pernah didengar oleh ulama-ulama terdahulu.

Maka dikabarkan oleh Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bahwa di akhir zaman akan ada orang-orang yang bicara agama tanpa ilmu (tanpa dalil), bersandarkan pada hadits yang dusta (hadits palsu) dan isi perkataannya yang aneh-aneh, tidak pernah didengar oleh para salaf terdahulu. Padahal masalah agama seharusnya merujuk pada pemahaman salafus shalih terdahulu. Mereka itulah dajjal-dajjal kecil.

“Akan datang di akhir zaman, dajjal-dajjal yang pendusta. Mereka menyampaikan kepada kalian berbagai perkataan yang tidak pernah didengar oleh kalian sebelumnya atau oleh kakek moyang kalian. Maka berhati-hatilah terhadap mereka dan jangan sampai kalian sesat dan jangan sampai kalian terfitnah” (HR. Muslim no. 7).

4 dari 5 halaman

Dajjal Kecil Berjumlah 30

Dajjal kecil ini tidak seperti Dajjal besar yang akan muncul di hari kiamat. Dia akan datang berulang kali di setiap masa. Sebagian dari mereka ada yang mengaku sebagai nabi, juru selamat, dan sebagainya.

Para Dajjal kecil ini akan mengaku sebagai utusan Allah dan menyampaikan dusta agama. Meski tidak diketahui secara pasti siapa yang dimaksud sebagai Dajjal kecil tersebut, namun dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa jumlah Dajjal kecil ini ada 30.

"Hari kiamat tidak akan datang sampai muncul banyak dajjal sang pembohong, (jumlahnya) sekitar 30 orang dan semuanya mengaku sebagai utusan Allah." (Riwayat al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah)

5 dari 5 halaman

Perlindungan dari Fitnah Dajjal

Mengingat bagaimana sebelum kemunculan Dajjal besar di hari kiamat akan muncul para Dajjal kecil yang juga akan menyebarkan fitnah agama, penting bagi kita untuk terus memohon perlindungan kepada Allah agar tidak terlindung dari fitnah Dajjal.

Selain itu, hendaknya dalam beragama kita tidak hanya sekadar ikut-ikutan saja. Pastikan untuk selalu mengembalikan segala perkara kembali pada Al-Qur'an dan Sunnah. Allah SWt berfirman dalam surat An-Nisa ayat 83, yang artinya,

“Dan apabila datang kepada mereka suatu berita tentang keamanan atau pun ketakutan, mereka lalu menyiarkannya. Dan kalau mereka menyerahkannya kepada Rasul dan Ulil Amri di antara mereka, tentulah orang-orang yang ingin mengetahui kebenarannya (akan dapat) mengetahuinya dari mereka (Rasul dan Ulil Amri). Kalau tidaklah karena karunia dan rahmat Allah kepada kamu, tentulah kamu mengikut setan, kecuali sebahagian kecil saja (di antaramu)” (QS. An Nisa: 83).

Dan hendaknya kita senantiasa untuk berdoa dan memohon perlindungan dari Allah SWT, sebagaimana disampaikan dalam hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah,

"Rasulullah SAW bersabda,  'Ketika salah satu dari kalian mengatakan Tasyahhud, biarkan dia berlindung kepada Allah dari empat hal, dan katakan: “Allahumma inni a'oodhi bika min 'adhaab jahannam wa min'adhaab al-qabri wa min fitnat il-mahyaa wa'l-mamaat wa min sharri fitnat al-masih al-dajjal (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka, dari siksa neraka kubur, dari cobaan hidup dan mati, dan dari kejahatan fitnah Dajjal).” [HR. Muslim, no. 924]

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.