Sukses

Al Sami Artinya Maha Mendengar, Pahami Makna dan Dalil-Dalilnya

Al Sami artinya dalam bahasa Indonesia adalah Maha Mendengar, berikut ini makna dan dalil-dalilnya

Liputan6.com, Jakarta Al Sami artinya dalam bahasa Indonesia adalah Maha Mendengar, Al Sami merupakan salah satu dari 99 nama terpuji Allah atau yang juga kita dengar dengan nama Asmaul Husna. Al Sami artinya Yang Mendengar, nama ini menggambarkan Allah yang sempurna dan maha mendengar semua suara, bahkan suara bisikan yang paling disembunyikan pun tidak dapat dikecualikan dari pendengaranNya.

Al Sami artinya Allah mendengar mendengar setiap kata, pikiran, dan rahasia. Allah mendengarkan dan memperhatikan segala sesuatu, secara sempurna, abadi, dan tanpa batas apapun. Tidak ada yang tersembunyi dari-Nya di bumi atau di langit. Tidak ada yang di luar pendengaran-Nya, bahkan jika itu tersembunyi. Sehingga panggillah Allah di saat senang dan di saat sulit.

Al Sami merupakan salah satu Asmaul Husna yang penting untuk dipahami umat muslim. Karena asmaul husna ini menggambarkan kesempurnaan Allah yang kita sembah dan imani keberadaannya. Memahami Al Sami, artinya berusaha memahami pencipta kita secara lebih mendalam, yang mana hal ini dapat meningkatkan keimanan kita kepadaNya.

Lantas apa arti dan makna nama Al Sami? Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (20/2/2023). Arti kata Al Sami beserta dengan makna dan dalil-dalilnya dalam Al Quran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Al Sami Artinya

Al Sami Artinya

Al Sami artinya Sang Pendengar. Dimana pendengarannya yang abadi tanpa telinga, alat atau organ. Allah adalah As-Sami (dalam bahasa Arab: ٱلْسَّمِيعُ) Maha Mendengar. Dia memperhatikan setiap permohonan, mendengarkan semua yang menjangkau-Nya. Apakah kita berbicara dengan keras atau diam-diam, Inggris atau Prancis, Allah سُبْحَٰنَهُۥ وَتَعَٰلَىٰ mendengar semuanya.

Dari akar kata sin-mim-ayn (س م ع), yang memiliki konotasi bahasa Arab klasik berikut ini: mendengar, mendengarkan, menerima, menerima, diberi tahu, memperhatikan, memperhatikan, memperhatikan mengerti artinya.

Nama Allah, As-Sami ditetapkan dalam Al-Qur'an. Dimana pendengarannya jauh lebih besar daripada pendengaran kita. Imam Al-Ghazali menulis,  "Dia mendengar tanpa organ pendengaran atau telinga, sebagaimana Dia bertindak tanpa anggota badan dan berbicara tanpa lidah; dan pendengarannya bebas dari kecelakaan yang bisa menimpanya."

Surat Saba Ayat 50

قُلْ إِن ضَلَلْتُ فَإِنَّمَآ أَضِلُّ عَلَىٰ نَفْسِى ۖ وَإِنِ ٱهْتَدَيْتُ فَبِمَا يُوحِىٓ إِلَىَّ رَبِّىٓ ۚ إِنَّهُۥ سَمِيعٌ قَرِيبٌ

Artinya: Katakanlah: "Jika aku sesat maka sesungguhnya aku sesat atas kemudharatan diriku sendiri; dan jika aku mendapat petunjuk maka itu adalah disebabkan apa yang diwahyukan Tuhanku kepadaku. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Dekat".

3 dari 4 halaman

Makna Allah Maha Mendengar

Makna Allah Maha Mendengar

Jadi bagaimana kita kemudian mengkonseptualisasikan pendengaran Allah? Dari ayat sebelumnya, kita belajar bahwa Allah dekat dengan kita semua, dan Dia selalu mendengarkan. Tidak ada kekurangan dalam persepsi-Nya. Dia mendengar semua, bahkan jika itu tersembunyi. Dia tahu apa yang dirasakan oleh hati. Jadi, apa pun yang anda inginkan, do'a dan mintalah dari Allah Yang Maha Kuasa. 

