Sukses

Model Baju Syari bagi Muslimah, Tetap Manis dan Stylish Meski Tertutup

Ada berbagai model baju syari yang bisa anda jadikan sebagai referensi.

Liputan6.com, Jakarta Baju syari untuk wanita muslimah merupakan ketentuan yang sesuai syariat Islam. Pada umumnya, baju syari memiliki ukuran pakaian yang lebih lebar, longgar, dan panjang hingga menutupi seluruh tubuh dari atas hingga bawah.

Dengan semakin berkembangnya dunia fashion, style busana hijab kini perlahan mulai berkembang dan banyak variasi yang sangat fasionable. Namun, tidak semua style busana hijab dapat diikuti oleh muslimah yang sudah berkomitmen untuk menggunakan baju syari.

Bagi anda yang sudah istiqomah untuk memakai baju syari tidak perlu khawatir, karena anda bisa mengenakan style baju syari yang bukan itu-itu saja. Berikut ini terdapat beberapa model baju syari bagi muslimah yang ingin tampil stylish meski tertutup yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (24/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Model Baju Syari Bagi Muslimah

1. Gamis

Model baju syari yang pertama adalah gamis. Model ini merupakan style yang sering dikenakan oleh wanita yang syari. Gamis adalah one piece dress atau gaun satu bagian yang sering kita sebut dengan terusan. Gamis sendiri terbuat dari berbagai jenis bahan, mulai dari katun, sifon, balotelli, wollycrepe dan lain-lain. Berikut ini terdapat beberapa model gamis terbaru, yakni:

a. Gamis layering

Gamis layering adalah model gamis yang memiliki tumpukan kain pada bagian badannya. Sehingga terlihat lebih mengembang dan bervolume.

b. Gamis ikat

Model gamis ikat ini hampir mirip dengan gamis pada umumnya, namun yang membedakan adalah adanya tambahan draperi pada bagian kanan dan kiri.

c. Gamis full kancing

Model gamis full kancing ini dilengkapi dengan kancing di bagian depan dari atas hingga ke bagian bawah kaki, sehingga model gamis ini hampir mirip dengan kemeja.

d. Gamis peplum

Model gamis jenis ini termasuk model gamis wanita yang simpel. Sebab tidak banyak aksen pada bagian gamisnya, namun di bagian pinggang diberikan ilusi lebih ramping dan jenjang saat digunakan.

2. Abaya

Model baju syari yang berikutnya adalah abaya. Abaya adalah salah satu model busana dasar yang berfungsi sebagai busana luar, berpotongan lebar dan lurus yang dipakai para muslimah di kawasan Timur Tengah seperti Iran, Saudi Arabia, Yaman, Qatar, Mesir, Syiria, dan negara Timur Tengah lainnya. Abaya tradisional berwarna hitam yang dipakai menutupi seluruh badan, muka, dan telapak tangan.

Bahkan wanita Arab banyak mengenakan cadar saat menggunakannya. Model baju syari ini merupakan style yang banyak dikenakan oleh muslimah syari.  Kini, abaya menjadi salah satu model baju syari yang cukup populer termasuk di Indonesia. Baju abaya memiliki potongan hampir sama dengan gamis hanya saja lebih lebar dan lurus.

3. Salwar kameez

Model baju syari selanjutnya adalah salwar kameez. Salwar kameez sering dianggap sebagai pakaian tradisional, namun juga digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Ini adalah pakaian tradisional dan sudah ada sejak berabad-abad yang lalu. Model baju syari ini mirip dengan abaya karena memiliki style yang panjang dan lebar.

Salwar Suits menutupi seluruh tubuh kecuali tangan, wajah, dan jari kaki karena terdiri dari dua bagian, kameez atau suit adalah pakaian seperti tunik yang panjang sedangkan kameez dan salwar adalah pakaian seperti celana panjang.

3 dari 3 halaman

Tips Padu Padan Baju Syari

Supaya baju syari tetap stylish meski tampil tertutup, anda perlu memperhatikan tips padu padan berikut ini:

1. Menggunakan busana maxi

Busana maxi adalah dress yang berukuran panjang dan memiliki potongan hingga melibihi mata kaki. Piliha busana maxi yang memiliki aksen belt maupun model lengan balon supaya model busana syari anda tidak monoton.

2. Menggunakan busana dengan siluet loose

Pada umumnya, baju syari memiliki style yang itu itu saja. Anda bisa memilih model baju syari dengan rancangan siluet loose agar tidak membentuk lekuk tubuh. Contohnya seperti siluet H-line yang memberi kesan santun dengan bentuk lurus ke bawah.

3. Menggunakan khimar layer

Selain baju syari, anda juga bisa memilih jenis khimar. Khimar yang memiliki layer dapat membuat tampilan anda berbeda dan elegan. Khimar sendiri memiliki potongan yang lebar dan panjang sehingga dapat menutup bagian dada hingga ke pinggang.

Namun bagi anda yang terlalu repot mengenakan khimar dapat memakai scarf yang ukurannya lebar. Scarf dengan warna yang senada atau bermotif juga akan membuat tampilan anda semakin menawan dan stylish.

4. Padukan dengan outer

Apabila anda mengenakan gamis polos dengan potongan A line, anda bisa memadukannya dengan outer asimetris. Long outer cocok dipadukan dengan hijab syar’i segi empat ataupun pashmina. Hal ini akan membuat tampilan anda terlihat modis dan stylish.

5. Padukan dengan coat

Selain dipadukan dengan outer, anda juga bisa memadukannya dengan coat. Coat atau mantel khusus wanita ini sering dikenakan bada saat acara formal, karena potongan chic dan terlihat modis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.