Sukses

Cara Membuat Sabun Mandi yang Aman, Gunakan Bahan Alami dan Organik

Cara membuat sabun mandi sangat mudah, menggunakan bahan organik dan juga lidah buaya.

Liputan6.com, Jakarta Sabun mandi adalah produk perawatan tubuh, yang digunakan untuk membersihkan kulit dan menghilangkan kotoran dan minyak berlebih yang terkumpul pada kulit. Sabun mandi tersedia dalam berbagai macam bentuk dan varian, mulai dari sabun batang tradisional hingga sabun cair, busa mandi, dan sabun scrub. Terdapat beberapa cara membuat sabun mandi yang mudah, dari kombinasi minyak, lemak, hingga Lye atau bahan alkali yang dicampur dengan air, untuk membentuk adonan sabun.

Cara membuat sabun mandi yang mudah dan aman ini, bisa Anda lakukan di rumah sebagai proyek Do it yourself (DIY). Perlu Anda ketahui, sabun mandi akan bekerja dengan mengikat kotoran dan minyak yang terdapat pada kulit, dan melarutkannya dalam air sehingga bisa dibilas dengan mudah. Beberapa sabun mandi juga mengandung bahan-bahan seperti pewangi, pewarna, dan bahan-bahan alami lainnya yang bermanfaat bagi kulit, seperti minyak esensial, vitamin, dan ekstrak tumbuhan.

Sabun mandi dapat membantu menjaga kelembaban kulit, mengurangi jerawat, dan memberikan efek relaksasi dan penghilang stres melalui aroma dan sensasi yang dihasilkan saat digunakan. Meskipun banyak jenis sabun mandi yang tersedia di pasaran, namun dengan cara membuat sabun mandi sendiri, bisa jadi alternatif yang menarik dan kreatif. Selain itu, membuat sabun mandi sendiri dapat memberikan kendali penuh atas bahan-bahan yang digunakan.

Berikut ini cara membuat sabun mandi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (20/2/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Sabun Mandi

cara membuat sabun mandi yang bisa Anda lakukan di rumah adalah sebagai berikut:

Bahan-bahan:

- Minyak

Pada dasarnya, sabun mandi terdiri dari kombinasi minyak atau lemak dengan alkali kuat seperti natrium hidroksida (lye). Kombinasi ini menghasilkan sabun mandi dengan kualitas yang berbeda-beda. Minyak atau lemak yang umum digunakan untuk membuat sabun mandi antara lain minyak kelapa, minyak sawit, minyak zaitun, dan minyak kacang kedelai. Namun, bahan-bahan seperti mentega shea, minyak biji rami, minyak bunga matahari, dan minyak kelapa sawit juga dapat digunakan.

- Natrium Hidroksida (Lye)

Natrium Hidroksida atau yang lebih dikenal dengan sebutan Lye, merupakan bahan kimia yang sangat kuat dan berbahaya jika tidak ditangani dengan benar. Lye digunakan untuk membuat sabun mandi dan dapat ditemukan di toko-toko bahan kimia atau toko-toko khusus pembuatan sabun. Pastikan untuk menggunakan Lye yang berkualitas tinggi dan tidak membahayakan kesehatan.

- Air

Air digunakan untuk mencampurkan Lye dan juga sebagai bahan pengencer pada campuran minyak dan Lye.

- Pewangi

Pewangi digunakan untuk memberikan aroma pada sabun mandi. Anda dapat menggunakan pewangi yang disukai seperti minyak esensial atau ekstrak tumbuhan, untuk memberikan aroma alami pada sabun mandi Anda. Pastikan untuk memilih pewangi yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

- Pewarna makanan (opsional)

Jika ingin memberikan warna pada sabun mandi, Anda dapat menggunakan pewarna makanan. Pastikan untuk menggunakan pewarna makanan yang aman dan cocok untuk digunakan pada sabun mandi.

Alat-alat:

- Panci Stainless Steel atau Enamel. Anda bisa gunakan panci stainless steel atau enamel yang dapat menampung campuran minyak dan Lye dengan aman.

- Termometer, untuk mengukur suhu campuran minyak dan Lye.

- Sendok Kayu atau Plastik yang digunakan untuk mengaduk campuran minyak dan Lye.

- Blender Tangan, untuk membantu mengaduk campuran minyak dan Lye.

- Toples Plastik atau Kaca untuk mencetak sabun mandi Anda. Pastikan juga untuk menggunakan sarung tangan, masker, dan kacamata pelindung saat menangani bahan-bahan kimia seperti Lye.

3 dari 4 halaman

Langkah-Langkah Membuat Sabun Mandi

Persiapkan bahan-bahan dan alat-alat yang dibutuhkan. Pastikan untuk mempersiapkan semua bahan-bahan dan alat-alat yang diperlukan sebelum memulai proses pembuatan sabun mandi. 

