Sukses

Pertama di Dunia, Perusahaan Ini Buat Celana dengan Fitur Airbag

Tertarik untuk membeli celana jeans airbag ini?

Liputan6.com, Jakarta Memiliki keamanan yang memadai saat berkendara memang diperlukan. Tentunya ini dibutuhkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tak terduga dan tak diinginkan terjadi.

Salah satunya ialah dengan adanya fitur keselamatan berkendara seperti airbag di mobil. Namun, pernahkah kamu mendengar mengenai adanya airbag yang bisa dipakai langsung pada celana?

Meski terdengar unik, rupanya airbag celana ini benar-benar ada. Dilansir Liputan6.com dari Oddity Central, Selasa (28/2/2023) sebuah perusahaan di Sweida membuat sebuah terobosan yang tak biasa. Pasalnya, perusahaan Mo'cycle mengumumkan membuat sebuah celana jeans yang dilengkapi dengan fitr air bag.

Celana ini pun diklaim menjadi yang pertama di dunia yang memiliki perlengkapan perlindungan benturan untuk tubuh bagian bawah. Meski bisa digunakan oleh semua kalangan, namun rupanya celana ini dikhususkan untuk pengendara motor jika terjadi kecelakaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertama di dunia hingga tahan air

Celana jeans yang dilengkapi dengan airbag ini pun berhasil mencuri perhatian banyak netizen. Perusahaan Mo'cycle ini menyebutkan memilih untuk membuat jeans airbag pertama di dunia. Mereka pun telah melihat adanya helm dengan tambahan bantalan serta pengikat punggung seperti ransel untuk melindungi si pemakai dari benturan.

Jeans yang terbuat dari armalih ini merupakan sebuah kain khusus yang terlihat dan terasa seperti denim. Namun kain yang digunakan untuk celana airbag ini juga tahan air serta tanah abrasi.

Memliki fitur airbag, celana ini pun dapat mengembang karena dilengkapi fitur kantung udara bawaan yang bisa mengembang otomatis saat terjadi kecelakaan motor.

3 dari 3 halaman

Bisa digunakan kembali

Jika biasanya airbag hanya dapat digunakan satu kali saja, airbag satu ini bisa digunakan kembali. Mo'cycle menyebutkan jika kantung udara tersebut dapat dikempiskan dan kemudian dihubungan ke tabung urada terkompreasi lainnya.

Para pemakainya pun tak perlu khawatir jika airbag tersebut aktif secara tak sengaja. Pasalnya, Mo'cycle mengklaim bahwa pemicunya membutuhkan kekuatan setidaknya 88 pound (40kg) untuk melepaskannya, yang berarti bahwa jatuh dari kendaraan adalah satu-satunya cara untuk mengaktifkan kantung udara.

“Satu-satunya perlindungan dampak yang Anda miliki dalam jeans sepeda motor biasa pada dasarnya adalah pelindung lutut dan terkadang Anda mendapatkan pelindung pinggul. Sebagian besar cedera terjadi pada tubuh bagian bawah dalam kecelakaan sepeda motor yang serius, jadi selama 17 tahun saya mencoba mengatasi masalah ini. Apa yang dilakukan airbag untuk mobil akan terjadi pada kita pengendara sepeda motor.” kata pendiri dan desainer Mo'cycle, Moses Shahrivar

Celana airbag ini pun dibanderol mulai harga $499 atau sekitar Rp 7,6 juta. Tertarik membelinya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.