Tidak ada batasan dan tidak ada yang tidak dapat dipenuhi. Atribut ini juga sebagai pengingat jika anda membutuhkan seseorang untuk diajak bicara, Dia akan selalu ada untuk mendengar dari hamba-Nya. Kita tidak harus pergi ke rumahnya hanya untuk dekat dengan-Nya. 

Surat Al-Baqarah Ayat 186

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا۟ لِى وَلْيُؤْمِنُوا۟ بِى لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya: Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintahKu) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

Semua manusia, pada tingkat tertentu, mendambakan untuk dicintai dan didengarkan. Dan kadang-kadang, orang-orang terdekat kita bisa paling menyakiti kita karena kita mengharapkan mereka membalas minat, dan ketika tidak, rasanya seperti pengkhianatan. Kami telah meluangkan waktu untuk mendengarkan mereka, tetapi mereka berbalik dan memprioritaskan kehidupan dan masalah mereka sendiri.  

Kita harus menyadari bahwa seorang teman yang baik adalah seseorang yang akan mendengarkan tidak hanya ketika kita mendapat kabar baik tetapi juga ketika kita sedang sedih. Dalam Al-Qur'an, Allah berkali-kali meyakinkan kita bahwa Dia adalah Maha Mendengar yang kekal. Teman dan pendengar terbaik yang bisa anda minta. Kita selalu dapat mundur dan mengetahui bahwa Dia mendengarkan dan tersedia bagi kita.

Surat Al-Mujadalah Ayat 1

قَدْ سَمِعَ ٱللَّهُ قَوْلَ ٱلَّتِى تُجَٰدِلُكَ فِى زَوْجِهَا وَتَشْتَكِىٓ إِلَى ٱللَّهِ وَٱللَّهُ يَسْمَعُ تَحَاوُرَكُمَآ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ سَمِيعٌۢ بَصِيرٌ

Artinya: Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan wanita yang mengajukan gugatan kepada kamu tentang suaminya, dan mengadukan (halnya) kepada Allah. Dan Allah mendengar soal jawab antara kamu berdua. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

4 dari 4 halaman

Kisah Nabi Yaqub AS

Kisah Nabi Yaqub AS

Pada titik terendah dalam hidup kita, kita mungkin mempertanyakan apakah Allah telah mendengar doa kita. Di saat-saat lemah, syaitan berbisik di telinga kami, menipu kami untuk berpikir bahwa permohonan kita tidak terdengar. Ini adalah pemikiran yang salah. Hanya karena kita tidak langsung mendapatkan apa yang kita inginkan, bukan berarti Dia tidak mendengar doa kita. 

Ingatlah bahwa bahkan Nabi Yaqub AS menghabiskan waktu bertahun-tahun terpisah dari putranya Yusuf AS. Dia berduka seperti ayah mana pun. Al-Qur'an menyatakan bahwa penglihatan Yaqub AS terganggu karena stres, kesedihan, dan sering menangis. Tapi Yaqub AS tidak pernah goyah dalam rencana Allah untuknya. Dia terus berpaling kepada-Nya, berdoa, berdoa, meminta agar dia dipertemukan kembali dengan putranya. 

Akhirnya, doanya berubah dari yang didengar menjadi diterima dan dia dipertemukan kembali dengan putranya. Kehalusan lain yang sering terlewatkan, yang melingkupi nama Al-Sami, adalah penerimaan Allah dan/atau tanggapan-Nya. Seperti yang disebutkan Yaqub AS "Allah memiliki kekuasaan penuh dan kendali atas urusan-urusan-Nya." 

Inilah mengapa Nabi Ibrahim dan Ishamel meminta kepada Allah untuk menerima doa mereka karena Dia adalah Samee Ul Aleem . Dia mendengar dan mengetahui apa yang terbaik bagi orang beriman.

Surat Al-Baqarah Ayat 127

وَإِذْ يَرْفَعُ إِبْرَٰهِۦمُ ٱلْقَوَاعِدَ مِنَ ٱلْبَيْتِ وَإِسْمَٰعِيلُ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّآ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْعَلِيمُ

Artinya: Dan (ingatlah), ketika Ibrahim meninggikan (membina) dasar-dasar Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa): "Ya Tuhan kami terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui".

Dari sini, kita juga memahami pentingnya menjaga kata-kata dan tindakan kami. Jika setiap saat kita menyadari bahwa Allah mengawasi kita, maka kita akan berbicara dan bertindak dengan sikap yang paling baik. Kita akan rajin menghindari semua hal yang dilarang dan dibenci oleh Allah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.