Sukses

4 Model Baju Muslim Wanita Populer, Cocok Untuk Pengajian Hingga Nikahan

Rekomendasi model baju muslim wanita populer yang cocok untuk berbagai acara.

Liputan6.com, Jakarta Model baju muslim kian berkembang, seiring dengan berkembangnya masyarakat muslim. Sesuai ajaran Islam, baju Muslim harus menutupi aurat sepenuhnya.

Dahulu model baju muslim kerap dianggap kurang menarik karena desain, bentuk serta warna yang terkesan monoton. Namun saat ini, telah banyak model baju muslim yang tidak kalah mempesona dengan model pakaian lainnya, sehingga kini para muslimah bisa tetap mengenakan pakaian yang tertutup namun tetap modus.

Model baju muslim terbaru ini dirancang sedemikian rupa agar terlihat menarik, namun juga tetap nyaman digunakan. Selain itu seiring dengan kebutuhan masyarakat, model baju muslim yang populer saat ini juga telah dirancang untuk bisa digunakan dalam berbagai kegiatan, mulai dari acara keagamaan hingga acara formal seperti pernikahan.

Lantas model baju muslim apa saja yang bisa jadi pilihan? Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (1/2/2023) rekomendasi model baju muslim wanita populer yang cocok untuk berbagai acara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Model Baju Muslim Wanita Populer

1. Abaya

Model baju muslim wanita yang pertama adalah abaya. Abaya adalah model baju muslim yang paling populer dari semuanya. Abaya juga dikenal dengan nama yang berbeda seperti chador, burkha, burqa, dan lain sebagainya tergantung di negara mana anda menggunakannya. Abaya adalah pakaian longgar yang nyaman dikenakan di atas pakaian utama. Abaya dengan baik menutupi lekuk tubuh karena desainnya panjang dan mengalir biasanya hingga setinggi lantai.

Sekarang abaya hadir dalam semua warna tetapi secara tradisional dibuat dalam warna hitam. Abaya datang dalam berbagai desain dan gaya seperti Abaya Payung, Abaya Anarkali, Abaya Batwing, Abaya Pendek, Abaya Flared, Abaya Polos, dan lain sebagianya. Kain berkualitas baik dipilih untuk menjahit varian abaya yang cocok untuk cuaca dingin dan hangat. Tidak masalah apakah anda seorang wanita pekerja atau ibu rumah tangga, abaya cocok dan tersedia untuk wanita dari segala usia. 

2. Salwar Kameez

Model baju muslim yang selanjutnya adalah Salwar Kameez. Salwar Kameez sering dianggap sebagai pakaian tradisional, namun juga digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Ini adalah pakaian tradisional bagi mereka dan sudah ada sejak berabad-abad yang lalu. Salah satu alasan kenapa ini populer adalah, karena seperti Abaya itu sederhana dan pada saat yang sama dikenakan secara mandiri tanpa perlu menggunakan abaya. 

Salwar Suits menutupi seluruh tubuh kecuali tangan, wajah, dan jari kaki karena terdiri dari dua bagian, Kameez atau suit adalah pakaian seperti tunik yang panjang sedangkan Kameez dan Salwar adalah pakaian seperti celana panjang. Jenis pakaian ini sangat nyaman dipakai sehingga beberapa sekolah dan agensi menjadikannya sebagai kode berpakaian untuk wanita. 

Model Salwar Kameez ini lebih populer dari sebelumnya karena berbagai adaptasi. Jas Anarkali, Jas Lurus, Jas Churidar, Jas Pakistan, Jas Palazzo, Jas Sharara, Jas Punjabi adalah beberapa pilihan umum dan favorit para fashionista. Mereka tersedia dalam berbagai desain, kain, gaya dan warna. Mulai dari pakaian sehari-hari, pakaian kerja dan festival.

3 dari 3 halaman

Model Baju Muslim Wanita Populer

3. Kaftans

Model baju Muslim populer lainnya untuk wanita adalah kaftan. Kaftan secara historis merupakan simbolis dari royalti dan warisan. Sudah ribuan tahun dipakai oleh para sultan dan kerajaan Ottoman karena berasal dari Mesopotamia. Saat ini, sangat umum melihat wanita mengenakan Kaftan di negara-negara Timur Tengah, Afrika, dan Maroko. Pakaian Islami selalu umum dalam dua aspek, kenyamanan dan kesopanan. 

Kaftan juga mengusung fitur inti yang sama. Desainnya panjang dan cair dibuat untuk menutupi sebagian besar tubuh anda, berapa pun ukuran anda. Kelepak seperti batwings di kedua sisi ketiak pakaian membuatnya terlihat istimewa dan unik dibandingkan dengan gaun lainnya. Ada banyak desain yang tersedia untuk dibeli karena tersedia dalam berbagai gaya yang dirancang sesuai dengan kebutuhan anda. 

Kaftan umumnya dibuat sebagai gaun one-piece tetapi mungkin juga memiliki dua lapisan tergantung pada gayanya. Lapisan luar berfungsi sebagai penutup dengan tombol dan lapisan dalam tetap berada di dalam. Beberapa gaya Kaftan yang populer adalah Takchita, Kaftan Islamic, Jalabiya, Farasha, dan yang paling populer dari semua Kaftan Maroko.

4. Tunik

Model baju muslim wanita yang terakhir adalah Tunik. Tunik selalu terlihat trendy karena para fashionista suka menghiasinya dengan pola yang berbeda. Mereka biasanya selutut dan selalu dikenakan dengan celana panjang yang serasi. Karya seni yang luar biasa juga dapat dilihat pada gaun ini karena sulamannya cukup menarik meskipun tersedia dalam berbagai cetakan, pola, dan opsi yang bahkan menyertakan saku utilitas untuk kenyamanan anda.

Karena pakaian yang memukau ini perlu dikenakan dengan celana yang serasi, anda juga dapat memilih variannya. Anda bisa memilih gaya baggy atau menyebutnya celana jenis patiyala atau celana churidar lurus. Tunik yang sama dapat memberi anda penampilan berbeda dengan celana yang berbeda, cukup atur dengan benar agar sesuai dengan warna dan gaya anda. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.