- Hitung berapa banyak Lye yang dibutuhkan

Untuk menghitung berapa banyak Lye yang dibutuhkan, Anda harus mengetahui berapa banyak minyak atau lemak yang digunakan. Pertama, tentukan berapa banyak sabun yang ingin Anda buat, kemudian hitung berapa banyak minyak atau lemak yang diperlukan berdasarkan resep. Setelah mengetahui jumlah minyak atau lemak yang digunakan, gunakan kalkulator sabun online atau buku resep sabun untuk menghitung berapa banyak Lye yang diperlukan.

- Ukur dan campurkan Lye dengan air

Gunakan timbangan untuk mengukur Lye dengan tepat, kemudian campurkan dengan air dalam wadah yang aman seperti gelas pyrex. Campurkan Lye ke dalam air, bukan sebaliknya, dan jangan hirup asap yang dihasilkan. Aduk campuran Lye dan air hingga Lye larut sepenuhnya.

- Panaskan minyak

Panaskan minyak dalam panci stainless steel atau enamel dengan api sedang. Pastikan untuk mengaduk minyak secara teratur agar panas merata. Setelah Lye larut sepenuhnya, dinginkan campuran Lye hingga suhu mencapai 43-49°C. Kemudian, tuang perlahan-lahan campuran Lye ke dalam panci dengan minyak dan aduk hingga tercampur rata.

- Blender campuran minyak dan Lye

Gunakan blender tangan untuk mengaduk campuran minyak dan Lye, hingga tercampur rata dan terbentuk adonan yang kental. Jika ingin menambahkan pewangi dan pewarna makanan pada sabun mandi, campurkan kedua bahan ini ke dalam adonan sabun yang sudah tercampur rata. Aduk hingga tercampur rata, lalu tuang adonan sabun ke dalam toples. Jangan lupa untuk menutup toples dan biarkan sabun mandi mengeras selama beberapa jam.

- Potong sabun menjadi ukuran yang diinginkan

Setelah sabun mengeras, lepaskan sabun dari toples dan potong menjadi ukuran yang diinginkan. Biarkan sabun mengeras selama beberapa minggu hingga siap digunakan. Simpan sabun dalam wadah yang kedap udara dan kering, untuk menghindari kelembaban dan membuat sabun cepat mencair. Sabun mandi yang disimpan dengan benar dapat bertahan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Sabun Mandi Lidah Buaya

Cara membuat sabun mandi selain dengan bahan organik, Anda juga bisa menggunakan tanaman lidah buaya sebagai berikut: 

Bahan-bahan:

- 400 gram sabun dasar mentega (shea butter soap base)

- 1/2 cangkir gel lidah buaya (aloe vera gel)

- 2 sendok makan minyak kelapa (coconut oil)

- 1 sendok makan madu (honey)

- 1 sendok teh minyak esensial (essential oil) pilihan (misalnya lavender atau peppermint)

- Pewarna makanan organik (optional)

Alat-alat:

- Panci untuk membuat bak air

- Mangkuk stainless steel

- Loyang sabun dengan bentuk pilihan

- Pisau atau gunting

Langkah-langkah:

- Potong sabun dasar mentega, menjadi potongan-potongan kecil agar lebih mudah dicairkan. Gunakan panci untuk membuat bak air, dan panaskan sampai mendidih.

- Tempatkan mangkuk stainless steel di atas panci, dan tambahkan potongan sabun dasar mentega ke dalam mangkuk. Aduk perlahan hingga sabun meleleh sepenuhnya.

- Tambahkan gel lidah buaya ke dalam mangkuk, lalu aduk rata dan pastikan tidak ada gumpalan. Tambahkan minyak kelapa dan madu ke dalam mangkuk, dan aduk semuanya tercampur rata.

- Jika ingin memberikan warna pada sabun, tambahkan beberapa tetes pewarna makanan organik ke dalam campuran dan aduk rata.Tambahkan minyak esensial pilihan ke dalam campuran, dan aduk rata.

- Tuangkan campuran sabun ke dalam loyang sabun dengan bentuk pilihan. Biarkan sabun mengeras selama beberapa jam, kemudian lepaskan dari loyang dan potong menjadi ukuran yang diinginkan menggunakan pisau atau gunting.

- Biarkan sabun mandi dari lidah buaya mengeras selama beberapa hari hingga siap digunakan. Simpan sabun dalam wadah yang kedap udara dan kering, untuk menghindari kelembaban dan membuat sabun cepat mencair.

- Sabun mandi dari lidah buaya memiliki khasiat melembabkan dan menenangkan kulit, karena lidah buaya mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang bermanfaat bagi kulit. Selain itu, sabun mandi ini juga cocok untuk kulit sensitif dan dapat membantu mengurangi peradangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.