Sukses

Pengertian Jujur dalam Perkataan dan Perbuatan, Ketahui Contoh dan Manfaatnya

Pengertian jujur adalah suatu perilaku manusia yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan

Liputan6.com, Jakarta Jujur adalah sifat yang sangat penting untuk dimiliki oleh seorang pribadi. Pribadi yang jujur tentu akan mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

Pengertian jujur sering dipahami sebagai mengatakan sesuatu yang sebenarnya atau tidak berbohong. Dengan kata lain, pengertian jujur adalah mengatakan hal yang sebenarnya, tidak dibuat-buat.

Meski demikian, pengertian jujur sebenarnya tidak hanya sebatas pada perkataan semata. Pengertian jujur juga mencakup perbuatan atau tindakan.

Lalu tindakan atau perbuatan yang bisa dikatakan sebagai perbuatan jujur? Berikut ulasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (10/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Jujur

Untuk memahami pengertian jujur, penting bagi kita untuk mengetahui arti kata "jujur." Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ada tiga pengertian jujur. Yang pertama, pengertian jujur adalah lurus hati; tidak berbohong (misalnya dengan berkata apa adanya). Yang kedua, pengertian jujur adalah tidak curang (misalnya dalam permainan, dengan mengikuti aturan yang berlaku). Yang ketiga, pengertian jujur adalah tulus; ikhlas.

Dari pengertian kata jujur menurut KBBI tersebut, dapat dipahami bahwa pengertian jujur tidak hanya sebatas dalam perkataan saja melainkan juga dalam perbuatan.

Sementara itu menurut Ulama Quraish Shihab, pengertian jujur adalah selalu benar dalam sikap, ucapan, dan perbuatan. Sedangkan seperti yang dikutip dari laman Kemenag, pengertian jujur adalah kesesuaian antara niat dengan ucapan dan perbuatan seseorang. Artinya, sikap intensi tersebut merupakan komponen utama dari kejujuran.

Dari setiap pengertian jujur tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian jujur adalah suatu perilaku manusia yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap dirinya maupun pihak lain.

3 dari 4 halaman

Cara Bersikap Jujur

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, pengertian jujur tidak hanya sebatas perkataan sematan namun juga mencakup perbuatan. Lalu bagaimana agar kita memiliki sifat jujur?

Jujur merupakan sifat yang tidak datang begitu saja. Jujur adalah sifat yang hadir karena kebiasaan, baik dalam perkataan maupun perbuatan. Karena jujur merupakan hasil dari kebiasaan seseorang dalam hidup, maka ada hal-hal yang dapat melatih seseorang dapat memiliki sifat jujur.

Apalagi, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan memiliki sifat jujur. Namun sebelum lebih jauh membahas mengenai manfaat yang bisa kita dapatkan dengan memiliki sifat jujur, penting untuk kita ketahui bagaimana cara bersikap jujur dengan melihat contoh-contoh perbuatan dan mengamalkan dari apa yang disebut sebagai sikap dan perbuatan jujur, antara lain sebagai berikut:

1. Berusaha untuk menepati janji atau tidak mengingkari apa yang sudah dikatakan.

2. Tidak menelan informasi secara mentah-mentah yang memicu mengatakan sesuatu tidak sesuai fakta. Sehingga perlu klarifikasi dan cek kebenaran secara faktual.

3. Berusaha mengatakan kebenaran meskipun dari hal terkecil bahkan terasa pahit.

4. Menghargai orang lain dan tidak membeda-bedakannya.

5. Berbicara jujur sesuai fakta dan tidak mengubah fakta yang ada.

6. Bertindak jujur dalam berdagang ataupun melakukan transaksi pembelian.

7. Hindari melakukan suap dan menyontek dalam ujian ataupun pekerjaan.

8. Mengakui kesalahan yang dilakukan jika memang salah.

9. Bisa dalam bentuk mematuhi rambu lalu lintas di jalan.

10. Tidak menyuap petugas kepolisian saat sedang ditilang karena kelalaian diri sendiri.

11. Memberikan informasi yang sebenarnya saat ada yang bertanya alamat di jalan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Sifat Jujur

Pengertian jujur adalah suatu perilaku manusia yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap dirinya maupun pihak lain.

Memiliki sifat jujur sangat penting untuk dimiliki oleh seorang pribadi. Adapun manfaat sifat jujur antara lain adalah sebagai berikut:

1. Hidup menjadi lebih tenang. Orang yang jujur akan memiliki hidup yang lebih tenang, karena dia tidak perlu menyembunyikan sesuatu. Selain itu kejujuran juga tidak akan membuat pikiran seseorang merasa terbebani, sebab ketika seseorang berbohong dia harus mengingat lagi perkataan bohong yang dia katakan.

Sedangkan orang jujur dan selalu mengatakan hal yang sebenarnya, dia tidak perlu membebani pikirannya dengan ingatan yang tidak perlu karena apa yang dia katakan telah sesuai dengan fakta.

2. Orang-orang jujur juga disebutkan mempunyai integritas serta bisa dipercaya oleh orang lain sehingga pada umumnya orang yang jujur akan lebih sukses di dalam hidupnya. penting untuk dicatat bahwa kepercayaan dari orang lain bukan sesuatu yang bisa kita tuntut, kepercayaan adalah apa yang diberikan oleh orang lain karena seseorang telah bersikap jujur dan terbukti dapat dipercaya.

Alasan mengapa orang yang jujur lebih sukses, karena apa yang dia hasilkan baik itu layananan maupun produknya selalu memiliki kualitas yang terbaik, dan sesuai yang mereka tawarkan dalam iklan.

Dengan memberikan layanan dan produk yang terbaik dan sesuai dengan penawaran, maka pelanggan atau klien akan lebih terpuaskan sehingga mereka akan kembali lagi menggunakan produk dan layanannya.

3. Terbiasa dalam bersikap jujur juga akan membentuk karakteristik pribadi yang lebih bertanggungjawab, amanah, serta dapat dipercaya untuk hal-hal yang besar.

4. Dengan sikap jujur ini, maka seseorang juga akan lebih mudah untuk memperoleh empati serta simpati dari pihak lain.

5. Terbiasa dalam bersikap jujur juga dapat menjauhkan diri dari beragam tindakan yang melanggar norma serta hukum negara. Sebagai contoh: korupsi, kolusi, dan juga nepotism

Dari penjelasan tersebut, kita bisa mengetahui bahwa pengertian jujur adalah suatu sikap yang benar. Selain itu, memiliki sifat jujur juga akan memberikan sejumlah manfaat bagi kita, dan tidak ada ruginya untuk selalu bersikap jujur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.