Sukses

7 Arti Mimpi Tenggelam Menurut Primbon Jawa dan Psikologi, Punya Berbagai Makna

Bisa jadi hal baik ataupun buruk akan datang menimpa.

Liputan6.com, Jakarta Berenang menjadi salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Terlebih, jika dilakukan saat musim kemarau akan membuat tubuh terasa segar. Berenang bisa dilakukan di mana saja dari mulai kolam renang, sungai, danau, hingga laut.

Namun, ketika melakukan aktivitas ini alangkah baiknya kamu perlu berhati-hati agar risiko tenggelam tidak terjadi. Tenggelam dapat terjadi secara sengaja atau tidak sengaja, dan dapat menimbulkan bahaya bagi keamanan dan kesehatan jika tidak diterima dengan benar. Dalam hal manusia, tenggelam dapat menyebabkan kematian akibat kekurangan oksigen.

Akan tetapi bagaimana jadinya jika tenggelam terjadi di dalam mimpi? Mimpi tenggelam tentu terasa mengerikan. Mimpi ini tergolong ke dalam mimpi buruk yang sangat mengganggu. Meskipun hanya bunga tidur, mimpi tenggelam tentu membuat si pemimpi terengah-engah ketika bangun.

Mungkin beberapa orang akan mengabaikan mimpi tersebut. Namun, sebagian orang memiliki keyakinan arti mimpi tenggelam itu sebagai sebuah pertanda. Bisa jadi hal baik ataupun buruk akan datang menimpa. Berikut 7 arti mimpi tenggelam, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (14/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Mimpi Tenggelam Menurut Primbon Jawa

Mimpi tenggelam di air yang dalam menurut Primbon Jawa ini diartikan sebagai bahaya yang akan menimpamu, atau adanya masalah yang sulit untuk diselesaikan. Mimpi ini mengingatkan bahwa kamu harus berhati-hati dan waspada terhadap situasi dan lingkungan sekitar.

Secara umum, mimpi tenggelam menurut primbon Jawa menandakan bahwa kamu sedang menghadapi situasi yang sulit dan membutuhkan usaha yang keras untuk mengatasinya. Hal ini juga mengingatkan kamu perlu berhati-hati dan waspada dalam mengatasi masalah dan situasi yang ada.

3 dari 8 halaman

2. Mimpi Tenggelam Menurut Psikolog

Pakar interpretasi sekaligus Psikolog, Ian Wallace, menyebut arti mimpi tenggelam sebagai tanda keberadaan situasi yang membuat seseorang terlibat secara emosional dan terlalu terbawa perasaan.

Tak hanya itu, pakar mimpi Cynthia Richmond juga memberikan pendapat yang serupa. Menurutnya, ketakutan tenggelam diinterpretasikan sebagai ketakutan untuk melibatkan perasaa atau takut kehilangan jati diri.

4 dari 8 halaman

3. Mimpi Tenggelam di Laut

Salah satu mimpi tenggelam yang sering dialami ialah tenggelam di lautan luas. Jika seseorang mimpi tersapu ombak hingga tenggelam bisa menandakan orang tersebut baru saja mengalami situasi tidak menyenangkan yang datang mendadak.

Mimpi tenggelam di lautan juga bisa jadi tanda bahwa seseorang mengalami situasi tak menyenangkan dan sulit menghadapinya secara emosional. Berbeda halnya dengan mimpi tenggelam karena gelombang raksasa seperti tsunami. Kemungkinan seseorang yang mengalami mimpi ini memiliki fobia atau trauma yang belum bisa diatasi sampai sekarang.

5 dari 8 halaman

4. Mimpi Tenggelam dalam Lumpur Hidup

Mimpi tenggelam dalam lumpur hidup sebenarnya merupakan bunga tidur yang direfleksikan dari keadaan psikologis. Bisa jadi kamu tengah bingung dan stres dalam menghadapi sebuah masalah.

Namun pada beberapa faktor mimpi ini kerap dihubungkan dengan kondisi keuangan seseorang. Bisa jadi seseorang tengah susah dalam keuangan atau sedang terlilit oleh hutang. Jika iya ada baiknya untuk berhati-hati. Pasalnya dalam waktu dekat kondisi keuanganmu bisa bermasalah lantaran sedang tak stabil.

6 dari 8 halaman

5. Mimpi Tenggelam saat Tsunami

Arti mimpi tenggelam yang terakhir adalah ketika terjadi bencana tsunami. Tsunami merupakan salah satu bencana yang hebat dan sangat besar. Bencana ini bisa meruntuhkan bangunan-bangunan dan juga pepohonan. Bisa dikatakan bahwa tsunami adalah bencana yang ditakutkan oleh banyak orang.

Mungkin banyak orang yang tidak sanggup walaupun hanya membayangkan berada di saat tsunami. Terlebih lagi jika terbawa dalam mimpi. Hal ini bisa menjadi trauma baru bagi seseorang. Dari segi psikologis, ketika bermimpi tenggelam saat tsunami maka ada sebuah ketakutan atau trauma masa lalu. Trauma ini sama sekali belum terselesaikan sehingga ikut masuk ke alam bawah sadar.

7 dari 8 halaman

6. Mimpi Menolong Orang Tenggelam

Jika di dalam tidur kamu bermimpi menolong seseorang yang hendak tenggelam maka bisa jadi kamu akan mendapatkan kabar baik. Dalam waktu dekat kamu akan selamat dari mara bahaya atau mendapatkan rezeki yang tak diduga-duga.

Bahkan rezeki tersebut datang dari orang yang pernah kamu bantu atau dari mana saja. Rezeki disini tidak hanya diartikan sebagai uang atau materi belaka tetapi seperti pengakuan dari orang yang paling tinggi, atau keselamatan, kesehatan dan terhindar dari masalah.

8 dari 8 halaman

7. Mimpi Tenggelam Tapi Selamat di Sungai

Arti mimpi tenggelam tapi selamat di sungai jadi pertanda bahwa kamu tidak melakukan apapun untuk menghentikan masalah. Sungai memiliki arus yang kadang deras. Hal ini adalah simbol kesulitan dalam menghalau arus masalah yang datang.

Karena terlalu sulit, akhirnya kamu lebih memilih diam tidak melakukan apapun. Sebaiknya kamu menjauhkan diri dari orang-orang pembawa masalah. Selain itu, jadilah orang yang lebih bijak ketika bicara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.